Pertunjukan yang ditampilkan dalam prosesi palang pintu adalah

Pertunjukan yang ditampilkan dalam prosesi palang pintu adalah

Pertunjukan yang ditampilkan dalam prosesi palang pintu adalah​

Jawaban

Pada prosesi Palang Pintu ditampilkan pertunjukkan berbalas pantun dan silat. Tradisi Palang Pintu merupakan tradisi masyarakat Betawi yang digelar pada acara pernikahan. Tahapan dalam prosesi Palang Pintu ialah salawat dustur, balas pantu, beklai atau berkelahi, dan lantun sike.

 

Pembahasan

Tradisi Palang Pintu tidak diketahui pasti sejak kapan telah dimulai, namun banyak sumber menyebutkan tradisi Palang Pintu dimulai dari cerita si Pitung. Si Pitung adalah tokoh Betawi yang sangat terkenal yang berhasil mengalahkan Macan Kemayoran sebagai tantangan untuk memperistri kekasihnya Aisyah. Palang dapat diartikan sebagai penghalang bahwa tidak sembarangan orang bisa lewat dengan mudah, sedangkan pintu diartikan sebagai jalan masuk ke tempat tertentu. Jadi, Palang Pintu dapat diartikan sebagai usaha untuk menghalangi dan menguji kemahiran mempelai laki-laki untuk memperhatikan norma dan adat yang berlaku di lingkungan mempelai wanita.

Berikut tahapan-tahapan pada proses Palang Pintu:

  • Salawat dustur. Pelantunan adzan untuk mempelai laki-laki sebelum berangkat menuju kediaman mempelai wanita.
  • Balas pantun. Cara komunikasi antara para jawara dari masing-masing mempelai sebelum adu silat dilakukan. Pantun berisi tentang maksud kedatangan mempelai laki-laki untuk memperistri mempelai wanita.
  • Beklai atau adu silat. Proses adu silat sebagai kelanjutan dari perdebatan adu mulut pada saat balas pantun. Mempelai laki-laki diijinkan masuk jika jawaranya berhasil menang dalam adu silat.
  • Lantun sike. Pelantunan salawat Quran dengan nada sikkah atau sike

Kesimpulan

Bedasarkan soal diatas, prosesi Palang Pintu ditampilkan pertunjukkan berbalas pantun dan silat. Tradisi Palang Pintu merupakan tradisi masyarakat Betawi biasanya digelar pada acara pernikahan.

BACA JUGA  Tema apa yang menonjol dalam novel ronggeng dukuh paruk
error: Content is protected !!