suatu benda jika diberikan kalor akan mengalami

Suatu benda jika diberikan kalor akan mengalami

Suatu benda jika diberi kalor akan mengalami …

a. Perubahan suhu dan wujud zat
b. Perubahan suhu dan ukuran zat
c. Perubahan ukuran dan massa zat
d. Perubahan wujud dan massa zat​

Jawaban

a. perubahan suhu dan wujud zat

Penjelasan

suatu benda jika diberi kalor akan mengalami perubahan suhu dan wujud zat. suhu akan meningkat, dan bila mencapai titik tertentu dapat menyebabkan perubahan wujud.

Pengetian Kalor

Pengertian dari kalor ialah suatu bentuk energi yang perpindah dari benda yang memiliki suhu lebih tinggi ke benda yang memiliki suhu lebih rendah.

Pengaruh Kalor Pada Benda

1. Suatu Kalor Mampu Mempengaruhi Wujud Suatu Benda.

Jumlah kalor suatu zat mengindikasikan berapa besar energi kinetik dari partikel penyusunnya. Misalkan saja pengaruh kalor pada wujud benda adalah sebuah sendok yang dicelupkan ke dalam gelas berisi air panas. Ditemukan bahwa suhu dari sendok lebih rendah daripada suhu air maka mengakibatkan energi panas akan mengalir dari air ke sendok. Kemudian, suhu sendok menjadi naik.

Dari penjelasan tersebut, kalor mampu mengubah suhu suatu benda.

Satuan kalor dalam Standar Internasional (SI) ialah joule, selain itu satuan kalor lain yang juga sering dipakai yakni kalori. 1 kalori dirumuskan sebagai banyaknya kalor yang diperlukan untuk memanaskan 1 gram air sehingga nanitnya terjadi kenaikan suhunya satu derajat celsius.

1 kalori = 4,2 joule atau 1 joule = 0,24 kalori

2. Suatu Kalor Mampu Mempengaruhi Suhu Suatu Benda

Kalor atau panas merupakan suatu bentuk energi, untuk suhu diistilahkan sebagai ukuran atau tingkat panas benda. Biasanya, suhu akan naik apabila menyerap kalor serta turun apabila melepaskan kalor. Saat pemanasan berlangsung, semakin lama pemanasan, berarti kalor yang diterima air akan lama kelamaa semakin besar serta suhu air semakin tinggi, begitupun sebaliknya.

BACA JUGA  Lapisan timah pada kemasan kaleng sarden berfungsi untuk
error: Content is protected !!