Dikandangkan atau dibebaskan haruskah hewan dipelihara di kebun binatang

Buatkan teks diskusi dikandangkan atau dibebaskan haruskah hewan dipelihara di kebun binatang? (pendahuluan,isi, kesimpulan)

 

Jawaban

Dikandangkan atau Dibebaskan, Haruskah Hewan Dipelihara di Kebun Binatang?

(Pendahuluan)

Kebun binatang sering dianggap pula sebagai tempat untuk menjaga keberlangsungan hidup hewan. Benarkah?

(Gagasan Utama  dengan alasan dan bukti pendukung satu sudut pandang)

Kebun binatang merupakan tempat di mana hewan dirawat dan dipelihara agar tetap hidup dan berkembang biak. Kebun binatang juga menampung hewan-hewan yang sebelumnya dipeihara perseorangan, dan akhirnya ditelantarkan begitu saja oleh pemiliknya. Oleh karena itu, hewan-hewan tersebut dikandangkan agar dapat dimonitor kesehatannya. Fasilitas di dalam kandang juga dilengkapi sesuai dengan habitat hewan tersebut, sehingga hewan-hewan itu merasa nyaman di kandangnya.

(Gagasan utama dengan sudut pandang lain dengan alasan dan bukti pendukung sudut pandang lain)

Banyak juga hewan yang habitatnya tidak harus di dalam kandang. Mereka harus diberi kebebasan seperti layaknya makhluk hidup lainnya, yang memenuhi hakikatnya sebagai makhluk sosial. Hewan juga memiliki kawanan dan berkembang biak secara alami di alam. Bila hewan dikandangkan, hewan tersebut tidak akan merasakan berlarian di alam bebas dalam memenuhi rantai makanannya dan berkomunikasi dengan kawanannya dalam menentukan siapakah yang akan melindungi kawanannya.

(Simpulan)

Menjaga keberlangsungan alam adalah tugas kita sebagai manusia yang memiliki derajat lebih tinggi daripada hewan dan tumbuhan. Dan seperti layaknya manusia, yang hidup dan berkembang sesuai dengan alam, hewan juga seharusnya hidup dengan layak di alamnya. Konservasi yang dilakukan oleh kebun binatang untuk menyelamatkan hewan dari kepunahan perlu mendapatkan dukungan dari pihak mana pun. Serta dukungan penuh pula, agar hewan-hewan tersebut dapat hidup di habitatnya pula.

BACA JUGA  Sistem kepartaian yang dianut pada masa demokrasi liberal adalah
Kata Kunci : https://www ranalino id/pendidikan/3619/dikandangkan-atau-dibebaskan-haruskah-hewan-dipelihara-di-kebun-binatang html