Contoh sarana transportasi yang mendukung potensi maritim indonesia adalah

Contoh sarana transportasi yang mendukung potensi maritim indonesia adalah

Contoh sarana transportasi yang mendukung potensi maritim Indonesia adalah

Jawaban

Contoh sarana transportasi yang mendukung potensi maritim Indonesia adalah:

  1. Perahu tradisional.
  2. Kapal modern

Pembahasan

Indonesia selain dikenal sebagai negara agraris, juga menyandang gelar sebagai negara maritim. Julukan ini melekat pada Indonesia karena potensi kelautan yang sangat tinggi. Hal tersebut wajar mengingat sebagian besar wilayah kita justru berupa lautan. Oleh sebab itu, sumber daya alam yang potensial menjadi penopang utama perekonomian bangsa adalah sumber daya kelautan.

Selain sebagian besar wilayah Indonesia berupa laut, kondisi geografis kita juga dipandang khas karena terdiri atas ribuan pulau. Untuk mendukung potensi maritim dan juga kondisi geografis sebagai negara kepulauan maka bangsa kita bertumpu pada sarana transportasi seperti kapal modern dan juga perahu tradisional yang masih banyak digunakan masyarakat.

Maritim merupakan suatu wilayah atau negara dengan kawasan perairan yang lebih luas dibandingkan dengan kawasan daratan. Indonesia disebut dengan negara maritim, dengan alasan sebagai berikut ini.

  • Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan total 17.504 pulau, dengan pulau terbesarnya terletak pada pulau Papua, Kalimantan, Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Pulau-pulau tersebut dipisahkan oleh selat serta lautan.
  • Indonesia merupakan negara yang sebagian besar wilayahnya berupa perairan. Indonesia memiliki luas 5.455.675 km², dengan 64,97% wilayah indonesia berupa perairan, sedangkan 35,03% adalah wilayah daratan. Luas lautan Indonesia adalah 3.257.483 km², sedangkan luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km².
  • Indonesia berada pada posisi yang strategis. Indonesia terletak pada jalur perdagangan antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik, serta antara benua Asia di sebelah utara dan Australia.
  • Indonesia mempunyai kedekatan budaya dengan laut. Oleh sebab itu, masyarakat Indonesia sebagai besar mata pencahariannya adalah nelayan atau pelaut. Mereka memanfaatkan kawasan laut sebagai tempat untuk mengais rezeki. Indonesia dengan banyaknya suku budaya dan masyarakat dari Sabang hingga Merauke, memiliki berbagai budaya yang berhubungan dekat dengan laut dan kemaritiman. Misalnya adalah masyarakat jawa memiliki budaya atau tradisi berupa tradisi sedekah laut.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa alasan Indonesia disebut negara maritim, yaitu karena sebagian besar wilayah negara merupakan perairan. 

BACA JUGA  Martapura merupakan daerah usaha penambangan bahan galian
error: Content is protected !!