Melompat dan berguling termasuk gerak

Melompat dan berguling termasuk gerak

Melompat dan berguling termasuk gerak ….

Jawaban

Melompat dan berguling adalah gerakan yang menghasilkan perpindahan tempat. Maka dari itu, gerakan melompat dan berguling merupakan gerakan lokomotor.

Pembahasan

Gerak lokomotor merupakan salah satu jenis gerak dasar. Gerak dasar adalah gerakan yang digunakan oleh manusia untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Gerak dasar memungkinkan manusia untuk melakukan berbagai gerakan yang sumple hingga gerakan yang kompleks. Gerak dasar terdiri dari tiga macam, yakni gerak lokomotor, gerak non lokomotor, dan gerak manipulatif. Berikut penjelasannya.

  • Gerak lokomotor. Gerak lokomotor adalah gerakan yang menghasilkan perpindahan tempat dari tempat asal ke tempat lain. Contoh dari gerak lokomotor adalah berjalan, berlari, melompat, dan berguling.
  • Gerak non lokomotor. Gerak non lokomotor adalah gerakan yang dilakukann tanpa menghasilkan perpindahan tempat dari tempat asal. Contoh dari gerak non lokomotor adalah membungkuk, mengayunkan tangan atau kaki, memutar sendi tangan atau kaki.
  • Gerak manipulatif. Gerak manipulatif adalah gerak dasar yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu. Contoh dari gerak manipulatif adalah menangkap bola, melempar bola, dan memukul bola.

Kesimpulan

Bisa kita simpulkan bahwa Melompat dan berguling merupakan gerakan lokomotor. Gerak lokomotor merupakan salah satu jenis gerak dasar. Gerak dasar adalah gerakan yang digunakan oleh manusia untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Gerak dasar memungkinkan manusia untuk melakukan berbagai gerakan yang sumple hingga gerakan yang kompleks.

BACA JUGA  Apa yang perlu diperhatikan saat menentukan ide pokok berdasarkan gambar
error: Content is protected !!