pidato hari pahlawan

Contoh Pidato Hari Pahlawan dan Cara Membuatnya Yang Benar

Apakah Anda mendapatkan kesempatan untuk berpidato tentang hari pahlawan di sekolah atau instansi lainnya? Pidato Hari Pahlawan merupakan hal yang sudah sangat sering Anda dengar dari tahun ke tahun, tetapi membuat Pidato tentang Pahlawan membutuhkan waktu dan pikiran yang tidak sebentar.

3 Hal Penting Dalam Membuat Pidato Hari Pahlawan

Anda bisa membuat pidato hari pahlawan dari sisi mana saja, tetapi berikut adalah hal yang sebaiknya Anda tambahkan dalam Pidato tentang hari Pahlawan agar menjadi naskah pidato yang dapat mengena dengan maksud dan tujuan nya

Peristiwa Nyata Perjuangan Pahlawan

Peristiwa nyata perjuangan pahlawan bisa menjadi hal yang Anda tambahkan dalam Pidato hari Pahlawan. Hal ini bisa membuat audiens merasa mudah dalam menggambarkan apa saja yang sudah dilakukan oleh pahlawan hingga kita semua merasakan banyak kemudahan saat ini.

Anda bisa menambahkan peristiwa-peristiwa yang mudah dipahami dengan cara yang menarik dan singkat sehingga audiens merasa tertarik. Pastikan peristiwa yang ada sesuai dengan audiens Anda sehingga bisa dimengerti dengan mudah.

Tokoh Pahlawan Saat Ini

Selain menceritakan peristiwa perjuangan pahlawan, Anda bisa menambahkan tokoh pahlawan saat ini sehingga tidak hanya menceritakan kondisi di masa lalu saja. Saat ini, juga banyak sekali tantangan yang harus dihadapi dari segi pendidikan dan yang lainnya.

Anda dapat memberi gambaran tentang tokoh zaman ini yang namanya akrab dalam benak audiens sehingga materi pidato tentang pahlawan bisa mudah untuk dipahami. Banyak sekali tokoh-tokoh yang menginspirasi dan perjuangannya sama dengan pahlawan pada era kolonial.

Semangat Para Pahlawan

Hal terakhir yang akan membuat Pidato hari Pahlawan semakin menarik dan sesuai dengan permasalahan yang ada adalah menjelaskan tentang semangat para pahlawan. Semangat para pahlawan sangat penting untuk Anda sebutkan karena akan membuat suasana ketika pidato semakin bersemangat baik dari Anda dan audiens yang ada.

Informasi di atas berkenaan dengan hal apa saja yang sebaiknya Anda tambahkan di dalam Pidato tentang Pahlawan yang akan Anda tuliskan akan membuat proses pembuatan pidato semakin mudah. Tidak perlu merasa bingung, membangun suasana ketika melakukan pidato merupakan hal yang mudah ketika Anda menyesuaikan materi yang ada.

Contoh Pidato Hari Pahlawan

Untuk melengkapi artikel ini, berikut kami berikan beberapa contoh pidato hari pahlawan yang bisa anda gunakan sebagai refrensi dalam  menyusun teks naskah pidato yang akan di sampaikan

1. Contoh Pidato Tentang Hari Pahlawan SD dan SMP

Contoh naskah pidato ini bisa digunakan pada perayaan memperingati hari pahlawan di sekolah tingkat SD maupun SMP, jadi buat anda yang mendapat tugas sekolah menjadi pembawa pidato, bisa menggunakan contoh ini

Assalamu’alaikum Wr.Wb Bapak/Ibu Guru yang saya hormati dan teman-teman semua yang saya cintai.

Marilah kita panjatkan puji dan puja kita semua kepada Allah SWT, karena atas berkah dan rahmatnya kita semua dapat berkumpul di sini, di tempat kita menimba ilmu untuk menyongsong masa depan kelak.

Teman-teman semua.

73 tahun yang lalu, pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya. Belanda mengibarkan bendera mereka dengan tujuan untuk merebut kembali kekuasaannya.

Kala itu, Bapak Proklamator telah membacakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Masyarakat dan Bung Tomo berusaha untuk menurunkan dan merobek bendera itu.

10 November, menjadi sejarah baru untuk Indonesia, dimana Belanda dengan senjata canggih kala itu, menyerang dengan tanpa ampun.

Rakyat Indonesia yang bermodalkan keyakinan dan semangat untuk kemerdekaan, hanya menggunakan bambu runcing untuk melawan Belanda dan menang.

Semenjak saat itu, setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional.

Ibu/Bapak guru dan teman-teman semuanya.

Semangat para pahlawan patut kita teladani di masa sekarang ini, bukan untuk berperang, melainkan semangat untuk mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya.

Menjaga keutuhan dan kedaulatan bangsa Indonesia harus terus kita pupuk sedalam-dalamnya, seperti semangat membera milik para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

Sebagai generasi muda yang hidup di zaman penuh kecanggihan teknologi ini, kita harus memanfaatkan sebaik-baiknya. Belajar bisa dimana saja dan kapan saja, mempermudah semua urusan hanya hitungan detik.

Semua informasi yang baik dan buruk tersebar di dunia maya, kita sebagai generasi “Z” yang canggih, harus kritis dalam memilih dan memilah mana yang baik dan mana yang buruk.

Bapak/ Ibu guru dan teman-teman terbaikku

Marilah kita peringati Hari Pahlawan ini sebagai introspeksi diri, apa yang salah sampai saat ini, dan apa yang kurang sampai sekarang.

Hari pahlawan diperingati untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan keutuhan negara kita, menjadikan teladan untuk terus semangat belajar dan menimba ilmu.

Kiranya itu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mohon maaf jika ada kekurangan.  Wabillahi taufiq wal hidayah, Wassalamu’alaikum Wr.Wb

2. Contoh Pidato Hari Pahlawan Bahasa Inggris

Nah buat yang mencari contoh pidato tentang hari pahlawan, bisa menggunakan contoh berikut ini

Good morning to my respected teachers and my dearest friends who present here today. It is such an honor for me to be standing here in front of all of you on this very special occasion. First of all, let us express our gratitude toward the Almighty who never stops favor us with His blessing so that we all can gather here with good health and condition on this sunny morning.

Respected teachers and beloved friends, today we are celebrating National Heroes Day. The day where we are given a chance to appreciate and recognize brave Indonesian heroes who through pride and resilience, sacrificed their blood, sweat, tears, and lives to free our nation from colonialism. For hundreds of years, Indonesia had been colonized. During those dark times, we suffered economic, psychological, material, and socio-cultural losses. So many people also died at that time. All happened due to the oppression from the colonialists. Our people, of course, did not stay still. They fought back. They gathered their power and became one to end the suffering. It was not an easy battle to beat colonialism. With endless determination and resilience, in the end, our people gained the freedom.

As we celebrate this year’s National Heroes Day, we must also recognize and respect our modern-day heroes: our academics, athletes, musicians, security forces, front-line workers, and those who contribute to make Indonesia a better place. Without them, it is impossible to develop and build this nation. They help us to participate globally which leads our country to be recognizable by the world. They make it easier for us to become a great nation. Thus, it is not wrong to say that National Heroes Day is also to celebrate them.

Respected teachers and dearest friends, we must acknowledge and be grateful for a legacy that has been built by our heroes of the past. We must never let their contribution to be forgotten. It is time for us to maintain their legacy. Beloved friends, there are things that we can do as students to help preserving the legacy. First of all, we must study diligently. Second, we must broaden our knowledge and experience by reading books and or taking part in useful activities, such as volunteering, joining school’s extracurricular activity, participating in a competition, etc. Next, we must obey rules. And last but not least, we must respect and love ourselves and others. It sounds cliché, but compassion and tolerance are actually two things that can maintain peace and prevent wars. If we all kind and nice to each other, I believe our nation will be able to live in harmony forever.

This is the end of my speech. Thank you so much for your time and attention.

3. Contoh Pidato Singkat Tentang Hari Pahlawan

Salam Sejahtera bagi kita semua,

Setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan.

Hari Pahlawan merupakan momentum untuk mengenang para pahlawan, perintis kemerdekaan, dan para pendiri Republik Indonesia. Dengan segala perjuangan dan pengorbanannya, bangsa Indonesia bisa merdeka dari para para penjajah.

Setelah kemerdekaan diraih maka tugas kita selanjutnya adalah bersatu sesama rakyat Indonesia. Sesama saudara, sebangsa, dan setanah air, kita tidak boleh saling membenci atau saling adu domba. Meskipun kita berbeda suku, agama, ras, dan golongan, akan tetapi kita tetap satu Indonesia.

Janganlah membuat pengorbanan para pahlawan yang berjuang demi bangsa dan negara menjadi sia-sia karena rakyat Indonesia tidak bisa meneruskan perjuangan mereka.

Hadirin yang berbahagia,

Perjuangan kita saat ini berbeda dengan zaman dahulu yang menghadapi para penjajah.

Di era yang semakin maju ini, jadilah pahlawan untuk diri sendiri, pahlawan untuk keluarga, pahlawan untuk orang tua, dan pahlawan bagi masyarakat. Sudah saatnya generasi muda menerapkan nilai-nilai kepahlawanan dengan caranya masing-masing.

Demikian pidato singkat tentang pahlawan. Semoga kita semua bisa meneledani perjuangan para pahlawan.

Terima kasih atas perhatiannya. Mohon maaf apabila ada salah kata.

4. Contoh Naskah Pidato Tema Pahlawan Masa Pandemi Covid

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Selamat Pagi dan Salam Bahagia untuk Kita Semua

Saudara-saudari sebangsa dan setanah air yang saya banggakan,

Pertama-tama marilah kita ucapkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kita nikmat sehingga kita semua bisa hadir di lapangan/ruangan ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021.

Shalawat berbingkai salam mari kita hadiahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya lidah ini bershalawat, kita bakal mendapat syafaat beliau di Hari Akhir nanti.

Saudara-saudari sebangsa dan setanah air yang saya banggakan,

Pada tanggal 10 November tahun  ini kita kembali diizinkan untuk bersama-sama singgah di momen bersejarah penuh kisah bernama Hari Pahlawan Nasional.

Peringatan ini sejatinya didasarkan atas peristiwa pertempuran Surabaya yang merupakan pertempuran pertama semenjak kemerdekaan Indonesia. Sedihnya, pada pertempuran yang berlangsung hingga tiga pekan tersebut telah menewaskan lebih dari 10 ribu warga sipil.

Sungguh ujian berat bagi persatuan dan kesatuan bangsa di masa itu.

Saudara-saudari sebangsa dan setanah air yang saya banggakan,

Ketika kita menatap hari ini, kisahnya ternyata tidaklah jauh berbeda. Bukan perang, bukan pula pertempuran. Adapun hal yang mengusik persatuan dan kesatuan bangsa saat ini ialah pandemi.

Wabah jahat yang bernama corona itu perlahan-lahan telah mengobrak-abrik perekonomian negeri, pendidikan, sosial budaya, hingga segenap bidang kehidupan lainnya.

Di awal-awal datangnya wabah, perjuangan kita semua terasa berat karena harus beradaptasi untuk hidup dan berjuang seraya berdampingan dengan pandemi.

Lalu, bagaimana cara pahlawan di masa kini berjuang melawan pandemi?

Pertama, tentunya kita semua tanpa terkecuali wajib menaati protokol kesehatan dan menjaga kebersihan diri serta lingkungan. Entah itu siswa, guru, mahasiswa, dosen, petani, ibu rumah tangga, bahkan pejabat semuanya diharapkan memantapkan pola hidup bersih.

Bukan untuk menjadi pahlawan, melainkan sama-sama kita berusaha untuk menerapkan nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun usaha yang kedua yang bisa kita lakukan ialah mendukung penuh kreativitas teman-teman, tetangga serta saudara-saudara kita dalam membangkitkan ekonomi mikro dan menengah.

Dukunglah mereka, belanjalah di kedai mereka, dan janganlah kita menawar dengan harga murah, apalagi dengan “harga teman”. Syukur-syukur usaha mereka berkembang dan terbukalah lapangan pekerjaan.

Syahdan, usaha kita yang ketika ialah dengan terus belajar dengan semangat. Siswa wajib belajar biarpun terkendala dengan kekurangan. Guru wajib belajar agar bisa beradaptasi dengan lingkungan. Dan para pemimpin pun wajib belajar untuk menebarkan nilai-nilai kepahlawanan yang bertajuk kebaikan.

Saudara-saudari sebangsa dan setanah air yang saya banggakan,

Banyak teladan yang bisa kita aktualisasi terutama dalam menyambut momentum Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021. Kadangkala, hal terkecil asalkan itu adalah kebaikan akan berdampak besar bagi kemajuan negeri ini. Maka dari itulah, marilah kita terus bersemangat dalam karya dan dalam abdi.

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan yang berbahagia ini. Semoga ada nilai dan manfaat yang bisa dipetik. Banyak maaf, saya akhiri;

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Beberapa contoh pidato diatas diperoleh dari beberapa sumber yang ada, untuk itu anda perlu dapat berkreasi sendiri untuk menyempurnakan contoh naskah pidato yang akan disampaikan tersebut agar sesuai dengan konsep pidato yang akan anda bawakan sendiri

BACA JUGA  Peralatan berikut memanfaatkan prinsip elektromagnetik adalah
error: Content is protected !!