Apa kegunaan penulisan riwayat pekerjaan dalam daftar riwayat hidup

Apa kegunaan penulisan riwayat pekerjaan dalam daftar riwayat hidup

Apa kegunaan penulisan riwayat pekerjaan dalam daftar riwayat hidup?

Jawaban

Kegunaan nya Adalah Agar Riwayat Pekerjaan Kita Selalu diingat/dikenang didalam Daftar Riwayat Hidup atau Mengetahui pekerjaan orang tersebut.

Pembahasan

Daftar Riwayat Hidup adalah dokumen yang berisi informasi tentang seseorang atau resume pribadi. Tidak hanya berisi data pribadi saja, tetapi juga daftar pengalaman pendidikan, keterampilan dan pengalaman kerja yang sudah Anda miliki.

Fungsi CV adalah memperkenalkan diri kepada organisasi yang dituju dengan menuliskan informasi pribadi dan latar belakang pendidikan.

Sedangkan untuk resume, ada beberapa bagian penting yang tidak boleh dilewatkan, yaitu:

  1. Informasi pribadi. Bagian pertama yang harus disertakan dalam resume Anda adalah informasi pribadi. Dengan memberikan informasi pribadi yang lengkap, perekrut dapat dengan mudah menemukan kontak untuk menghubungi Anda.
  2. Deskripsikan diri Anda. Deskripsi diri adalah bagian penting dari promosi diri. Anda dapat menulis tiga atau empat kalimat pendek untuk menarik perekrut memilih Anda.
  3. Pendidikan dan pelatihan. Bagian selanjutnya adalah pendidikan dan pelatihan, selalu mengikuti pemilik resume. Tuliskan pendidikan formal dan nonformal yang telah Anda terima secara lengkap.
  4. Pengalaman. Bagian selanjutnya adalah pengalaman kerja dari posisi baru yang ditempati.
  5. Keterampilan tambahan. Skill tambahan bisa diisi dengan skill yang dimiliki. Misalnya, menguasai bahasa asing atau keterampilan komputer.
  6. Prestasi. Bagian selanjutnya mencantumkan prestasi yang telah dicapai.
  7. Referensi. Jika Anda memiliki pengalaman kerja, tentunya Anda harus mencantumkan referensi di bagian resume. Setidaknya ada dua orang yang mengenal Anda dalam surat rekomendasi.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kegunaan penulisan riwayat pekerjaan dalam daftar riwayat hidup adalah…

  • Sebagai catatan kerja.
  • Sebagai identitas seseorang.
  • Untuk mengetahui apa yang telah dilakukan dan apa yang sedang dilakukan.
  • Sebagai bahan pertimbangan perekrut.
BACA JUGA  Bagaimana produk yang sudah berstandar SNI?
error: Content is protected !!