teks eksplanasi dibentuk oleh unsur apa saja

Teks eksplanasi dibentuk oleh unsur apa saja

Jawaban

Teks eksplanasi ialah suatu teks yang berupa penjelasan mengenai suatu fenomena atau kejadian yang, baik yang berkaitan dengan sosial, budaya, ilmiah, maupun alam. Teks eksplanasi dibentuk dengan tiga unsur utama yang membuatnya berbeda dengan jenis teks lain. Tiga unsur tersebut, yaitu:

  • Pernyataan umum
  • Penjelasan
  • Interpretasi atau penafsiran

Pembahasan

Teks eksplanasi merupakan teks yang berisikan penjelasan mengenai proses terjadi suatu fenomena atau gejala yang bersangkutan dengan peristiwa alam atau peristiwa lain yang berhubungan dengan manusia (seperti sosial, budaya, ekonomi, dan politik). Teks eksplanasi ini memiliki beberapa cari yang membedakannya dengan jenis teks lainnya, yaitu:

  1. Teks ini termasuk teks yang bersifat informatif
  2. Teks ini membahas suatu peristiwa.
  3. Teks ini berisi berbagai informasi yang dilandasi oleh fakta.
  4. Informasi yang disajikan bersifat objektif.
  5. Teks eksplanasi memiliki tiga unsur khusus, yaitu pernyataan umum, penjelasan (berisi sebab akibat), dan interpretasi (penafsiran).

Berdasarkan pada ciri-ciri tersebut, diketahui bahwa suatu teks disebut sebagai teks eksplanasi jika mencakup tiga unsur utama, yaitu pernyataan umum, penjelasan mengenai sebab dan akibat, dan interpretasi atau penafsiran. Berikut penjelasan dari ketiga unsur tersebut.

Pernyataan Umum

Pernyataan umum berisikan berbagai hal yang umumnya perlu diketahui dari suatu fenomena ataupun gejala tertentu. Pernyataan umum tersebut, nantinya akan membimbing penulis untuk mengarah pada penjelasan mendalam pada bagian selanjutnya, yakni sebab akibat dan interpretasi.

Penjelasan

Keberadaan unsur ini memiliki fungsi untuk memberikan penjeasan mengenai faktor penyebab, proses terjadinya atau terbentuknya dan berbagai hal yang mendetail lainnya. Pada unsur ini juga dijelaskan bagaimana hubungan sebab akibat dari suatu peristiwa yang runut, mulai dari awal hingga akhir.

Interpretasi atau Penafsiran

Interpretasi atau penafsiran merupakan kesimpulan dari dalam teks eksplanasi. Unsur ini mencakup berbagai pendapat penulis yang didapatkan dari proses pengamatan dari hubungan sebab akibat dalam unsur sebelumnya.

Unsur interpretasi atau penafsiran ini tidak selalu terdapat dalam teks eksplanasi. Hal tersebut disebabkan karena unsur ini hanya bersifat opsional (pilihan).

BACA JUGA  Fungsi Sistem Rangka Antara Lain Melindungi Organ Internal
error: Content is protected !!