Buatlah skema terjadinya peristiwa gerhana bulan dan gerhana matahari

Buatlah skema terjadinya peristiwa gerhana bulan dan gerhana matahari

Buatlah skema terjadinya peristiwa gerhana Bulan dan gerhana Matahari!

Jawaban

Gerhana menrupakan suatu kejadian dimana antara Bumi, Bulan dan Matahari terletak pada garis lurus yang sama. Terdapat dua macam gerhana, berikut adalah gerhana tersebut akan dijelaskan dengan skemanya:

  • Gerhana Matahari

Terjadi disaat bulan terletak ditengah-tengah antara Bumi dan Matahari. Saat gerhana matahari mencapai titik puncaknya, maka piringan Matahari akan ditutup sepenuhnya oleh piringan Bulan. Sehingga, piringan Bulan sama besar atau lebih besar daripada piringan Matahari. Hal ini berbeda saat terjadinya gerhana matahari cincin, dimana piringan Bulan lebih kecil dari piringan Matahari. Sehingga keseluruhan piringan Matahari tidak tertutup sempurna.

  • Gerhana Bulan

Terjadi disaat Bumi terletak ditengah-tengah antara Matahari dan Bulan. Saat gerhana Bulan mencapai titik puncaknya, maka piringan Bulan akan ditutup sepenuhnya oleh piringan Bumi. Sehingga Bulan membentuk warna hitam karena tertutupi oleh Bulan.

 

Penjelasan

Meskipun bulan memiliki ukuran terkecil, bayangan Bulan dapat  melindungi cahaya Matahari sepenuhnya, hal ini dikarenakan  Bulan memiliki jarak rata-rata yaitu  384.400 kilometer dari Bumi. Dimana jarak tersebut  lebih dekat dibandingkan dengan Matahari yaitu 149.680.000. Gerhana merupakan proses terjadinya posisi Bulan, Matahari dan Bumi yang terletak pada garis lurus. Gerhana terbagi menjadi dua macam, yaitu:

1.    Gerhana Matahari

Merupakan peristiwa dimana posisi Bulan berada ditengah-tengah Bumi dan Matahari, sehingga cahaya matahari tertutupi oleh adanya Bulan. Peristiwa gerhana matahari ini jarang terjadi, kalaupun terjadi rentan waktu kembalinya peristiwa tersebut sangat lama. Gerhana matahari dapat mengakibatkan kegelapan saat siang hari. Jika kita melihat gerhana ini lebih baik untuk tidak melihatnya secara langsung. Bisa dengan melihat menggunakan kaca mata hitam atau pantulan air. Hal ini dikarenakan, sinar yang dikeluarkan oleh gerhana dapat merusak mata. Terdapat empat  jenis Gerhana Matahari, yaitu:

  • Gerhana Matahari Total.
  • Gerhana Matahari Sebagian.
  • Gerhana Matahari Cincin.
  • Gerhana Matahari Hibrida.

 

2.   Gerhana Bulan

Merupakan peristiwa dimana posisi Bumi berada ditengah-tengah Bulan dan Matahari, sehingga pantulan cahaya Bulan yang berasal dari sinar Matahari tertutupi oleh adanya Bumi. Peristiwa gerhana bulan ini sering terjadi. Jika melihat gerhana ini, kita dapat melihatnya secara langsung. Terdapat tiga jenis Gerhana Bulan, yaitu:

  • Gerhana Bulan Total.
  • Gerhana Bulan Sebagian.
  • Gerhana Bulan Penumbra.
BACA JUGA  Memahami konsep waris akan menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap

 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan skema pada Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan. Saat Bulan, Bumi dan Matahari terletak pada garis lurus perbedaan yang terjadi terletak pada bagian tengahnya. Dimana saat terjadi Gerhana Matahari yang berada di tengah adalah Bulan, sedangkan saat terjadinya Gerhana Bulan yang berada di tengah adalah Bumi.

error: Content is protected !!