Membuat sayatan pada permukaan kayu dengan menggunakan alat pahat disebut

Membuat sayatan pada permukaan kayu dengan menggunakan alat pahat disebut

Jawaban

Cara membuat karya seni rupa dengan menyayat permukaan kayu menggunakan alat pahat adalah teknik memahat.

 

Penjelasan

Dalam membuat karya seni rupa, diperlukan teknik yang khusus dalam mengolah bahan mentah menjadi karya seni. Teknik yang dibutuhkan tergantung dari jenis karya seni dan bahan yang digunakan. Contohnya bahan kayu yang sifatnya keras, kaku, dan tidak mudah dibentuk perlu dilakukan dengan memahat atau memotongnya. Sebaliknya bahan lempung atau tanah liat yang mudah bentuk dengan tangan kosong, diperlukan teknik membutsir.

Teknik pembuatan karya seni rupa Indonesia:

  • Teknik pahat adalah cara membuat sayatan dengan pada bahan keras dengan pisau pahat dan palu. Bahan keras yang dimaksud bisa berupa kayu atau batu. Teknik pahat hampir sama dengan teknik mengukir.
  • Teknik butsir merupakan cara membentuk bahan lunak dengan tangan dan jari jemari. Bahan lunak bisa berupa tanah liat, polymer clay, adonan sabun, dan sebagainya. Membutsir sering membutuhkan alat tambahan seperti meja putar tetapi hanya sebagai alat bantu. Alat bantu tersebut agar hasil karya lebih rapi dan cepat selesai. Biasanya diperlukan pada bahan tanah liat alami. Namun tanpa alat bantu pun, teknik membutsir dapat dilakukan.
  • Teknik celup dengan cara mencelupkan bahan pada cairan warna. Tiga karya seni dengan teknik celup yang banyak dilakukan di Indonesia, yaitu jumputan, batik tulis, dan batik cetak. Ketiganya menggunakan bahan dasar kain. Kain diberi penghalang masuknya warna terlebih dahulu. Jumputan menggunakan penghalang ikatan-ikatan. Batik menggunakan lilin atau malam dari sarang lebah sebagai penghalangnya. Setelah itu, baru kain dicelupkan pada cairan pewarna.
  • Teknik pemanasan dan cetak (kasting) dilakukan khusus bahan keras yang dapat mencair jika dipanaskan. Bahan yang dimaksud seperti plastik, dan lilin. Lilin berbahan lemak atau parafin dipanaskan hingga mencair kemudian dituang ke dalam cetakan. Khusus plastik, plastik dikumpulkan sesuai dengan jenisnya terlebih dahulu. Kemudian plastii dipanaskan dengan mesin tekan sekaligus panas (thermopressing).
BACA JUGA  Berikut yang bukan merupakan bentuk interaksi keruangan yaitu
error: Content is protected !!