mengapa tumbuhan hijau mampu melakukan fotosintesis sedangkan hewan tidak

Mengapa tumbuhan hijau mampu melakukan fotosintesis sedangkan hewan tidak

Mengapa tumbuhan hijau mampu melakukan fotosintesis sedangkan hewan tidak?

Jawaban

Tumbuhan hijau mampu melakukan fotosintesis karena memiliki KLOROFIL yang berfungsi sebagai penyerap energi cahaya matahari.

Sedangkan hewan tidak memiliki klorofil, sehingga tidak dapat melakukan fotosintesis

 

Pembahasan

Berikut jenis-jenis organel yang dimiliki sel sewan dan sel tumbuhan:

  1. Membran sel. Membran sel disebut juga membran plasma merupakan pembatas sel dengan lingkungan. Karena letaknya yang berada di luar, maka membran sel juga berperan sebagai pelindung sel dan pengatur transportasi zat untuk masuk atau ke luar sel.
  2. Inti sel (nukleus). Nukleus merupakan pusat pengendali kegiatan sel. Nukleus juga membawa informasi genetik karena di dlamnya terdapat gen.
  3. Retikulum endoplasma. Retikulum endoplasma merupakan organel yang berfungsi sebagai alat transportasi zat di dalam sel.
  4. Ribosom. Ribosom berfungsi sebagai tempat sintesis protein.
  5. Badan Golgi. Badan golgi berperan dalam proses ekskresi dan sekresi di dalam sel dengan membentuk vesikula.
  6. Mitokondria. Mitokondria sering disebut sebagai pembangkit tenaga sel karena merupakan organel yang berfungsi sebagai tempat respirasi yang menghasilkan energi untuk aktivitas sehari-hari.
  7. Vakuola . Vakuola berfungsi sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan. Terdapat perbedaan ukuran antara sel hewan dengan sel tumbuhan. Pada tumbuhan vakuola berukuran besar karena tumbuhan menyimpan cadangan makanan pada vakuola. Pada sel hewan, ukuran vakuola kecil karena hewan menyimpan cadangan makanan pada jaringan lemak.

Organel yang hanya dimiliki tumbuhan:

  1. Dinding sel. Dinding sel memberi bentuk dan melindungi bagian dalam sel. Dinding sel disusun oleh berbagai zat penguat seperti selulosa, lignin dan pektin. Dinding sel lah yang menyebabkan tumbuhan tidak dapat bergerak dengan aktif.
  2. Plastida. Platida adalah pigmen fotosintesis atau sering dikenal sebagai zat hijau daun yang menyebabkan tanaman merupakan organisme autotrof (dapat membuat makanan sendiri).

Organel yang hanya dimiliki hewan:

  1. Sentrosom. Sentrosom berperan pada pembelahan sel dengan cara membentuk benang spindle.
  2. Lisosom. Lisosom menghasilkan enzim pencernaan intraseluler.

Dari jenis organel yang dimiliki oleh sel hewan dan tumbuhan, dapat kita lihat bahwa tumbuhan memiliki plastida sehingga dapat melakukan fotosintesis. Hal ini menyebabkan tumbuhan merupakan organisme autotrof (dapat membuat makanan sendiri). Sedangkan hewan adalah organisme heterotrof (tidak dapat membuat makanan sendiri) yang tidak memiliki plastida sehingga harus mencari makan dari luar.

BACA JUGA  Keistimewaan yang dimiliki oleh lapisan stratosfer adalah

Kesimpulan

Tumbuhan mampu melakukan fotosintesis karena tumbuhan memiliki plastida. Hal ini menyebabkan tumbuhan merupakan organisme autotrof (dapat membuat makanan sendiri). Sedangkan hewan adalah organisme heterotrof (tidak dapat membuat makanan sendiri) yang tidak memiliki plastida sehingga harus mencari makan dari luar.

error: Content is protected !!