Download Aplikasi Jual Foto Online Penghasil Uang

Bagi para fotografer atau pecinta dunia fotografi pasti sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. Ya, Aplikasi ini merupakan tempat untuk menjual foto dan mendapatkan uang dollar.

Saat ini cukup banyak fotografer yang memanfaatkan aplikasi ini untuk memasarkan hasil karyanya terutama bagi fotografer luar negeri. Selain itu, platform ini memungkinkan pengguna untuk menjual karya lainnya seperti ilustrasi, logo, vektor, video footage hingga music free royalty.

Namun jangan khawatir, walaupun anda bukan seorang fotografer profesional pun bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk menjual hasil karya foto anda hanya menggunakan smartphone saja

Jadi daripada membiarkan koleksi foto memenuhi harddisk, tidak ada salahnya kamu mencoba menjualnya di aplikasi ini karena tidak sedikit orang yang sukses dan mendapatkan untung besar dari menjual foto di aplikasi

Aplikasi Jual Foto Online

aplikasi jual foto online

Salah satu keuntungan utama untuk menjual foto di aplikasi adalah Anda tidak perlu bekerja secara full-time. Anda bisa menyulap hobi fotografi menjadi sumber penghasilan tambahan cukup dengan menjualnya langsung di aplikasi jual foto ini

Nama aplikasinya adalah Shuterstock. Ya platform ini merupakan terbesar dan tingkat penjualannya tertinggi selama beberapa tahun terakhir. Shutterstock sendiri memiliki misi untuk menjadi penghubung bagi  para profesional yang bergerak di bisnis kreatif dengan ribuan kontributor di seluruh belahan dunia.

Anda hanya perlu menjadi kontributor Shutterstock untuk bisa menjual foto anda di platform ini.  Sebagai kontributor Shutterstock, Anda akan mendapatkan keuntungan setiap kali pelanggan membeli lisensi foto Anda. Biaya royalti berkisar antara 15%–40%, tergantung pada tingkat penghasilan Anda.

Syarat Jual Foto Online

Menjadi kontributor Shutterstock bisa dilakukan oleh siapa saja, asalkan syarat terpenuhi. Terdapat beberapa syarat dan kriteria yang harus dipunyai oleh kontributor jika ingin menjual foto di situs tersebut. Berikut berapa persyaratan cara menjual foto di Shutterstock:

  • Perhatikan resolusi dan jenis file
  • Pastikan foto memiliki kualitas gambar yang baik
  • Foto tidak mengandung unsur SARA

Metode Pembayaran Hasil Jual Foto Online

Dalam Shutterstock, untuk mencairkan penghasilan atau withdraw dilakukan melalui beberapa metode yaitu:

  • Paypal
  • Money Skrill
  • Bank Check

Silahkan pilih metode yang menurutmu mudah dilakukan. Umumnya kebanyakan kontributor menggunakan paypal.

Link Download Aplikasi Jual Foto Online

Versi 1.19.0
Perlu versi Android 6.0 dan yang lebih tinggi
Beri peringkat konten Semua Umur Pelajari lebih lanjut
Dirilis tanggal 17 Sep 2014
Telah Di Unduh 1.000.000+ unduh
Diupdate pada 13 Juli 2022
Ditawaarkan oleh Shutterstock Inc.
Link Download Android Playstore
Link Download Iphone Appstore

Cara Upload Foto di Shutterstock di HP

Selain melalui browser, kamu juga bisa mengupload foto ke Shutterstock melalui HP. Cara upload foto di Shutterstock secara lengkapnya seperti berikut ini :

  • Buka aplikasi Shutterstock Contributor di HP
  • Klik simbol tanda panah ke atas untuk upload foto
  • Klik tanda “+” di bagian atas untuk mencari foto yang akan dijual
  • Pilih foto yang akan diupload
  • Tunggu proses upload sampai 100%. Jika muncul failed tidak perlu bingung karena biasanya foto sudah terupload
  • Submit konten

Tips Jual Foto di Shutterstock

Shutterstock memang memiliki kriteria dan standar tersendiri untuk foto yang bisa dijual di websitenya. Oleh karena itu, jika kamu ingin menjual foto di website ini, ada baiknya ketahui dulu tips agar foto bisa diterima. Beberapa tips cara jual foto di Shutterstock adalahsebagai berikut:

1. Perhatikan Visible Trademark

Saat ingin upload foto di Shutterstock, pastikan foto kamu yang kamu unggah bebas dari logo dan merek. Contohnya, jika kamu mengambil foto perkotaan. Kawasan perkotaan biasanya terdapat berbagai baliho, iklan hingga tempelan-tempelan yang ada di dinding maupun kaca yang secara tidak sengaja pasti akan tertangkap oleh kamera.

BACA JUGA  Ingin Ubah Foto Jadi Efek Foto Anime? Picsart Adalah Jawabannya!

2. Pahami Aturan untuk Model Rilis

Aturan model rilis dalam foto yang akan di submit di Shutterstock cukup jelas dan kompleks. Jika di dalam foto terdapat 1 objek manusia, maka dibutuhkan 1 model release. Akan tetapi jika ada dua manusia atau lebih maka dibutuhkan 2 model rilis atau lebih. Selain itu untuk 1 model release hanya valid untuk 1 sesi foto di tanggal dan lokasi yang sama. Jika pindah lokasi atau beda hari, maka kamu harus membuat model release yang baru lagi. Aturan ini berlaku untuk submit foto melalui browser maupun cara upload foto di Shutterstock lewat android.

3. Perhatikan Kategori Foto

Untuk mempermudah cara jual foto di Shutterstock, kamu juga harus memperhatikan kategori foto yang akan di submit dalam situs tersebut. Ada banyak pilihan kategori yang bisa kamu gunakan mulai dari kuliner, abstract, art, people dan masih banyak lagi. Cara jual foto di Shutterstock jika ingin laku adalah pilih kategori yang sesuai dengan hasil foto yang akan diupload. Hal ini akan memudahkan Kurator untuk menilai dan menyeleksi sehingga peluang untuk lolos seleksi juga semakin besar.

4. Dilarang untuk Menyalin Deskripsi Akun Lain

Larangan keras bagi contributor foto di Shutterstock untuk menyalin seluruh deskripsi atau keyword dari foto orang lain yang mirip dengan foto yang akan di submit. Jika melanggar aturan cara upload foto di aplikasi Shutterstock ini akibatnya adalah akun kamu akan disable sementara bahkan permanen. Jika akun disable secara permanen maka saldo Paypal yang ada didalamnya tidak akan bisa dicairkan.

Payment atau gaji dari hasil jual foto ini akan diakumulasikan setiap akhir bulan. Jika di akhir bulan earning kamu sudah mencapai batas payment yang di set di halaman akun setting, maka kamu akan menerima pembayaran di bulan berikutnya di tanggal 15. Cara jual foto di Shutterstock ini bisa mendatangkan untung besar jika mampu menghasilkan karya jepretan yang berkualitas.

5. Gunakan Judul dan Deskripsi yang Relevan

Tips jual foto di Shutterstock selanjutnya adalah kamu harus mampu membuat judul dan deskripsi yang relevan. Salah satu hal yang bisa berpengaruh terhadap hasil pencarian customer ketika mencari foto di fitur search adalah judul dan deskripsi. Oleh karena itu, pastikan buat judul dan deskripsi yang relevan agar foto kamu mudah ditemukan di mesin pencari.

Carilah judul yang tepat yang bisa menggambarkan suasana dalam foto. Untuk mendapatkan judul yang tepat dan menarik, tidak ada salahnya kamu melakukan riset terlebih dahulu. Selanjutnya isi deskripsi foto minimal 5 kata dan maksimal 200 karakter. Isi sesuai dengan foto yang akan di submit dan wajib menggunakan bahasa Inggris.

Sedangkan cara jual foto di Shutterstock untuk jenis foto editorial, cara membuat deskripsi formatnya sedikit berbeda. Format penulisan deskripsi untuk foto editorial seperti penulisan caption foto berita yang harus berisi 5W1H, yaitu What, Where, When, Who, Why dan How. Selanjutnya jangan lupa isi kolom keyword untuk memudahkan foto kamu muncul di mesin pencari.

error: Content is protected !!