Cara memersuasi di bawah ini yang menggunakan pendekatan etika adalah

Cara memersuasi di bawah ini yang menggunakan pendekatan etika adalah

1. Cara memersuasi di bawah ini yang menggunakan pendekatan etika adalah…

a.“Daur ulang adalah langkah yang tepat untuk dilakukan. Dengan membuang-buang sumber daya yang terbatas, kita sama saja sedang melakukan tindakan amoral yaitu merampok masa depan para generasi penerus”.
b. “Coba pikirkan berapa banyak hewan-hewan di luar sana yang kehilangan rumahnya setiap hari karena pohon-pohon selalu ditebang. Dengan menerapkan program daur ulang, kita bisa menyelamatkan hutan indah yang menjadi rumah mereka”
c. “Anda tentu tahu bahwa sumber daya alam yang tersedia sangatlah terbatas. Anda dan saya, kita, bisa membuatnya bertahan lebih lama dengan menerapkan program daur ulang”.​

Jawaban

Pada pernyataan mengenai cara memersuasi teks yang menggunakan pendekatan etika terdapat pada pilihan A. Hal ini karena, terdapat nilai-nilai moral yang ingin disampaikan kepada audiens, yakni apabila membuang-buang sumber daya yang ada, maka sama saja dengan merampok masa depan bangsa. Oleh karena itu, daur ulang dianggap langkah yang paling tepat untuk mengatasi keterbatasan sumber daya.

Penjelasan

Adapun alasan mengapa pilihan lain dianggap kurang tepat sebagai berikut.

  1. Pilihan B, merupakan teks yang menggunakan pendekatan emosi, karena ajakan untuk merasakan penderitaan hewan yang harus kehilangan tempat tingganya apabila hutan tidak dilindungi.
  2. Pilihan C, merupakan teks yang menggunakan pendekatan logika, karena memanfaatkan pemikiran yang masuk akal mengenai keterbatasan sumber daya alam, sehingga memerlukan program daur ulang.

Kesimpulan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas pernyataan mengenai cara memersuasi teks yang menggunakan pendekatan etika terdapat pada pilihan A. Hal ini karena, terdapat nilai-nilai moral yang ingin disampaikan kepada audiens, yakni apabila membuang-buang sumber daya yang ada, maka sama saja dengan merampok masa depan bangsa.

 

BACA JUGA  Bernyanyi banyak suara dengan teknik kanon adalah
error: Content is protected !!