Contoh interaksi antar negara yang tergolong interaksi regional adalah

Contoh interaksi antarnegara yang tergolong interaksi regional adalah…

A. OPEC
B. kerja sama jepang-
indonesia
C. ASEAN
D. UNICEF

Jawaban

C. ASEAN

Penjelasan

Kerjsama Regional antar Negara

Kerja sama regional ialah kerja sama negara-negara yang saling berdekatan di suatu kawasan atau wilayah. Kerja sama ini penting karena umumnya negara yang berdekatan memiliki kesamaan karakteristik berdasarkan kondisi geografis, tujuan dan masalah yang dihadapi, yang belum tentu dihadapi oleh kawasan lain yang berbeda letak.

OPEC ( Organization of the Petroleum Exporting Countries )

OPEC adalah organisasi kumpulan negara-negara penghasil minyak bumi. Anggotanya berasal dari berbagai macam kalangan seperti Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Selatan. OPEC mampu secara penuh menetapkan harga pasar dari minyak internasional. Tujuan OPEC ialah agar menegosiasikan masalah-masalah mengenai produksi, harga, dan hak konsesi minyak bumi dengan perusahaan-perusahaan minyak yang ada di seluruh dunia. Indonesia dulunya juga

merupakan anggota dari OPEC, namun sekarang sudah mengundurkan diri dan keluar dari OPEC.

ASEAN ( ASEAN (Association of Southeast Asian Nations )

Asian Nations (ASEAN) adalah suatu organisasi geopolitik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di kota Bangkok, pada tanggal 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Perbara oleh negara Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Organisasi ini bertujuan agar meningkatkan pertumbuhan ekonomi, serta kemajuan sosial, dan juga pengembangan kebudayaan dari negara-negara anggotanya, dan tentu saja memajukan perdamaian dan kestabilan di tingkat regional, serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan yang terjadi di antara anggotanya dengan damai.

BACA JUGA  Sikap tawakal paling tepat dilakukan setelah seseorang

UNICEF ( United Nations International Children’s Emergency Fund )

UNICEF dibentuk pada 11 Desember 1946 untuk membantu anak-anak di wilayah Eropa, Tiongkok, dan Timur Tengah yang porak poranda akibat perang. Ketika itu, singkatan UNICEF adalah “United Nations International Children’s Emergency Fund” (Dana Darurat Anak Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan yang telah diberikan di atas, dapat disimpulkan bahwa Contoh interaksi antarnegara yang tergolong interaksi regional adalah c. ASEAN