Aplikasi Daftar Bantuan BLT BBM 2022 dan Cek Nama Penerima

Masyarakat di Indonesia bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan bansos Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) dan Bantuan Subsidi Upah (BSU) melalui Aplikasi di handphone.

Penyaluran BLT BBM dilakukan oleh pemerintah sebagai bantalan atas kenaikkan harga BBM yang sebelumnya diresmikan Presiden Joko Widodo di awal September 2022. Dalam penyalurannya, penerima bansos subsidi BBM yang telah memenuhi syarat akan menerima biaya sebesar Rp600.000.

Sementara itu, untuk penerima bansos BSU akan mendapatkan biaya sebesar Rp600.000. Dengan catatan, penerima merupakan pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta.

Presiden berpesan kepada seluruh masyarakat penerima manfaat agar bantuan tersebut digunakan untuk membantu pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari. Dengan demikian, manfaat penyaluran bantuan sosial tersebut dapat dirasakan langsung, dan tujuan serta sasaran program ini terwujud.

Cek Daftar Penerima Bantuan BLT 2022 melalui aplikasi resmi. Anda juga dapat melakukan pendaftaran untuk bisa memperoleh dana Bantuan BLT dari pemerintah

Silahkah Download dan Instal Aplikasi ini agar teman-teman tidak ketinggalan informasi mengenai bantuan Pemerintah terbaru.

Cara Daftar dan Cek Penerima BLT BBM

Untuk proses penyalurannya ini menggunakan data tetap berbasis pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Untuk memastikan status anda penerima manfaat atau bukan, bisa mengikuti cara berikut ini :

Download Aplikasi Bansos

Pertama-tama, kamu harus Download dan Instal aplikasi bansos melalui tautan yang telah kami sediakan

Registrasi Terlebih Dahulu

Setelah aplikasi bansos sudah di Instal maka Open aplikasi. Kamu akan diminta untuk melakukan registrasi terlebih dahulu.

Cek Nama dan Daftar

Berikutnya, kamu akan dibawa ke laman resmi hasil pencarian penerima. Pada halaman aplikasi cek bansos Kemensos ini nantinya akan ditampilkan data-data seperti nama, umur, status bansos, kelurahan, kecamatan, kabupaten, serta provinsi

Syarat Penerima Bansos yang digunakan Kemensos:

Kementerian Sosial (Kemensos) menetapkan 5 aspek dan 9 kriteria untuk memastikan masyarakat berhak menerima bantuan sosial (bansos).

1. Tempat berteduh/tinggal sehari-hari.
2. Status pekerjaan.
3. Kekhawatiran pemenuhan kebutuhan pangan.
4. Pengeluaran pangan lebih dari 70 persen dari total pengeluaran.
5. Pengeluaran untuk pakaian.
6. Sebagian besar lantai tempat tinggal terbuat dari tanah.
7. Sebagian besar dinding terbuat dari bambu, kawat, atau kayu.
8. Kepemilikan fasilitas buang air kecil atau besar.
9. Sumber penerangan listrik dari perusahaan listrik negara 450 watt atau bukan listrik.

Download Aplikasi
Instal melalui link Download yang tersedia