Bagaimana proses kedatangan bangsa vedda ke indonesia

Bagaimana proses kedatangan bangsa vedda ke indonesia

Bagaimana proses kedatangan bangsa vedda ke indonesia?

Jawaban

Proses kedatangan bangsa Vedda di Indonesia dimulai sebelum kepulauan Indonesia terpisah dari daratan Asia. Bangsa Vedda datang ke Indonesia melalui jalur darat secara bergelombang dalam kelompok besar. Kemudian, kelompok bangsa Vedda menyebar ke timur seperti Pulau Sulawesi, Papua, Maluku dan ke barat seperti Pulau Sumatera.

 

Pembahasan

Bangsa Vedda mulanya berasal dari Sri Lanka yang berada di daratan Asia. Bangsa yang memiliki karakteristik tubuh kecil dengan kulit gelap datang di Indonesia lebih awal dari bangsa Proto dan Deutro Melayu. Bangsa ini datang ke Indonesia melalui jalur darat ketika kepulauan Indonesia masih menyatu dengan daratan Asia dalam kelompok besar secara bergelombang dan menetap di di beberapa pulau seperti Pulau Sumatera, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Ciri-ciri dari bangsa Vedda antara lain:

  • Berkulit gelap
  • Ukuran tubuh kecil-sedang
  • Berambut keriting
  • Letak mata lebih ke dalam

Karena kelompok bangsa Vedda menetap di Indonesia dalam waktu lama, bangsa ini memiliki keturunan seperti beberapa diantaranya adalah suku Kubu, Toala, Tokea, Talang dan Tomuna.

 

Kesimpulan

Bangsa Vedda mulanya berasal dari Sri Lanka yang berada di daratan Asia. Proses kedatangan bangsa Vedda di Indonesia dimulai sebelum kepulauan Indonesia terpisah dari daratan Asia. Bangsa Vedda datang ke Indonesia melalui jalur darat secara bergelombang dalam kelompok besar. Kelompok bangsa Vedda menyebar ke timur seperti Pulau Sulawesi, Papua, Maluku dan ke barat seperti Pulau Sumatera. Dan ciri-ciri  dari bangsa Vedda adalah: berkulit gelap, ukuran tubuh kecil-sedang, berambut keriting, dan letak mata lebih ke dalam.

 

 

BACA JUGA  Contoh pancasila sebagai dasar negara
error: Content is protected !!