Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Lengkap SD, SMP, Dan SMA

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah Lengkap SD, SMP, Dan SMA

Pidato perpisahan sekolah yang baik, tentu akan menghasilkan memori indah dan sulit untuk dilupakan. Untuk membuat kesan seperti itu, tentunya dibutuhkan latihan yang intens agar terbiasa dengan hal tersebut.

Perlu diketahui bahwa dalam menyampaikan sebuat pesan, ide, atau gagasan, Anda harus paham tentang serba-serbi pidato dengan baik. Salah satu yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara Anda dalam menyampaikannya.

Melakukan penyampaian pidato dalam sebuah acara penting seperti perpisahan sekolah, tentunya butuh persiapan matang. Salah satu yang paling penting adalah memilih bagaimana cara untuk berpidato nantinya.

Contoh Pidato Perpisahan Sekolah

Berikut ini, kami telah merangkum dari beberapa sumber contoh Pidato yang bisa digunakan dalam pidato Perpisahan Sekolah. Untuk Anda yang mencari tahu sebagai bahan refrensi yang paling cocok, bisa menyimak beberapa contoh yang ada sebagai berikut.

1. Contoh Pidato Perpisahan Tingkat TK

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat, Bapak Kepala Desa Maju Makmur,

Yang terhormat, Ibu Pimpinan Ranting Yayasan Bina Desa,

Yang terhormat, Bapak Ketua Komite Sekolah TK Insan Mulia,

Yang saya hormati, Ibu Kepala Skeolah TK Insan Mulia,

Yang saya hormati Bapak/Ibu undangan sekalian,

Serta anak-anaku yang saya cintai.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT, yang mana atas rahmatNya lah, di hari yang bahagia ini kita bisa hadir dalam acara perpisahan TK Insan Mulia.

Kedua kalinya, tak lupa juga, shalawat dan salam semoga tetap tercurah untuk Baginda kita, Nabi Besar Muhammad SAW. yang telah membimbing kita dari jaman jahiliyah menuju jaman yang terang-benderang seperti saat ini.

Hadirin dan hadirat yang dirahmati Allah,

Dalam kesempatan ini, ijinkan saya, mewakili wali murid TK Insan Mulia yang putra-putrinya lulus pada tahun ini, untuk mengucapkan banyak terima kasih kepada TK Insan Mulia.

Karena, berkat kebaikan dan jasa Ibu Guru dan semua unsur yang ada di TK Insan Mulia, anak-anak kami pun bisa menjadi pribadi yang cerdas dan berkembang.

Anak-anak kami sekarang lebih berani, disiplin, menurut pada orang tua, dan pandai bergaul dengan teman-temannya.

Ini adalah bukti kami memang tidak salah menyekolahkannya di TK Insan Mulia.

Kami pun ingin memohon maaf apabila putra/putri kami sering berbuat salah kepada Ibu Guru dan jajaran sekolah sekalian.

Ini tak lepas karema putra/putri kami hanyalah anak-anak yang masih antusias dengan masa bermainnya.

Walaupun kami tidak bisa membalas jasa dan kebaikan TK Insan Mulia, namun untaian do’a tetap kami curahkan agar sekolah ini semakin maju dan melahirkan generasi-generasi unggul.

Demikian salam perpisahan yang ingin saya sampaikan, kurang lebihnya kami mohon maaf.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2. Pidato Perpisahan Sekolah SD

Yang terhormat Bapak/Ibu kepala dan guru SD Super, Bapak/Ibu Wali Murid SD Super, serta teman-teman yang saya banggakan,

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah Swt. karena atas segala nikmat-Nya kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat. Shalawat serta salam, senantiasa kita haturkan kepada Nabi Muhammad saw.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia,

Pada kesempatan kali ini, kami siswa-siswi kelas 6 telah mencapai puncak dari jenjang sekolah dasar. Tidak terasa waktu berjalan begitu cepat. Rasanya seperti baru kemarin, kami siswa kelas 6 baru saja duduk di bangku kelas satu. Belajar membaca, belajar berhitung, belajar bercerita di depan kelas, dan belajar banyak hal lain yang tidak bisa disebutkan satu per satu. Hingga akhirnya kami hadir di acara pelepasan siswa kelas 6 pada hari ini.

Pada kesempatan ini, saya ingin mewakili teman-teman kelas 6 untuk menyampaikan terima kasih kepada Bapak/Ibu guru yang telah mendidik kami dengan sepenuh hati. Saya masih ingat dengan jelas bagaimana Bapak/Ibu guru senantiasa menyemangati kami untuk berani mencoba berbagai hal baru, membimbing kami mempelajari materi pelajar, serta menularkan motivasi pantang menyerah.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia, kita ketahui bahwa dua tahun terakhir, sekolah kita benar-benar berada di masa yang sulit, tidak hanya di sini melainkan di seluruh dunia, karena adanya virus corona. Kegiatan pembelajaran pun menemui tantangan terbesarnya. Kami yang kelas 6 ini semakin sulit untuk bertatap muka, bahkan beberapa kali sekolah terpaksa digelar secara daring demi kesehatan peserta didik. Di sanalah kami kembali menyadari tentang perjuangan Bapak/Ibu guru agar kami tetap bisa belajar dengan nyaman, belajar dengan sungguh-sungguh, dan mampu memahami setiap materi pelajaran.

Bapak dan Ibu guru yang sangat kami sayangi. Dari lubuk hati terdalam, kami mengucapkan terima kasih atas segala pengetahuan, ilmu, keterampilan, serta teladan yang Bapak/Ibu ajarkan kepada kami.

Kami terutama siswa-siswi kelas 6 juga ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya atas khilaf dan salah baik secara sengaja maupun tidak disengaja. Dulu kami pernah mengabaikan pesan dari Bapak Guru, malas mengerjakan tugas, bahkan lari dari tanggung jawab. Sekali lagi, saya mewakili teman-teman seperjuangan kelas 6 memohon maaf yang sebesar-besarnya.

Semoga Bapak/Ibu guru tidak pernah bosan dalam mendidik, mengajar, dan mendoakan kami. Doa dan semangat dari Bapak/Ibu guru merupakan bekal bagi kami untuk mengarungi dunia pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Semoga Bapak/Ibu guru selalu bersemangat dalam memberi ilmu, semoga selalu diberi kesehatan, dan juga keselamatan di manapun Bapak/Ibu berada.

BACA JUGA  Jelaskan perbedaan ketentuan pembagian daging akikah dan daging kurban

Bapak/Ibu, serta teman-teman yang berbahagia, demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan dalam rangka perpisahan siswa kelas 6, mohon maaf atas segala khilaf dan salah.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

3. Contoh Pidato Perpisahan SMP

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada yang terhormat kepala sekolah SMPN 5 Yogyakarta
Kepada yang terhormat Bapak dan Ibu guru SMPN 5Yogyakarta dan seluruh staff yang bekerja
Serta seluruh teman-teman yang saya cintai

Pertama marilah kita ucapkan Puji syukur kepada kehadirat Allah SWT yang selalu memberikan rahmat dan nikmat kepada kitia selama ini, baik berupa kesehatan dan hal-hal lainnya. Bahkan kita dapat berkumpul di aula ini juga merupakan suatu rahmat, sehingga kami siswa-siswi SMPN 5 dapat mengucapkan terima kasih dan juga permohonan maaf bila ada kesalahan.

Selain itu, marilah kita bersalawat kepada Nabi Muhammad SAW berserta seluruh keluarga dan juga sahabat. Semoga suatu hari nanti kita dapat bertemu kembali dengannya di surga. Aamiin. Kemudian, kepada para Bapak dan Ibu Wali murid yang saya hormati, saya bersama dengan segenap siswa lainnya mengucapkan terima kasih atas kehadirannya di tempat ini.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang sudah bekerja keras untuk menyiapkan aula demi keberlangsungan acara perpisahaan kali ini. Saya sebagai perwakilan dari siswa SMPN 5 menyampaikan bahwa tiga tahun adalah waktu yang cukup lama untuk menimba ilmu dan juga bertemu dengan para guru dan juga teman-teman yang saya cintai.

Oleh sebab itu, saya sangat merasa sedih dan bercampur dengan senang hari ini. Merasa sedih, karena harus meninggalkan sekolah ini dan senang berkat kelulusan. Terima kasih juga saya ucapkan kepada seluruh Bapak dan Ibu guru yang telah mendidik kami dengan penuh kesabaran dan juga ketekunan.

Saya menyadari bahwa menjadi sabar itu tidaklah mudah. Saya juga mewakili teman-teman lainnya mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besar, apabila dalam bertindak atau berucap terdapat kata-kata kami yang pernah melukai hati Bapak dan Ibu guru sekalian.

Kami berharap doa restu dari Bapak dan Ibu guru sekalian, agar kami dapat diterima di SMA yang diinginkan dan juga mampu meraih cita-cita di kemudian harinya. Sedangkan untuk para adik-adik kelas, kami sebagai kakak kelas menyampaikan bahwa jangan pernah merasa puas akan ilmu yang sudah dimiliki.

Ilmu itu begitu banyak dan juga luas. Maka dari itu, menimba ilmu harus dilakukan secara terus-menerus tanpa henti. Sekian dari pidato yang saya sampaikan dan saya mohon maaf apabila ada salah kata dalm penyampaian pidato ini. Terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

4. Contoh Pidato Perpisahan SMA

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Innal hamda lillah nahmaduhu wa nasta’inuh, wa nastaghfiruh, wa na’udzu billahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalinaa, mayyahdihillahu falaa mudhillalah, wa mayudhlil falaa haa diya lah. Asyhadu alla ilaha illallah wahdahu wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuuluh.

Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf..

Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru beserta karyawan sekolah….

Yang berbahagia, orang tua siswa ….

Yang Saya Sayangi dan saya banggakan Siswa/Siswi sekolah…

Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan hidayahnyalah kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, kepada para sahabatnya, keluarganya, dan tak lupa kepada kita selaku umatnya, yang insya Allah akan selalu taat pada ajarannya.

Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya selaku perwakilan dari teman-teman untuk menyampaikan beberapa pesan amanat dalam rangka perpisahan ini.

Tidak terasa sudah 3 tahun kita berada disini, Susah, senang, sudah kita alami dan lalui bersama. Dan hari ini adalah puncak yang sebenarnya, kita semua akan berpisah tidak akan ada lagi kebersamaan dan kekompakan yang akan kita temukan di hari esok.

Semua cerita indah disini akan menjadi sepenggal kenangan di masa depan. Suatu hari nanti kita pasti akan merindukan masa-masa indah seperti ini.

Saya ucapkan terima kasih kepada bapak atau ibu guru yang telah mengajarkan kami arti dari sebuah perjuangan, hingga sampai mengantarkan kita pada gerbang kehidupan untuk menuju pada kehidupan yang sebenarnya. Tanpa beliau, kami bukan apa-apa, banyak hal yang diajarkan pada kami, meski terkadang kami merasa lelah, jenuh, bosan, tapi dengan kesabarnya, keuletan dan keistikomahan beliau yang telah membimbing kami.

Mudah-mudahan perpisahan kali ini bisa menambah erat solidaritas kita dan semoga saja perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya.

Bagi teman-teman seperjuangan, teruslah berjuang.Kejarlah cita-citamu wahai teman !! agar kau dapat meraih kehidupan yang lebih baik dimasa depan nanti.

Teruntuk teman-teman yang ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, Semoga kalian dapat belajar di perguruan tinggi yang kalian impikan dan belajarlah dengan giat serta jadilah mahasiswa yang baik dan aktif di kegiatan mahasiswa.

Marilah Teman-teman kita tunjukan bahwa SMA ( .. ) adalah penghasil mahasiswa-mahasiswi yang berkualitas, serta bagi teman-teman yang ingin berkerja, semoga kalian menemukan pekerjaan yang sesuai dengan apa yang kalian harapkan dan sukses dengan karir mendatang.

BACA JUGA  Setiap muslim diperintahkan untuk menuntut ilmu dan mengamalkannya

Mudah-mudahan apa yang kita dapatkan disini bisa menjadi ilmu yang insya Allah akan bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agama dan yang terpenting berguna bagi diri kita sendiri. Ammiin

Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak, ibu guru, dan juga selamat kepada siswa-siswi kelas 12 atas kelulusannya, Semoga kita bisa bertemu lagi dalam waktu dan keadaan yang yang lebih indah, dimana kita semua telah menggapai cita-cita kita semua.

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf, karena kesalahan adalah milik saya dan kelebihan datangnya dari Allah SWT.
Sekian dari saya.

Walafumingkum wassalamu’alaikum wr.wb

Demikian contoh pidato yanga kamu rangkum dari berbagai sumber. Bagi Anda yang sedang mencari referensi tentang metode untuk pidato perpisahan sekolah, semoga beberapa contoh diatas bisa menjadi cukup bermanfaat.

error: Content is protected !!