Seni rupa terapan yaitu karya seni yang lebih mementingkan

Seni rupa terapan yaitu karya seni yang lebih mementingkan

Soal

Seni rupa terapan yaitu karya seni yang lebih mementingkan..

 

Jawaban

Berdasarkan fungsinya, suatu karya seni rupa bisa kita bedakan menjadi seni rupa murni dan seni rupa terapan. Nilai yang lebih dipentingkan pada seni rupa terapan adalah nilai guna atau nilai fungsional.

 

Pembahasan

Seni rupa adalah salah satu bentuk dari seni visual yang karya seninya terbentuk dari penyusunan unsur seni rupa yang mengikuti pedoman yang ada pada prinsip seni rupa sehingga bisa tercipta satu kesatuan yang indah dan harmonis. Berdasarkan fungsi yang ada pada suatu karya seni rupa, seni rupa bisa kita bedakan menjadi seni rupa murni dan seni rupa terapan.

 

Seni rupa terapan adalah jenis karya seni rupa yang pada proses pembuatannya lebih mementingkan nilai guna atau nilai fungsional dari karya seni rupa tersebut ketimbang nilai estetika atau keindahannya. Meskipun tetap terdapat nilai keindahan pada karya seni rupa terapan, nilai keindahan tersebut tidak menjadi prioritas dalam pembuatannya. Maka dari itu, suatu karya seni rupa terapan akan bisa kita gunakan dalam kehidupan kita, seperti tas rotan yang bisa kita gunakan untuk membawa barang.

 

Kesimpulan

Seni rupa adalah salah satu bentuk dari seni visual yang karya seninya terbentuk dari penyusunan unsur seni rupa yang mengikuti pedoman yang ada pada prinsip seni rupa sehingga bisa tercipta satu kesatuan yang indah dan harmonis. Karya seni yang lebih mementingkan nilai seni rupa terapan adalah nilai guna atau nilai fungsional.

BACA JUGA  Penyebaran Hoax Melalui Media Massa Online, Bagaimana Cara Menghadapinya?
error: Content is protected !!