Menurut fungsinya jaringan permanen digolongkan sebagai berikut kecuali

Soal

menurut fungsinya, jaringan permanen digolongkan sebagai berikut,kecuali ..

a. parenkim

b.pengangkut

c.epidermis

d.penyongkong

e.promeristem

 

Jawaban

Menurut fungsinya, jaringan permanen digolongkan sebagai berikut, kecuali promeristem (E). Promeristem merupakan jaringan meristem yang telah ada ketika tumbuhan masih dalam tingkat embrio. Jaringan meristem merupakan jaringan muda yang aktif membelah.

 

Pembahasan

Jaringan tumbuhan dibagi menjadi 2 yaitu:

  • Jaringan muda
  • Jaringan dewasa

A. Jaringan muda

Jaringan muda contohnya adalah jaringan meristem. Jaringan muda sel-selnya aktif membelah. Fungsinya untuk  pertumbuhan primer (memanjang) dan sekunder (melebar).

B. Jaringan dewasa (permanen)

Jaringan permanen merupakan jaringan yang berasal dari pembelahan sel-sel meristem primer maupun sekunder, yang telah berdiferensiasi atau mengalami perubahan bentuk sesuai dengan fungsinya. Jaringan permanen sifatnya tidak dapat membelah, tidak tumbuh, dan tidak dapat berkembang kembali.

Contoh jaringan dewasa yaitu:

1. Jaringan Epidermis

Jaringan epidermis adalah jaringan yang terletak diluar organ tumbuhan. Fungsi jaringan epidermis adalah sebagai pelindung organ tumbuhan.

 

2. Jaringan Parenkim

Jaringan parenkim merupakan jaringan dasar yang ditemukan pada hampir semua organ tumbuhan. Jaringan parenkim terbentuk dari sel-sel hidup dengan struktur atau bentuk yang bervariasi.

 

3. Jaringan Penyokong

Jaringan penyokong merupakan jaringan yang berfungsi memberikan kekuatan bagi tumbuhan. Sel-sel penyokong kuat, tebal, dan telah mengalami spesialisasi. Selain untuk memperkuat, jaringan ini juga berfungsi sebagai pelindung biji dan berkas vaskuler. Jaringan ini terdiri atas jaringan kolenkim dan jaringan sklerenkim.

 

4. Jaringan Pengangkut

Jaringan pengangkut merupakan jaringan yang berfungsi mengangkut zat-zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Jaringan pengangkut juga disebut berkas vaskuler (berkas vaskuler). Terdiri dari dua jaringan yaitu xylem (pembuluh kayu) dan floem (pembuluh kulit kayu).

BACA JUGA  Tuliskan langkah-langkah dalam membuat patung dari tanah liat​
error: Content is protected !!