Kumpulan Contoh Pidato Tentang Sumpah Pemuda

5 Contoh Pidato Tentang Sumpah Pemuda Serta Tujuan Mulia Didalamnya

Dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, biasanya banyak momentum yang digelar. Salah satu yang pasti tidak akan ketinggalan adalah pidato tentang Sumpah Pemuda.

Pidato Sumpah Pemuda dapat dikerucutkan lagi dengan mengangkat tema-tema tertentu. Sebagai contoh tema “Bersatu, Bangkat, dan Tumbuh” yang pernah diangkat dalam pidato yang dibawakan pada saat memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2021. Tema tersebut bisa dipilih dan di gunakan khusus untuk menegaskan kembali komitmen yang sudah dibangun oleh para pemuda yang terucap dalam ikrar Sumpah Pemuda tahun 1928 silam. Cita-cita besar bangsa ini bisa terwujud selama masih persatuan.

Contoh tema yang diangkat tersebut juga mampu menggambarkan semangat persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia. Di tengah pandemi waktu itu, tema tersebut juga dapat menjadi semangat partisipasi kaum muda untuk bangkit dan bertumbuh, membantu mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan mengobarkan semangat pemuda.

Dari contoh tersebut makna yang crucial tersimpan dalam pidato tentang Sumpah Pemuda. Yakni serangkaian kata yang tidak sebatas diorasikan di depan banyak orang. Akan tetapi, rangkaian kata penuh pesan perjuangan dan suntikan semangat khususnya bagi pemuda-pemuda Indonesia. Karena pemuda adalah tonggak utama kemajuan bangsa.

Tujuan Pidato Sumpah Pemuda

Menilik makna pidato Sumpah Pemuda, maka pidato yang diorasikan tidak lain bertujuan untuk mengingatkan masyarakat Indonesia khususnya para pemuda bahwa kemajuan dan eksistensi Indonesia bergantung pada semangat persatuan yang dulu diserukan oleh kalangan pemuda.

Pemuda-pemuda Indonesia di masa lalu memiliki semangat juang yang gigih. Hingga pada akhirnya mereka sampai pada satu pemahaman yang dirangkum dalam ikrar Sumpah Pemuda. Karenanya ikrar ini pun biasanya turut dibawakan dalam pidato untuk membangkitkan kembali semangat juang para pemuda Indonesia di masa lalu.

Adapun para pemuda milenial sekarang harus memahami dan menyadari bermacam tantangan global. Sejauh apapun bangku pendidikan dianyam sampai negeri orang tapi rasa cinta dan bangga akan negeri sendiri harus tetap tertanam. Satu tanah air Indonesia, satu bangsa Indonesia, dan satu bahasa Indonesia. Itulah yang senantiasa ditekankan dalam pidato tentang Sumpah Pemuda.

Contoh Pidato Tentang Sumpah Pemuda

Buat anda yang sedang mencari bahan sebagai refrensi dalam menyusun naskah pidato tentang sumpah pemuda ini, berikut kami berikan beberapa contoh yang bisa digunakan baik itu di lingkungan sekolah ataupun instansi yang mengadakan serangkaian acara untuk memperingatinya

1. Pidato Sumpah Pemuda Singkat (Untuk Siswa Sekolah)

Assalamualaikum Wr.Wb

  1. Bapak Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah yang kami hormati
  2. Bapak/ Ibu Wali Kelas, Guru, dan semua Ciitas akademik yang kami hormati
  3. Dan Teman-teman semua yang saya cintai.

Pertama-tama, kita panjatkan Puji dan Puja kepada Allah SWT, Tuhan yang maha pengasih dan penyayang, dimana atas berkat dan rahmatnya telah memberikan Kemerdekaan kepada kita semua, dan mempertemukan kita semua di Aula ini.

Kemajuan Teknologi Informasi semakin hari kian meningkat pesat, semua informasi mudah diakses, semakin cepat, dan semakin efisien. Banyak keuntungan yang kita dapat, banyak juga kerugian yang kita rasakan.

Pengembangan jejaring sosial yang membuat kecanduan banyak siswa juga semakin berkembang, semakin banyak jejaring baru yang mewarnai dunia anak-anak di luar sekolah, juga semakin murah gawai dengan berbagai merk yang menjadi incaran para siswa.

Bapak/ Ibu dan teman-teman sekalian.

Pada hari ini, tanggal 28 Oktober, yang mana bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda. Pada tangga ini, tahun 1928, satu ikrar dan janji tercipta, dengan semangat dan keyakinan yang tinggi, untuk melawan juga merelakan nyawa demi kemerdekaan Indonesia.

Para pemuda pada zaman itu bermimpi dan berharap, agar kelak nanti, anak cucunya tidak hidup di bawah penjajah, dibawah tekanan, sehingga bisa menjadikan Negara Kesatuan Republik Indonesia maju dan berdaulat.

Maka dari itu, mulai sekarang, berjanjilah!

Bahwa kita sebagai generasi muda Indonesia, siap untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Atur waktu antara bermain dan belajar, ubah penggunaan gawai untuk main-main menjadi sarana belajar, agar lebih efisien dan efektif.

Teman! Kita Merdeka bukan atas belaskasihan, tetapi dari jutaan jiwa pahlawan yang sudah gugur, demi melihat kita bahagia hari ini.

Ingat! Jangan sampai kelak, kita malah dijajah kembali akbat kebodohan anak mudanya zaman sekarang. Merdeka!

Kiranya hanya ini yang dapat saya sampaikan, kurang atau lebihnya mohon dimaafkan.

Wabillahi Taufiq Wal Hidayah, Wassalamualaikum Wr.Wb.

2. Pidato Semangat Sumpah Pemuda

Hadirin yang saya hormati, pada kesempatan berbahagia ini saya akan membawakan pidato tentang pemuda sebagai generasi kunci masa depan Indonesia.

Tahukah saudara-saudara, mau tidak mau kita sebagai pemuda generasi sekarang adalah pelopor kesuksesan NKRI. Sama seperti para pemuda dan pemudi pada zaman pra kemerdekaan. Mereka adalah generasi penentu Indonesia pada zaman mereka.

Kenapa bisa saya berkata demikian? Ini dibuktikan dari perjuangan mereka untuk menciptakan sumpah pemuda. Mereka berjanji bahwa kita bertanah air satu, bertumpah darah satu, dan berbahasa satu, Indonesia. Selanjutnya janji mereka diperjuangkan lagi dengan cara mendesak para pemimpin negara untuk memproklamasikan kemerdekaan.

Bahkan mereka menculik Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok hanya untuk mendesak mereka.

Tanpa aksi pemuda-pemudi tersebut, para golongan tua hanya menunggu janji kemerdekaan dari Jepang, yang mungkin belum diketahui pasti apakah akan diberikan atau tidak.

Lalu beberapa puluh tahun berikutnya, para pemuda era 90-an melancarkan aksinya melawan pemerintahan otoriter Soeharto. Era reformasi dan negara demokrasi lahir berkat para pemuda.

Dari dua contoh itu, bisa dibayangkan betapa kuatnya pengaruh pemuda bagi bangsa. Kita tidak bisa diam, asyik dengan gawai kita, dan malas-malasan untuk berkegiatan. Kitalah yang menentukan nantinya Indonesia akan seperti apa. Kitalah masa depan Indonesia. Sekian pidato saya, terima kasih.

BACA JUGA  Mengapa Nilai Pancasila Harus Diimplementasikan Dalam Kehidupan Sehari Hari

3. Pidato Sumpah Pemuda (Untuk Mahasisiwa)

Salam sejahtera dan selamat pagi semuanya.

Salam mahasiswa!

Alhamdulillah hari ini kita masih diberi kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa sehingga bisa berkumpul di acara yang baik ini. Selamat pagi! salam semangat untuk mahasiswa dan mahasiswi harapan bangsa. Teman-teman hari ini kita memperingati hari sumpah pemuda yang semoga bisa menambah semangat dan motivasi kita semua. Saya juga akan menyampaikan beberapa hal mengenai sumpah pemuda dalam pidato ini.

Teman-teman yang saya banggakan,

Dahulu para pemuda dan pemudi menggencarkan proklamasi untuk segera di proses, hingga terjadinya insiden Rengasdengklok. Dahulu para mahasiswa yang memiliki jiwa muda menginisiasi kongres pemuda. Hari ini adalah bagian kita semua yang termasuk pemuda harapan bangsa, mahasiswa, untuk melakukan perubahan besar.

Teman-teman yang saya banggakan,

Mahasiswa merupakan agent of Change yang memiliki tanggung jawab besar terhadap perubahan bangsa. Di mana mahasiswa mampu melakukan gerakan yang bisa ditegakkan, direbut, bahkan dimainkan. Indonesia tidak akan mengalami perubahan yang baik tanpa adanya kontribusi dari mahasiswa.

Namun saat ini pergerakan mahasiswa sudah mengalami banyak perubahan. Dimana gerakan mahasiswa harus di revolusi yang sesuai dengan zaman, teknologi, serta budaya masa kini. Serta mental yang dimiliki mahasiswa juga harus direvolusi agar tidak selalu terjebak dalam kejayaan yang lama.

Dahulu, para pemuda Indonesia menjadi pejuang menggunakan senjata untuk melawan para penjajah negara kita. Sekarang  sudah saatnya kita melanjutkan perjuangan mereka dengan menjaga kemerdekaan ini serta mengangkat derajat negara Indonesia dimata dunia, melalui karya, prestasi, dan lainnya.

Teman-teman yang saya banggakan,

Saat ini kita sudah memasuki zaman modern, namun kita juga tidak boleh melupakan makna perjuangan yang dituangkan dalam isi teks 3 sumpah pemuda. Oleh sebab itu, marilah kita sama-sama bersatu untuk melanjutkan perjuangan dengan baik untuk negara. Mulai saat ini tanamkan rasa persatuan untuk mencapai tujuan yang sama. Karena kalau bukan kita, siapa lagi?

Saya akhiri pidato yang saya sampaikan di hari sumpah pemuda ini. Semoga pidato saya memberikan pesan semangat untuk kita semua dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Semoga kita bisa sama-sama membangun negara Indonesia. Mohon maaf apabila saya salah dalam berkata. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Contoh Pidato Makna Sumpah Pemuda

Hadirin sekalian, semboyan “kami putra-putri, mengaku bertumpah darah satu, berbangsa satu, dan menjunjung bahasa persatuan, Indonesia” sebenarnya dapat diartikan menjadi banyak hal.

Mungkin banyak yang akan meremehkan “ah, cuma kalimat-kalimat omong kosong saja”. Tapi saudara-saudara sekalian, kalimat-kalimat tersebut dirumuskan dalam sebuah kongres. Mati-matian mereka membuat dan mewujudkan sumpah mereka demi kemerdekaan Indonesia.

Secarik kertas berisi tulisan tersebut berhasil memotivasi ribuan bahkan jutaan pemuda Indonesia. Tidak peduli dari latar belakang pekerjaan, suku, agama, dan ras, mereka bertekad bulat untuk menjadikan Indonesia merdeka.

Setelah kemerdekaan, ia juga berfungsi sebagai pengingat bahwa kita akan terus bersatu apapun yang terjadi. Sampai titik darah penghabisan. Pengingat bahwa kita sebagai generasi penerus harus membuat Indonesia bangga. Melawan mereka baik pemerintah ataupun kelompok-kelompok yang tidak adil.

Kita punya suara untuk melawan dan tidak bisa tinggal diam melihat kesengsaraan yang masih tersisa di bumi pertiwi. Oleh karena itu, jangan pernah melupakan sumpah pemuda-pemudi leluhur kita. Sekian pidato dari saya, atas waktunya saya ucapkan terima kasih.

5. Pidato Bahasa Inggris Tentang Sumpah Pemuda

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Good morning.

The honorable Mr Governor

The honorable Mr vice Governor

The honorable Mr Mayor

The honorable chief of Dispora

and all beloved audience.

First of all, let us express our gratitude to Allah Subhanahu wa Ta’ala for his blessing in our life so that we can gather around in this place to commemorate one of important events in the history of our country, Youth Pledge.

Second of all, let’s give our biggest appreciation to all people who have devoted their time and energy for the past few days in the preparation of this event so that it runs perfectly as we experience today.

My name is Rudi Hasnan. I’m the representative of Local Youth Community. This morning, I would like to deliver my speech about “The Meaning of Youth Pledge for me”.

Ladies and Gentleman,

28th October has always been an important moment for me and for all young generations in Indonesia. In this day, we are reminded that our predecessor back in the day took part in achieving the independence of our country. We are reminded that with all limitations that a young man such as myself has, youth can also contribute to something great, something important, something meaningful. We are reminded that no matter how green and inexperience we all are, our actions matters.

I remember our beloved founding father figuratively said that with a thousand elders we will be able to pull mount Semeru off of its place and with ten youth we will be able to rock the world. This statement illustrates just how big the role of youth to the world and how much potential that we have as young generations of this country.

My fellow youngsters, now that we have been reminded about our great potential to do good for ourselves and our country, I think it is time for us to wake up. I know we all have been dreaming of betterment in our life, I know that we all have been dreaming of a greater nation. We should not let it stay a dream! We should not wait for it to happen! Get up! Get up and join me now! Get up and let’s build this nation with our hands! You must stand with me, because the only way for us to achieve it is if we work together, as one, as the young spirit of this beloved country.

BACA JUGA  Akibat Runtuhnya VOC Bagi Pemerintah Belanda Adalah

Ladies and Gentleman,

Youth is not about age and it certainly is not about wrinkles on your skin or even grey hair on your head. Youth is about spirit. A spirit that is underlying our lifestyle, our way of thinking and most importantly it is about the spirit that is underlying our every action. The youth spirit is all about passion, a hunger of advancement in life, a dynamic desire of a life-fulfilling experience, a constant willingness to achieve the level of content in something meaningful for self. So I need you to ask yourself now, if you are one of the things that I just mentioned just now, then you are one of us, then you are the youth of Indonesia and it gives you a duty to stand with me and fight for the glory of this nation, for the glory of INDONESIA. Merdeka! Merdeka!

Thank you for your attention,

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itulah beberapa pilihan contoh teks pidato tentang sumpah pemuda sebagai bahan panduan anda dalam menyusun naskah pidato yang akan dibawakan dan silahkan di gunakan sebagaimana mestinya. Perlu diperhatikan bahwa poin poin penting dalam penyusunan naskah pidat ini harus mengikuti unsur-unsur yang tepat guna apayang di sampaikan dapat mengena ke audience

Kata Kunci : https://www ranalino id/3206/5-contoh-pidato-tentang-sumpah-pemuda-serta-tujuan-mulia-didalamnya html
error: Content is protected !!