Nilai Semangat Kh Wahid Hasjim

Nilai Semangat Kh Wahid Hasjim

Soal

Sebutkan 3 nilai semangat k.h.wahid hasjim

Pembahasan

K. H. Wahid Hasyim, selain merupakan sosok seorang ayah bagi Presiden R.I ke – 4 Abdurrahman Wahid, ia juga merupakan sosok pahlawan nasional bagi bangsa Indonesia.

Beberapa nilai semangat beliau yang patut kita contoh bagi kita para penerus bangsa diantaranya :

a.    Aktif berorganisasi di organisasi positif terutama dalam bidang keagamaan.

b.    Bersikap patriotisme dan nasionalisme, terbukti dari beliau yang dianugerahi sebagai pahlawan nasional.

c.    Giat belajar dimanapun tempatnya, hal ini dibuktikan walaupun dia tidak bersekolah di sekolah pemerintahan kolonial, ia sudah mampu mengenal huruf latin dan menguasai bahasa inggris, serta memperdalam ilmu agama pada umur 18 tahun di Mekah.

d.    Senantiasa bersikap rendah hati didepan orangtua, dibuktikan dari keseharian beliau menggunakan bahasa jawa halus kepada orangtuanya.

e.    Menjadi pribadi yang jujur, cerdas, amanah, serta dapat dipercaya, hal ini dibuktikan bahwa beliau dipercayai menjadi anggota BPUPKI, menjadi ketua Masyumi, serta ditunjuk sebagai ketua PBNU.

 

Kesimpulan

K. H. Wahid Hasyim, selain merupakan sosok seorang ayah bagi Presiden R.I ke – 4 Abdurrahman Wahid, Beberapa nilai semangat beliau yang patut kita contoh yaitu ktif berorganisasi di organisasi positif, Bersikap patriotisme dan nasionalisme, Giat belajar dimanapun tempatnya, Senantiasa bersikap rendah hati didepan orangtua, dan Menjadi pribadi yang jujur, cerdas, amanah, serta dapat dipercaya.

BACA JUGA  Dipandang dari penyaluran aspirasi rakyat demokrasi terbagi atas
error: Content is protected !!