Mengapa Nilai Pancasila Harus Diimplementasikan Dalam Kehidupan Sehari Hari

Mengapa Nilai Pancasila Harus Diimplementasikan Dalam Kehidupan Sehari Hari

Soal

Mengapa Nilai Pancasila Harus Diimplementasikan Dalam Kehidupan Sehari Hari

Pembahasan

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dikenal dua implementasi pancasila yakni implementasi nilai pancasila dalam ketatanegaraan dan implementasi nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

 

Meski demikian, Implementasi nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari dipandang lebih penting dari implementasi nilai pancasila dalam ketatanegaraan karena syarat berhasilnya implementasi pancasila dalam ketatanegaraan adalah pada saat pancasila telah teraktualisasi dalam kehidupan sehari hari.

 

Nilai Pancasila wajib diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari karena nilai nilai dalam pancasila mencakup semua aspek aspek kehidupan dalam bermasyarakat mulai dari nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan serta nilai keadilan.

 

Implementasi nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah penting karena jika pancasila sudah ada dalam pikiran dan sanubari rakyat maka akan terbentuk kepribadian pancasila yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lainnya di dunia. Pancasila secara ideal memang adalah identitas bangsa Indonesia.

Pancasila secara etimologi diambil dari bahasa Sansekerta Panca dan Sila. Panca artinya dasar dan Sila artinya lima. Pancasila secara terminologi merupakan rumusan yang dijadikan pedoman untuk masyarakat Indonesia dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pancasila memiliki 3 jenis nilai yaitu nilai dasar, nilai instrumental dan nilai praksis.

  1. Nilai dasar Pancasila merupakan inti yang tertera pada Pancasila itu sendiri, dimana nilai dasar ini harus dijadikan sumber dari segala sumber hukum yang ada.
  2. Nilai Instrumental merupakan penjabaran dari nilai inti Pancasila yang biasanya berbentuk norma apabila dalam konteks kehidupan bermasyarakat dan koridor hukum atau aturan perundang-undangan apabila dalam konteks kehidupan bernegara.
  3. Nilai praksis merupakan aktualisasi dari nilai-nilai dasar dan nilai-nilai instrumental yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai bidang mulai dari ekonomi, politik, sosial budaya, dan hukum.Sikap praksis merupakan pengamalan dari nilai-nilai dasar dan nilai-nilai instrumental Pancasila yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai bidang mulai dari ekonomi, politik, sosial budaya, dan hukum dan dalam berbagai lingkungan mulai dari lingkungan kelurga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara.
BACA JUGA  Bagaimana cara mengatasi penebangan liar
error: Content is protected !!