Kumpulan Teks Pidato Singkat Tentang Kebersihan

Kumpulan Teks Pidato Singkat Tentang Kebersihan

Sedikit Penjelasan Mengenai Pidato Singkat Tentang Kebersihan – Pada suatu acara penting atau acara besar pastinya ada pidato, apalagi acara tersebut memang sebagai pendapat atau gambaran untuk mengajak banyak orang melakukan suatu hal positif, seperti pidato singkat tentang kebersihan.

Apa Yang Harus Disiapkan Untuk Pidato Tentang Kebersihan?

Ketika Anda akan melakukan pidato pada acara penting, apalagi mengenai kebersihan, di mana masyarakat diajak untuk lebih peduli mengenai lingkungan dan diri sendiri. Di sini yang harus disiapkan adalah :

  • Untuk hal pertama yang Anda siapkan tentu menentukan isi dari pidato yang nantinya akan Anda sampaikan kepada khalayak umum.
  • Bahasa yang digunakan pastikan menggunakan bahasa yang halus dan mudah dimengerti atau dipahami.
  • Menyiapkan diri sebaik mungkin agar tidak grogi ketika pidato.

Berpidato tentang kebersihan merupakan bagian dari salah satu kategori pembahasan yang paling sering disampaikan, apalagi jika untuk lingkungan sekolah atau masyarakat, kebersihan bisa menjadi faktor yang paling penting untuk dilakukan. Untuk berpidato pastikan Anda menyampaikan dengan cara yang baik dan benar agar gagasan yang disampaikan saat berpidato dapat tersampaikan dengan baik kepada
publik yang mendengarnya.

Tujuan Pidato Singkat Tentang Kebersihan

Dalam melakukan pidato memang tidak perlu panjang lebar karena tidak semua orang dapat menerimanya dengan cepat, sehingga Anda cukup melakukan pidato singkat saja, apalagi pidato singkat tentang kebersihan, di mana bertujuan agar orang- orang atau masyarakat peduli terhadap kebersihan lingkungannya dan demo kebaikan diri mereka sendiri.

Pada dasarnya, kesadaran masyarakat terhadap kebersihan dalam lingkungan hidup yang bersih dan dapat menciptakan rasa kenyamanan, serta kesehatan masih sangat minim, sehingga untuk dapat menjaga kebersihan dengan baik, bisa dimulai dari diri sendiri.

Itulah kenapa banyak orang mengambil tema tentang lingkungan dan sekitarnya, di mana berhubungan dengan kebersihan, apalagi selama pandemi tersebut banyak sekali pidato singkat tentang kebersihan yang dibawakan dalam beberapa acara penting yang dilakukan untuk menanggulangi virus, salah satu caranya dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan diri sendiri.

Contoh Pidato Singkat Tentang Kebersihan

Ada beberapa tema yang dapat disampaikan dalam berpidato tentang kebersihan yang mudah dihafal juga akan mempermudah pendengar atau audiens dalam menginterpretasi sekaligus mengimplementasikan pesan yang ingin diutarakan.

Berikut di bawah ini adalah kumpulan contoh naskah pidato singkat tentang kebersihan yang bisa anda gunakan sebagai refrensi:

1. Pidato Tentang Kebersihan dan Dalilnya

Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji dan syukur mari kita panjatkan ke hadirat Allah SWT. yang telah memberi nikmat kepada kita semua, sehingga kita masih bisa berkumpul di tempat yang insyaallah dalam lindungan-Nya ini.

Sholawat beserta salam semoga tercurah limpahkan kepada jungjunan Nabi besar kita yakni Nabi Muhammad SAW.

Hadirin yang saya hormati

Pada kesempatan kali ini, saya akan berpidato mengenai kebersihan. Allah SWT sendiri mencintai orang yang bersih beserta membersihkan segala sesuatu yang ada pada dirinya sendiri. Maka marilah mulai menjaga kebersihan demi terciptanya keselamatan dan kebaikan untuk diri kita ataupun orang lain.

Dalam hadis diterangkan:

النَّظَافَةُ مِنَ اْلإِيْمَان

Yang artinya “kebersihan itu sebagian dari iman.”

Menjaga kebersihan tentunya dimulai dari diri kita sendiri. Jika kita selalu menjaga kebersihan tentu banyak orang yang melihat dan meniru, mulai dari anak-anak kita, orang-orang terdekat kita, dan lain-lain.

Oleh karena itu mari ajarkan kepada anak-anak kita tentang betapa pentingnya menjaga kebersihan sedari dini.

Hadirin yang saya hormati

Tidak hanya menjaga kebersihan diri sendiri, kebersihan lingkungan juga harus diperhatikan, pentingnya menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman untuk ditempati.

Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal terkecil, contoh paling sederhananya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya.

Membuang sampah pada tempatnya memang terlihat seperti contoh yang sederhana, tetapi dalam pelaksanaannya menjadi hal yang tersulit. Kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan menjadi hal yang sulit untuk dilakukan.

Oleh karena itu kita sebagai generasi muda penting untuk memberikan perubahan kepada masyarakat luas tentang betapa pentingnya menjaga kebersihan terutama kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Hadirin yang saya hormati

Sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada perkataan yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

2. Pidato Tentang Kebersihan Kelas

Assalamualaikum Wr Wb

Yang terhormat Ibu Budi, M.Pd selaku guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII

yang saya cintai teman-teman semuanya

Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta hidayahnya, sehingga kita semua dapat berkumpul di tempat ini dengan keadaan sehat wal afiat.

Hadirin yang berbahagia

Menjaga kebersihan lingkungan sudah menjadi hal yang wajib dilakukan terlebih untuk para siswa seperti kita semua. Mulai dari hal yang sepele, tidak membuang sampah di laci meja, tidak mencoret-coret meja/dinding, dan masih banyak lagi.

Kebersihan sendiri sebagian dari iman, kita sebagai umat islam harusnya selalu menjaga kebersihan. Dengan terciptanya lingkungan kelas yang bersih maka kegiatan belajar dan mengajar pun akan berjalan dengan lancar. Tidak hanya lancar saja, kita pun akan dijauhkan dari berbagai macam penyakit.

Coba saja apabila kita membuang sampah sembarangan di kelas dan sebagainya, dapat dipastikan kita mudah terjangkit penyakit. Dikarenakan di kelas lah kita melakukan kegiatan sehari-hari dari hari senin sampai sabtu. Oleh karena itu sekali lagi, marilah kita menjaga kebersihan kelas.

Hadirin yang terhomat

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, apabila ada kesalahan yang saya lakukan entah itu sengaja ataupun tidak sengaja. Sekali lagi saya memohon maaf sebesar-besarnya, sekian dari saya.

Wassalamualaikum Wr Wb

3. Pidato Kebersihan sebagian dari Iman Bahasa Jawa

Assalamualaikum Wr. Wb.

Dhumateng Bapak Kepala Sekolah ingkang kulo hormati
Dhumateng Bapak lan Ibu guru ingkang ugi kulo hormati
Lan dhumateng rencang sedaya ingkang kulo tresnani

Hadirin ingkang tansah kulo hormati

Monggo kita sesarengan ngunjukake puja lan puji syukur marang Gusti ingkang murbeng dhumadi inggih punika Allah SWT.

Amargi sampun maringi berkah, rahmat lan karunia dhumateng kita sedaya. Sahengga kita sedaya tansah pinaringan selamet wilujeng mbonten kirang satunggal menopo lan saged makempal wonten ing wekdal puniko sesarengan kanti sehat wal afiat.

Kaping kalihipun monggo sareng-sareng kita ngaturaken sholawat serta salam dhumateng junjungan kita Nabi Muhammad SAW ingkang tansah kita antu-antu syafaat wonten ing ndonyo lan mbenjang wonten ing akhirat.

Hadirin ingkang kulo muliaaken

Kebersihan puniko sebagian saking iman, mulo puniko kita sedaya perlu njagi kebersihan, ketertiban, supados sedaya tansah ketingal indah lan asri.

Sahenggo saged damel ayem tentrem wonten ing manah. Kita sedaya ugi kedah sadar lingkungan, amargi lingkungan punika panggenan kangge kita sedaya nggantungaken urip.

Kita sedaya kedah njagi lingkungan sak sae-saenipun supados bumi ngasilaken keuntungan kangge kita sanes kerugian utawi bencana kangge kita.

Hadirin ingkang kulo tresnani

Salah sasawijining cara lingkungan mboten maringi bencanan kangge kita inggih punika njagi kebersihan lingkungan.

Tegesipun kebersihan lingkungan ingkang salerese inggih punika lingkungan kang layak kangge dipanggoni manungsa lan kesehatan manungsa saged terjaga.

Amarginipun punika, kita sedaya kedah njagi kebersihan lingkungan supados nyiptakaken urip ingkang aman lan sejahtera

Hadirin ingkang kulo hormati

Njagi kebersihan lingkungan punika cara kang becik kangge nyegah penyakit-penyakit ingkang ngintai ing musim udan kados sak punika. Njagi kebersihan lingkungan saged diwiwiti saking ngresiki sekolah ingkang kita tresnani, SMP Negeri …………….

Menawi sekolah kita resik tiang sanes mboten sungkan kangge nyontoh kabiasaan becik kita sedaya. Dampak positif njagi kebersihan sekolah inggih punika kagiatan belajar mengajar dados nyaman amargi lingkunganipun resik.

Intinipun kita sedaya kedah njagi kebersihan lingkungan supados lingkungan kita katingal indah lan kesehatan kita terjaga.

Cekap sementen ingkang saged kula aturaken, mbok bilih wonten klenta-klentunipun kulo nyuwun pangampunten.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

4. Pidato Kebersihan Lingkungan Bahasa Inggris

Good morning, my dear students,

First, let us thank God for all the blessings we have received so far. Especially for the health blessing so that we can all still come together in this epidemic situation.

To all my students,

As we know, the rainy season has now begun. Every year, our school area is prone to flooding. It is not uncommon for our school to be flooded at least once every year.

Our schools have been attempting to coordinate with the government to prevent flooding. We have tried all ways. The result is there, but we can only minimize it, not eliminate it.

Therefore, I apologize on behalf of all the school staff. And I ask all my students here, let us keep each other’s school environment clean.

Cleanliness is a part of faith. That is a saying we always hold dear. We should also put that belief into practice in our beloved schools. You need to keep the restroom clean, throw trash where it belongs, and keep class recesses organized.

Besides faith, keeping clean is essential for our health. Keeping a clean environment reduces the chances of bacteria and viruses attacking us.

5. Pidato Bahasa Arab Singkat Tentang Kebersihan

Menjaga kebersihan adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh semua orang. Sayangnya, tidak banyak yang paham akan hal itu sehingga topik ini sangat penting untuk diangkat. Berikut contoh pidato dalam bahasa Arabnya:

حِفْظُ النَّظَافَةِ مُهِمٌّ جِدًّا

BACA JUGA  Di bawah ini yang tidak termasuk sebagai perwakilan diplomatik yaitu

الْحَمْدُ لِلَّهِ وَالشُّكْرُ لِلَّهِ وَ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللَّهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ

أَيُّهَا الْحَضِرُوْنَ وَالْحَاضِرَاتُ ……….

حِفْظُ النَّظَافَةِ لَهُ مَكَانَةٌ عَظِيْمَةٌ فِيْ الإِسْلَامِ. يُوْجَدُ كَثِيْرٌ مِنَ الْآيَاتِ وَ الْأَحَادِيْثِ يُشِيْرُ إِلَى حِفْظِ النَّظَافةِ، مِنْهَا:

وَ ثِيَابَكَ فَطَهِّرْ (الْمُدَّثِّرْ: 4)

إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيْنَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِيْنَ (الْبَقَرَة: 222)

الطَّهُوْرُ شَطْرُ الْإِيْمَانِ (رواه مسلم)

النَّظَافَةُ مِنَ الْإِيْمَانِ (رواه الترمذي) (حديث ضعيف)

تَدُلُّ الْآيَاتُ وَ الْأَحَادِيْثُ عَلَى أَنَّ دِيْنَ الْإِسْلَامِ يَهْتَمُّ بِالنَّظَافَةِ. يُؤَكِّدُ كُلَّ الْأَدِلَّةِ الْمَذْكُوْرَةِ أَنَّ فِيْ الْفِقْهِ بَابٌ خَاصٌ يُبَيِّنُ النَّظّافَةَ كَيْفِيَّتَهَا وَحُكْمَهَا، وَ غَيْرَ ذَلِكَ. بَلِ الْإِسْلَامُ يُوْجِبُ أُمَّتَهُ الطَّهَارَةَ عِنْدَمَا يُقِيْمُ عِدَّةَ الْعِبَادَةِ.

أَيُّهَا الْحَضِرُوْنَ وَالْحَاضِرَاتُ ……….

بَعْدَمَا سَمِعْنَا مَا قاَلَهُ الْمُحَاضِرُقَدْ عَلِمْنَا الْآيَاتُ وَ الْأَحَادِيْثُ عَنِ النَّظَافَةِ. يَجِبُ عَلَيْنَا أنْ نُطَبِّقَ مَا نَعْلَمُ. وَلِهَذَا هَيَّا بِنَا نَهْتَمُّ بِهَذِهِ الْقَضِيَّةِ، سَوَاءً كَانَتِ النَّظَافَةُ الْبَدَنِيَّةُ أَمْ النَّظَافَةُ الْبِيْئَةُ. النَّظَافَةُ الْبَدَنِيَّةُ تَشْمُلُ  الْإِسْتِحْمَامَ لِحِفْظِ نَظَافَةِ أعْضَاءِ الْجِسْمِ، وَ الْوُضُوْءَ، و غَسْلَ الْأَسْنَانِ، وَ حَلْقَ الشَّعْرِ، وَقَطْعَ الْأَظْفَارِ، وَ غَيْرَ ذَلِكَ.

لَا يَكْفِي بِمُجَرَّدِ حِفْظِ نَظَافةِ الْبَدَنِ، بَلْ يَجِبُ عَلَيْنَا أَنْ نَحْفَظَ نَظَافَةَ الْبِيْئَةِ. مَثَلًا رَمْيُ الْزُّبَالَةِ فِيْ الْمزْبلَةِ. لَا يَجُوْزُ لَنَا أَنْ نَرْمِيَ الزُّبَالَةَ فِيْ النَّهْرِ، لأَنَّ ذَلِكَ يَسُدُّ سَيَلَانَ الْمَاءِ وَ يُسَبِّبُ الْفَوْضَى

هَذَا الَّذِيْ أَسْتَطِيْعُ أَنْ أُقَدِّمَ لَكُمْ، شُكْرًا علَى حُسْنِ اِهْتِمَامِكُمْ وَالسَّلَامُ علَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ.

Segala puji dan syukur milik Allah Ta’ala dan semoga sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya.

Hadirin dan hadirat

Menjaga kebersihan memiliki kedudukan yang sangat tinggi dalam Islam yang mana sudah banyak hadits atau ayat yang memberikan isyarat kepada umat islam agar senantiasa menjaga kebersihan. Contohnya adalah surat Al Muddatstsir ayat 4 dan Al Baqarah ayat 222.

Begitupun dengan beberapa hadits yang diriwayatkan oleh Ath Thirmidzin baik dhoif maupun lemah. Berdasarkan ayat atau hadits di atas menunjukkan bahwa agama Islam adalah agama yang sangat memperhatikan perihak kebersihan.

Semua dalil yang disebutkan di atas sudah diperkuat dengan adanya bab khusus yang membahas tentang kesucian dalam ilmu fiqih. Baik itu bagaimana hukum, tata cara bersuci dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bahkan dalam agama Islam juga mensyaratkan para pemeluknya untuk bersuci sebelum melakukan ibadah tertentu.

Para hadirin dan hadirat

Setelah mendengar apa yang sudah disampaikan tadi, kita mengetahui apa saja dalil atau ayat yang membahas tentang kebersihan sehingga senantiasa dituntut untuk mengamalkannya. Oleh sebab itu, mulai dari sekarang perhatikan dengan benar masalah kebersihan ini baik diri maupun lingkungan.

Kebersihan tersebut mencakup mandi, membersihkan semua anggota badan, memotong rambut, menggosok gigi, memotong kuku, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak hanya kebersihan diri sendiri saja tetapi juga lingkungan sekitar.

Contohnya adalah membuang sampah pada tempatnya, jangan sampai di sungai karena nantinya akan menyebabkan banjir.

Demikian yang bisa disampaikan atas perhatiannya diucapkan banyak terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Akhir Kata

error: Content is protected !!