Sebutkan 3 hikmah beriman kepada qadha dan qadar allah ?

Sebutkan 3 Hikmah Beriman Kepada Qadha dan Qadar Allah

Bagi seluruh umat Islam, jelas bahwa mereka mengetahui dan memahami bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup adalah takdir Tuhan Yang Maha Esa. Apakah itu hidup atau lahir, makanan yang kita terima sampai kematian datang. Tidak hanya itu, segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan manusia merupakan gangguan terhadap takdir yang Tuhan cari.

Berikut adalah hikmah beriman kepada Qada dan Qadar:

  1. Menjadi pribadi yang senantiasa ridha dan tawakkal terhadap semua ketetapan Allah SWT, sehingga apapun yang terjadi keimanannya selalu terjaga
  2. Menjadi pribadi yang senantiasa berpikiran positif dan optimis
  3. Menjadi pribadi yang pandai bersabar dan bersyukur dalam kondisi apapun, suka atau duka

Pembahasan

Beriman kepada Qada dan Qadar adalah kewajiban bagi semua umat muslim. Beriman kepada Qada dan Qadar ini adalah salah satu pilar keimanan di dalam Rukun Islam. Beriman kepada Qada dan Qadar artinya adalah meyakini dan mempercayai di dalam hati, lisan dan perbuatan bahwa semua yang terjadi dalam hidup adalah ketetapan Allah SWT.

Dengan beriman kepada Qada dan Qadar, seseorang akan memiliki sifat mental yang lebih tawakkal, ridha, optimis, tidak mudah berputus asa serta selalu berpikiran positif. Kebaikan atau keburukan yang ia alami selalu dikembalikan kepada kehendak Allah SWT sehingga hatinya menjadi tentram menerima segala takdir tersebut.

Antara qada dan qadar adalah dua hal yang berbeda, begitu juga dengan pengertian qada dan qadar. Untuk itu, Anda perlu memahami makna dari dua istilah ini dengan baik. Selain itu, perlu diketahui pula manfaat keutamaan yang akan didapatkan dengan beriman kepada qada dan qadar.

 

Kesimpulan

Beriman kepada Qada dan Qadar adalah kewajiban bagi semua umat muslim. Dengan beriman kepada Qada dan Qadar, seseorang akan memiliki sifat mental yang lebih tawakkal, ridha, optimis, tidak mudah berputus asa serta selalu berpikiran positif. Hikmah beriman kepada Qada dan Qadar adalah, Mmenjadi pribadi yang senantiasa ridha dan tawakkal, menjadi pribadi yang senantiasa berpikiran positif dan optimis dan menjadi pribadi yang pandai bersabar dan bersyukur dalam kondisi apapun, suka atau duka.

BACA JUGA  Ringkasan perjuangan pangeran diponegoro
error: Content is protected !!