Kumpulan Ceramah Maulid Nabi Muhammad SAW Pilihan Terbaik

Kumpulan Ceramah Maulid Nabi Muhammad SAW Pilihan Terbaik

Umat Islam di seluruh dunia memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW tercinta di bulan Rabiul Awal (bulan ketiga dalam kalender Islam) setiap tahun. Di indonesia sendiri, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 2022 jatuh pada tanggal 9 Oktober 2022, namun biasanya perayaan hari kelahiran Baginda Nabi di lakukan berbeda-beda waktunya pada setiap daerah baik itu perayaan di instansi perkantoran sekolah, ataupun masjid di setiap desa yang ada

Dalam Memperingati hari kelahiran Nabi, biasanya kita akan mendengarkan ceramah atau pidato yang dibawakan oleh pemuka agama di masjid ataupun oleh siswa yang dipilih di sekolah. Jenis ceramahnya pun beragam, mulai dari ceramah yang penuh khidmat sampai ceramah yang diselipkan cerita lucu agar para pendengar tidak merasa bosan dan menjadi semangat

Disini ranalino.id akan membagikan beberapa contoh ceramah Maulid Nabi Muhammad yang bisa anda gunakan sebagai refrensi guna melengkapi bahan ceramah yang akan anda bawakan baik itu ceramah yang dilengkapi dalil ataupun hanya teks ceramahnya saja

Ceramah Tentang Maulid Nabi Muhammad

1. Contoh Ceramah Maulid Nabi Di Sekolah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah beserta jajarannya, Bapak Ibu Guru, dan Bapak/Ibu Wali Kelas. Tidak lupa seluruh kakak kelas, teman-teman, dan adik kelas terkasih.

Mari panjatkan puji syukur terlebih dahulu kepada Allah Swt. karena atas berkat dan kebaikan-Nya, kita semua masih dapat bertemu hari ini. Khususnya dalam acara spesial yaitu memperingati Maulid Nabi Muhammad saw.

Selawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw. beserta para keluarga, rekan, juga sahabat-sahabatnya. Nabi Muhammad adalah penuntun seluruh umat muslim dari zaman kegelapan menuju terang.

Bapak Ibu Guru sekalian beserta teman-teman, dalam rangka memperingati maulid Nabi ini, izinkan saya untuk menyampaikan sepatah dua patah kata.

Saya ingin menyampaikan mengenai sosok manusia mulia sealam dunia ini.

Tentunya setiap umat muslim mengetahui bahwa Nabi Muhammad mendapatkan julukan Al-Amin, artinya “yang dapat dipercaya”. Sebuah gelar mulia untuk menunjukkan diakuinya kejujuran beliau oleh masyarakat saat itu.

Jujur merupakan nilai yang harus dijunjung oleh seluruh masyarakat. Kejujuran dimulai dari kesadaran diri sendiri dan harus dilatih sejak dini. Misalnya di lingkup sekolah, siswa maupun guru harus menerapkan kejujuran. Tidak mencotek ketika ulangan, tidak berbohong kepada guru, ataupun curang saat bermain dengan teman-teman.

Mungkin terkadang saat menghadapi situasi sulit bisa membuat kita susah mengatakan hal jujur. Namun, perlu diingat sebagaimana diakui oleh Nabi Muhammad saw., perilaku terpuji dan jujur harus tetap dijalankan.

Beliau tidak mengajarkan kebohongan atau menyembunyikan sesuatu demi kepentingan tertentu. Sebagaimana disampaikan dalam surat Al-Ahzab ayat 21.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah saw., yaitu suri teladan bagimu, (yaitu) bagi orang yang mengharap rahmat Allah Swt., dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”.

Tentunya mendapatkan gelar Al-Amin menjadi sanjungan tersendiri bagi seorang muslim. Amalan kejujuran Nabi Muhammad merupakan satu di antara dari akhlak mulia lainnya yang harus kita tiru, semoga kita semua mampu mengamalkannya.

Demikian dapat saya sampaikan pada peringatan Maulid Nabi Muhammad saw., hari ini. Semoga dapat bermanfaat dan seluruh umat muslim di sekolah ini dapat mengamalkan akhlak kejujuran seperti pesan Nabi Muhammad saw.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarokatuh.***

2. Contoh Pidato Maulid Nabi SAW Singkat dan Lucu

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh,

Hadirin yang dirahmati oleh Allah, dalam kesempatan ini marilah kita panjatkan puji syukur atas limpahan berkah Allah SWT karena pada hari dan bulan yang mulia ini Allah SWT masih memberikan nikmat dan kesehatan kepada kita sehingga kita bisa hadir pada acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.

Sholawat dan salam mari kita panjat kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga Rasulullah SAW senantiasa ditempatkan di sisi Allah sebagai umat yang memperoleh derajat paling tinggi di akhirat. Aamiin.

Dalam salah satu firman di Al-Qur’an, menjelaskan bahwa Rasulullah SAW adalah contoh yang baik baik bagi umat manusia yang artinya sebagai berikut:

“ Sesungguhnya pada diri Rasulullah ada teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap Allah dan hari akhir serta banyak berdzikir kepada Allah.” (QS. Al-Ahzab: 21)

Hadirin yang dirahmati Allah. Rasulullah SAW dilahirkan ke dunia ini tidak hanya mengubah keyakinan bangsa Arab yang saat itu menyembah berhala, tapi Rasulullah SAW juga untuk mengubah berbagai hal agar sesuai tuntunan Islam.

Rasulullah begitu gigih untuk memperjuangkan perubahan tatanan sosial, hukum dan budaya untuk kesejahteraan dan keadilan bagi semua umat Islam.

Meskipun begitu, Rasulullah selalu mengedepankan keluruhuran tatakrama dalam perjuangan dakwahnya. Sehingga Islam tersebar ke seluruh penjuru dunia dalam waktu yang relatif singkat dan mudah diterima orang.

Ini contoh nabi dalam bidang dakwah bahwa sebagai pendakwah kita harus berjuang untuk mengubah pola kehidupan masyarakat yang tidak sesuai dengan ajaran Islam dan budi pekerti yang luhur sehingga dakwah kita akan mudah diterima oleh masyarakat.

Selain itu, dalam kehidupan keluarga, Nabi Muhammad juga layak menjadi contoh bagi umatnya. Sikap Rasulullah yang amat sangat menyayangi dan menghormati istri-istrinya. Walaupun Rasulullah sebagai kepala negara tapi Nabi tidak pernah malu membantu pekerjaan istrinya dirumah. Bahkan Rasulullah SAW tidak ingin merepotkan orang lain, apa yang bisa dilakukannya sendiri Rasulullah lakukan sendiri.

BACA JUGA  Tuliskan sigat ijab dan qabul secara lengkap

Dalam bidang perniagaan juga perlu kita mencontoh bagaimana Rasulullah SAW berbisnis, Rasulullah SAW memulai perniagaan sejak umur 9 tahun.

Dalam berbisnis Rasulullah sangat jujur, bahkan beliau mendapatkan Al-Amin (yang dapat dipercaya) karena kejujurannya. Sikap dan sifat jujur Rasulullah SAW membuat Siti Khadijah jatuh cinta kepadanya dan mempersuntingnya menjadi Ummul Mu’minin. Masih banyak hal lainnya yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya.

Maka dari itu dalam momen Maulid Nabi 2022 ini, marilah kita terus mencontoh sikap dan sifat Rasulullah SAW sebagai pedoman hidup di dunia.

Dengan begitu, semoga Allah SWT merahmati kita, melindungi umatnya, dan mengampuni setiap dosa-dosa yang dilakukan manusia.

Terima kasih atas perhatian dan kehadiran Anda semua.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

3. Ceramah Nabi Muhammad Sebagai Tauldan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil alamin wabihi nasta’in wa ala umuridunya wadin, Asyhadualla Ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan nikmat berlimpah kepada kita.

Sehingga kita dapat diberi kesehatan, nikmat iman dan nikmat ihsan, bisa bertemu ditempat ini tanpa ada halangan satu apapun.

Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, dan semoga kita mendapatkan syafaatnya kelak, aamiin.

Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang memiliki akhlak terpuji hingga banyak hal-hal dari beliau yang harus kita contoh.

Bhakan dalah sebuah hadis melalui Aisyah radhiallahu anha, bahwa akhlak Rasulullah SAW adalah Alquran, dan beliau Nabi Muhammad adalah suri tauladan yang sempurna bagi umat manusia.

Allah SWT bahkan memuji Nabi Muhammad SAW adalah salah satu surah Al Quran. Seperti pada surah Al Ahzab ayat 21, Allah berfirman:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan Dia banyak menyebut Allah.” (QS Al Ahzab: 21)

Kemuliaan akhlak Nabi Muhammad SAW bahkan diakui oleh kalangan kaum non-muslim yang turut memuji perangai beliau. Sampai-sampai beliau digelari Al Amin karena kejujurannya.

Perilaku akhlak menjadi simpul ketaatan dan keimanan yang bisa memperbaiki dan mengubah moralitas masyarakat.

Sebagai bentuk revolusi moral, akhlak yang dicontohkan Nabi Muhammad mesti ditempatkan sebagai tindakan nyata pada pergaulan global yang penuh tantangan.

Aspek kebaikan, kejujuran, kesalehan, dan keadilan bagi semua kalangan yang diajarkan beliau, perlu ditanamkan pada setiap tindakan individu.

Banyak cara untuk bisa meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW di Maulid Nabi ini seperti banyak beribadah, hingga bersholawat kepada beliau.

Sebagaimana baginda Muhammad SAW bersabda: “Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’.” (HR Ahmad).

Dengan meningkatkan keimanan dengan meneladani Nabi Muhammad SAW dan terus menjalankan sunnah-sunnah beliau juga jadi salah satu cara untuk meneladani Rasulullah SAW di Maulid Nabi ini.

Demikian ceramah singkat tentang Maulid Nabi yang bisa saya sampaikan, semoga Allah SWT menjadikan kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW hingga hari akhir. Aamiin.

4. Ceramah Maulid Nabi di Pesantren

Hadirin yang berbahagia.

Alhamdulillah wasyukurillah, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt. Karena atas kuasanya kita bisa berkumpul, bertatap muka/bermuajahah ditempat ini.

Shalawat beserta salam senantiasa terlimpahkan pada suritauladan umat manusia, yang membawa  jaman jahiliyyah ke era penuh cahaya. Tiada lain; yakni habibana, wanabiyyana, Muhammad Sallalahu Alaihi Wasalam

Tak lupa pada keluarganya, shabatnya, dan para pengikut beliau. Mudah2an kita dicatat sebagai umatnya. Amin ya rabbal alamin..

Hadirin yang berbahagia,

Dalam kesempatan ini, saya, Reisha Rahmatun Nissa, kelas V SDN 1 Cikalongsari, perwakilan Kabupaten Karawang, insyaAllah akan menyampaikan uraian ceramah tentang Hikmah Muharram dan Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW, yang saya bingkis dalam paket hikmah berjudul 5M.

Apa itu 5M?

M yang pertama adalah mencontoh.

1. Mencontoh

Maksudnya adalah meneladani akhlak rasul dalam semua aspek kehidupan, sebagaimana firman Allah dalam surat Al-ahzab ayat 21.

“sesungguhnya telah ada pada diri rasulullah suri tauladan yang baik”.

M yang kedua yaitu mengubah

2. Mengubah

Perubahan seperti apakah yang dimaksud? Selaras dengan nilai-nilai bulan muharram, perubahan yang dimaksud adalah Berhijrah dari prilaku yg negative menjadi positif.

  • Berhijrah dari yang tadinya malas belajar menjadi rajin,
  • Dari yang tidak pernah shalat menjadi shalat,
  • Dan berhijrah dari jarang membaca quran jadi rutin

Hadirin yg berbahagia,

M yang ketiga, hikmah dari muharram dan mauled nabi Muhammad SAW adalah membiasakan.

3. Membiasakan

karena amalan yg  rutin walau sedikit, lebih disukai oleh Allah daripada amalan banyak yang sekaligus tapi jarang dilakukan.

Contohnya adalah adalah Puasa as-syura,

apa itu puasa Assyura? teman, tau tidak..?

Bu guru.. apa sih puasa assyura?

Puasa assyura adalah berpuasa pada tanggal 10 bulan Muharram. Hadist riwat muslim menyebutkan:

”Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Muharram.”

4. Membaca Al-Qur’an dan hadits,

Dua wasiat dari rasul, atau bahasa kerennya: S.O.P. (Standar Operational Prosedur) yang berlaku di segala zaman, sebagai pedoman kita agar selamat di dunia dan akhirat.

BACA JUGA  Pengertian perkembang biakan vegetatif buatan​

5. Melantunkan shalawat pada Baginda Rasul,

Bagaimana caranya? hadirin baca shalawat bareng yu,

“shalatullah salamullah, ala thaha rasulillah

shalaatullah salamullah

ala yaasin habibillah”

Hadirin walhadirat Rahimakumullah,

Sebagai kesimpulan, dengan hikmah mauled nabi dan bulan Muharram ini mudah-mudahan kita bisa mengaplikasikan 5 M tadi dalam kehidupan sehari-hari.

  1. M yang pertama yaitu Mencontoh,
  2. M yang kedua Mengubah,
  3. M yang ketiga adalah Membiasakan,
  4. M yang keempat Membaca,
  5. Dan M yang terkhir yaitu Melantunkan Shalawat kepada baginda Rasul Muhammad SAW.

Alhamdulillah kita disini dapat menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, namun ternyata itu saja tidak cukup, sebab

terselenggaranya acara :  ibarat awan.

meriahnya suasana : laksana hujan.

pelanginya adalah : mutiara hikmah dan perubahan.

Sekian dari saya, Kurang dan lebihnya mohon dimaafkan.

Wabillahi taufik walhidayah, wassalamualaikum wr.wb.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa contoh teks ceramah atau pidato tentang Maulid Nabi Muhammad SAW singkat yang bisa anda pakai dan gunakan sebagai pelengkap untuk  bahan ceramah yang telah anda susun sendiri. Semoga bermanfaat!

error: Content is protected !!