Sebutkan dan jelaskan 3 cara perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan serta berikan contoh tumbuhannya ​

Sebutkan dan jelaskan 3 cara perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan serta berikan contoh tumbuhannya..

 

3 cara perkembangbiakan vegetatif buatan pada tumbuhan : ​

  1. Cangkok, merupakan perkembangbiakan vegetatif atau buatan dengan cara mengupas ranting batang pohon yang sudah besar hingga terlihat kambiumnya, setelah itu bagian yang sudah dikupas hingga kelihatan kambiumnya dilapisi dengan tanah dan humus kemudian dilapisi plastik dan diikat hingga tumbuh akar. Tujuan mencangkok adalah untuk menghasilkan tanaman baru yang serupa agar bisa tumbuh dan berbuah dengan cepat. Contoh tumbuhan yang dapat di cangkok adalah mangga.
  2. Stek batang, merupakan perkembangbiakan vegetatif atau buatan dengan cara memotong batang tanaman yang sudah tumbuh besar atau dewasa kemudian batangnya ditanam kembali hingga menghasilkan tanaman baru, biasanya pada tanaman singkong dan tebu.
  3. Merunduk, merupakan perkembangbiakan vegetatif atau buatan dengan cara membengkokkan ranting tanaman ketanah, lalu ditimbun dengan tanah, kemudian seluruh batang dikubur hingga menyisakan sedikit ujuang batang agar muncul dipermukaan tanah. Merunduk biasanya dilakukan pada tanaman yang memiliki batang lentur dan menjulur dekat tanah misalnya; apel, anggur.

Pembahasan

Perkembangbiakan vegetatif atau buatan merupakan perkembangbiakan yang dilakukan tanpa adanya proses perkawinan atau pertemuan antara benang sari dan putik pada tumbuhan. Perkembangbiakan ini biasanya dilakukan oleh manusia yang menginginkan tanaman cepat tumbuh besar dan berbuah. Namun selain mempunyai kelebihan cepat tumbuh besar dan berbuah, perkembangbiakan vegetatif juga memiliki kelemahan.

Berikut kelemahan perkembangbiakan vegetatif atau buatan :

  1. Tanaman cepat berubah.
  2. Lebih mudah tumbang.
  3. Pohon yang tumbuh tidak terlalu tinggi.

Detail jawaban:

Kelas: IV

Mapel: IPA Biologi

Bab: 2

Kode: 4.4.2

BACA JUGA  Mampu melahirkan berbagai tanggapan merupakan fungsi pameran sebagai
error: Content is protected !!