Jelaskan tahap mengaransemen lagu populer kedalam bentuk vokal grup

Tahap-tahap mengaransemen lagu populer kedalam bentuk vokal grup :

  • Mencari melodi utama
  • Mencari akor atau harmoni
  • Memecah suara
  • Memberi nada untuk setiap suara
  • Improvisasi lagu

 

Nah, untuk penjelasan lebih lanjut tentang tahap-tahap mengaransemen lagu populer kedalam bentuk vokal grup,¬†Skuy kita simak penjelesannya! ūüėÄ

_________________

PEMBAHASAN

Okey, sebelumnya apakah kakak sudah mengetahui apa itu vokal grup? Nah, vokal grup adalah bentuk penyajian musik atau vokal yang lebih ekspresif dibandingkan paduan suara. Nah berikut penjelasan singkat dari setiap tahap tahap mengaransemen lagu kedalam bentuk vokal grup :

 

a. Mencari melodi utama

Pertama-tama untuk mengaransemen lagu kedalam bentuk vokal grup, kita harus mencari melodi utama atau melodi pokok dari lagu yang kita pilih untuk diaransemen.

b. Mencari akor atau harmoni

Nah, yang kedua kita diminta untuk mencari akor. Untuk menemukan akor, kita dapat memakai alat musik seperti piano dan gitar.

c. Memecah suara

Jika memecah suara, kita wajib mengetahui minimal sedikit tentang akor. Memecah suara dilakukan agar penyajian musik oleh vokal grup lebih indah dan bervariasi.

d. Memberi nada untuk setiap suara

Maksudnya adalah, setiap satu suara diberi nada yang berbeda beda. Sama seperti memecah suara, memberi nada untuk setiap suara membuat penyajian musik menjadi inovatif dan terdengar indah.

e. Improvisasi lagu

Terakhir nih kak ūüėÄ Nah improvisasi ini adalah tahapan terakhir atau tahapan tambahan dalam mengaransemen lagu, dimana kita diminta untuk menambahkan beberapa tambahan yang bagus untuk lagu yang diaransemen, seperti tambahan struktur utama lagu (coda, interlude, dsb)

 

SEMOGA MEMBANTU YAWW KAK ūüėÄ

SEMANGAT BELAJAR….

_________________

Pelajari Lebih Lanjut :

 

DETAIL JAWABAN

Mapel : SBK

Kelas : 9 SMP

Materi : Bab 4 -Lagu Populer dalam Sajian Vokal Grup-

Kata kunci : Vokal grup, aransemen lagu, lagu populer

Kode Soal : 19

Kode Kategorisasi : 9.19.4

BACA JUGA  Shalat sunnah yang dapat dilaksanakan secara munfarid atau berjamaah adalah
error: Content is protected !!