Jelaskan tahap mengaransemen lagu populer kedalam bentuk vokal grup

Tahap-tahap mengaransemen lagu populer kedalam bentuk vokal grup :

  • Mencari melodi utama
  • Mencari akor atau harmoni
  • Memecah suara
  • Memberi nada untuk setiap suara
  • Improvisasi lagu

 

Nah, untuk penjelasan lebih lanjut tentang tahap-tahap mengaransemen lagu populer kedalam bentuk vokal grup, Skuy kita simak penjelesannya! 😀

_________________

PEMBAHASAN

Okey, sebelumnya apakah kakak sudah mengetahui apa itu vokal grup? Nah, vokal grup adalah bentuk penyajian musik atau vokal yang lebih ekspresif dibandingkan paduan suara. Nah berikut penjelasan singkat dari setiap tahap tahap mengaransemen lagu kedalam bentuk vokal grup :

 

a. Mencari melodi utama

Pertama-tama untuk mengaransemen lagu kedalam bentuk vokal grup, kita harus mencari melodi utama atau melodi pokok dari lagu yang kita pilih untuk diaransemen.

b. Mencari akor atau harmoni

Nah, yang kedua kita diminta untuk mencari akor. Untuk menemukan akor, kita dapat memakai alat musik seperti piano dan gitar.

c. Memecah suara

Jika memecah suara, kita wajib mengetahui minimal sedikit tentang akor. Memecah suara dilakukan agar penyajian musik oleh vokal grup lebih indah dan bervariasi.

d. Memberi nada untuk setiap suara

Maksudnya adalah, setiap satu suara diberi nada yang berbeda beda. Sama seperti memecah suara, memberi nada untuk setiap suara membuat penyajian musik menjadi inovatif dan terdengar indah.

BACA JUGA  Bagaimana perbedaan pemanfaatan pendapatan yang dilakukan rtk dan rtp

e. Improvisasi lagu

Terakhir nih kak 😀 Nah improvisasi ini adalah tahapan terakhir atau tahapan tambahan dalam mengaransemen lagu, dimana kita diminta untuk menambahkan beberapa tambahan yang bagus untuk lagu yang diaransemen, seperti tambahan struktur utama lagu (coda, interlude, dsb)

 

SEMOGA MEMBANTU YAWW KAK 😀

SEMANGAT BELAJAR….

_________________

Pelajari Lebih Lanjut :

 

DETAIL JAWABAN

Mapel : SBK

Kelas : 9 SMP

Materi : Bab 4 -Lagu Populer dalam Sajian Vokal Grup-

Kata kunci : Vokal grup, aransemen lagu, lagu populer

Kode Soal : 19

Kode Kategorisasi : 9.19.4