Pengertian globalisasi adalah?

Penjelasan Soal

Diketahui :

Globalisasi

Ditanya :

Jelaskan pengertian globalisasi!

Jawab :

Globalisasi diambil dari bahasa Inggris yaitu global atau universal yang memiliki arti luas dan liztion yang berarti proses. Jadi dapat diartikan bahwa globalisasi adalah proses yang tidak memiliki batasan baik itu secara wilayah maupun pemikiran. Globalisasi adalah sebuah pertumbuhan yang berlangsung cepat, proses ini disebabkan karena adanya ketergantungan berbagai negara pada perdagangan maupun keuangan.

 

Perspektif adalah cara berpikir atau cara pandang seseorang tentang suatu objek. Perspektif global merupakan suatu cara pandang dan cara berpikir terhadap suatu masalah, kegiatan atau kejadian dari sudut pandang kepentingan global yaitu dari sisi kepentingan internasional. Oleh karena itu, perbuatan dan sikap seseorang juga diarahkan untuk kepentingan global. Dengan kata lain, perspektif global dapat diartikan sebagai suatu pandangan yang timbul akibat suatu kesadaran bahwa hidup ini adalah untuk kepentingan global yang lebih luas. Seseorang harus memiliki cara berpikir yang global dan juga dalam bertindak secara lokal (think globally and act locally).

 

Dimensi Perspektif Global

Masalah kehidupan sehari-hari seperti masalah pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, kemiskinan, pengangguran dan sebagainya berdampak pada masalah global. Dalam kaitannya dengan budaya dalam era globalisasi, Makagiansar (Mimbar 1990) mengajukan empat dimensi global yaitu :

  • Afirmasi dari dimensi budaya dalam proses pembangunan masyarakat dan bangsa. Jika tidak diilhami oleh kebudayaan bangsanya maka, pembangunan akan terasa hampa.nilai budaya pada suatu negara lah yang menjadi landasan bagi pembangunan negara serta merupakan alat seleksi dari pengaruh luar yang sudah tidak terkendali.
  • Setiap kelompok manusia berhak diakui identitas budayanya dan mengembangkannya.
  • Partisipasi, pastisipasi dari masyarakat sangat diperlukan dalam pengembangan suatu bangsa dan negara.
  • Memajukan kerja sama antarbudaya dengan maksud agar ada saling mengilhami, mengisi sehingga adanya peningkatan dan kemauan antar budaya bangsa.

Sementara itu, Hanvey (1976) dalam bukunya yang sangat terkenal “An Attainable Global Perspective” menyebutkan 5 dimensi dari perspektif global sebagai berikut.

  • Perspective consciousness Ada berbagai macam pendapat yang berbeda-beda di dunia ini maka harus adanya kesadaran dan penghargaan..
  • State of planet awareness Adanya pengertian yang mendalam terhadap peristiwa-peristiwa dan isu-isu global.
  • Cross-cultural awareness dalam membuat karateristik budaya yang ada di dunia maka harus adanya kesepakatan yang bisa diterima secara umum, bahwa sekalipun ada perbedaan-perbedaan dalam budaya namun ada banyak juga kesamaan yang dimiliki.
  • Systemic awareness Mengetahui akan system-sistem yang ada di alam, sehingga kompleksnya system internasional mulai dikenal. Dimana actor-aktor negara dan non-negara saling mempengaruhi dalam berbagai macam isu yang terjadi di dunia ini.
  • Options for participation Mengetahui strategi-strategi yang tepat sehingga mampu berpartisipasi dengan baik dalam menghadapi isu-isu yang terjadi di tingkat lokal, nasional hingga internasional.
BACA JUGA  Bagaimana Cara Menampilkan Rasa Percaya Diri Saat Mendeklamasikan Puisi
Jawaban Akhir & Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa globalisasi adalah proses yang tidak memiliki batasan baik itu secara wilayah maupun pemikiran. Globalisasi adalah sebuah pertumbuhan yang berlangsung cepat, proses ini disebabkan karena adanya ketergantungan berbagai negara pada perdagangan maupun keuangan.

error: Content is protected !!