Menurut saudara, manakah yang mempunyai keunggulan komparatif yang lebih besar dalam produksi bahan makanan, Jawa atau Luar Jawa ? Mengapa ? Jelaskan !

Menurut saudara, manakah yang mempunyai keunggulan komparatif yang lebih besar dalam produksi bahan makanan, Jawa atau Luar Jawa ? Mengapa ? Jelaskan !

Yang mempunyai keunggulan komparatif dalam produksi bahan makanan adalah pulau jawa karena pulau jawa mempunyai banyak sumber produksi, bahan baku serta jalur distribusi, regulasi pemerintah, semua bisa dicapai dengan mudah oleh industri-industri yang berada di pulau jawa. sedangkan luar pulau jawa masih banyak kendala terutama dalam distribusi hasil produksi, baik distribusi lokal yang membutuhkan waktu yang cukup lama, ditambah lagi dengan permasalahan transportasi yang membutuhkan biaya tambahan, maupun permasalahan jalur ekspor yang akhirnya akan sangat berpengaruh pada harga produk.

Teori keunggulan komparatif (theory of comparative advantage) merupakan teori yang dikemukakan oleh David Ricardo. Menurutnya, perdagangan internasional terjadi bila ada perbedaan keunggulan komparatif antarnegara. Ia berpendapat bahwa keunggulan komparatif akan tercapai jika suatu negara mampu memproduksi barang dan jasa lebih banyak dengan biaya yang lebih murah daripada negara lainnya.

Jadi berdasarkan pengertian dari keunggulan komparatif diatas, hasil industri dengan harga barang dan jasa yang lebih murah adalah yang utama. dan pulau jawa memiliki sumber bahan baku, teknologi dan jalur distribusi yang sangat baik dibandingkan dengan daerah lain, untuk itu pulau jawa memiliki keunggulan komparatif dalam memproduksi bahan makanan dibandingkan dengan daerah lain di luar pulau jawa.

Kode soal : 9.10.7

Kelas : IX (3 SMP)

Mata pelajaran : IPS

Kategori ; Perdagangan Internasional

Kata Kunci : Negara, keunggulan Komparatif

BACA JUGA  Ceritakan secara singkat perlawanan rakyat maluku terhadap dominasi portugis
error: Content is protected !!