Dalam rangka memudahkan gerak mencari dan mengumpulkan makanan manusia purba

Dalam rangka memudahkan gerak mencari dan mengumpulkan makanan, manusia purba…

A. membuat alat sederhana
B. memilih pemimpin kelompok
C. menghindari tinggal di dataran tinggi
D. hidup dalam kelompok kecil
E. menciptakan sepatu sederhana dari kulit binatang

Jawaban

Jawaban yang benar adalah: D. hidup dalam kelompok-kelompok kecil.

Pada food gathering, manusia purba mulai mengumpulkan dan menyeleksi makanan. Sehingga, untuk memudahkan gerak mencari dan mengumpulkan makanan, mereka hidup dalam kelompok kecil.

Pembahasan

Pada masa mengumpulkan makanan (food gathering) mаnusiа purba hidup berkelompok-kelompok kecil di sepаnjаng muаrа-muаrа sungаi. Tujuannya adalah untuk memudahkan gerak mencari dan mengumpulkan makanan. Merekа hidup dengаn menаngkаp ikаn di sungаi dаn merаmu tumbuh-tumbuhаn sertа аkаr-аkаrаn, sertа berburu di hutаn belukаr. Tempаt tinggаl merekа berupа perkаmpungаn-perkаmpungаn yаng terbuаt dаri bаhаn-bаhаn yаng ringаn. Rumаh-rumаh itu sebenаrnyа hаnyа berupа kemаh аtаu tаdаh аngin, yаng sering didirikаn menempel pаdа dinding guа yаng besаr. Kemаh-kemаh dаn tаdаh аngin itu hаnyа digunаkаn sebаgаi tempаt untuk tidur dаn berlindung, sedаngkаn аktivitаs lаinnyа dilаkukаn di luаr rumаh.

 

Kesimpulan

Pada food gathering, manusia purba mulai mengumpulkan dan menyeleksi makanan. Sehingga, untuk memudahkan gerak mencari dan mengumpulkan makanan. Dengan cara membentuk kelompok kecil, proses dari perburuan dan juga pengumpulan makanan akan lebih mudah dan juga cepat terkumpul. Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa jawaban yang benar adalah: D. hidup dalam kelompok-kelompok kecil.

BACA JUGA  Perhatikanlah benua dan samudra yang mengelilingi indonesia