Empat Metode Pidato: Impromptu, Ekstemporan, Manuskrip, dan Memoriter

Empat Metode Pidato: Impromptu, Ekstemporan, Manuskrip, dan Memoriter

Ada empat metode pidato yakni metode impromptu, ekstemporan, manuskrip, dan memoriter. Setiap metode mengandung kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Di ranalino.id, hal-hal yang berhubungan dengan public speaking, termasuk pidato, dibahas dalam satu menu khusus.

Empat Metode Pidato: Impromptu, Ekstemporan, Manuskrip, dan Memoriter

Pernah menyaksikan orang terkejut ketika namanya dipanggil pembawa acara untuk menyampaikan pidato atau sambutan? Ada dua kemungkinan. Pertama, dia tidak dihubungi sebelumnya, kedua, dia pura-pura. Setelah berhasil mengatasi keterkejutannya, dia maju, mengambil alih pentas, menyampaikan pidato dengan sangat baik.

Apakah ada orang yang bisa seperti itu? Tentu saja ada. Bagaimana dia dapat melakukannya? Ada jam terbang yang banyak. Jam terbang banyak itulah yang membuat MC atau master of ceremony tidak ragu memanggilnya dan dia tidak melarikan diri dari kepercayaan itu. Dia mampu berpidato. Impromptu.

Betul. Impromptu adalah satu dari empat metode pidato. Selain impromptu, ada metode pidato ekstemporan, metode pidato manuskrip atau membaca naskah, dan metode pidato menghafal yang dikenal juga dengan istilah memoriter.

Setiap metode pidato tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Metode pidato memoriter tentu saja baik agar interaksi dengan audiens berjalan dalam bentuk eye contact, tetapi memerlukan kemampuan menghafal atau daya ingat yang baik. Tanpa itu, akan ada jeda selama proses pidato berlangsung. Bahkan bukan tidak mungkin akan berujung kekacauan, seperti tidak tersampaikannya pesan dengan baik.

Selain itu, tempat dan waktu penggunaan masing-masing metode pidato juga berbeda-beda. Pada acara resmi seperti upacara kenegaraan, tentu metode impromptu tidak bisa dipakai. Metode ekstemporan mungkin cocok digunakan pada kegiatan presentasi produk.

Artinya, siapa saja yang dalam pekerjaannya pasti melakukan kegiatan public speaking bernama pidato (speech), wajib memahami empat metode tersebut.

Empat Jenis dan Metode Pidato serta Penjelasannya

1. Pidato Impromptu.

Metode pidato impromptu membutuhkan banyak latihan yang kemudian membentuk ‘jam terbang’. Karena impromptu adalah pidato yang disampaikan tanpa persiapan sama sekali. Tanpa jam terbang yang cukup, tak ada seorang pun mampu melaksanakan metode ini.

Meski demikian, sesungguhnya Pidato impromptu adalah bentuk yang ‘sedikit lebih formal’ dari percakapan harian. Bukankah sebenarnya kita melaksanakan ratusan pidato impromptu setiap hari? Menyampaikan pendapat dalam diskusi, menasihati anak, memarahi kekasih yang tidak menepati janji, jika disampaikan dalam kalimat-kalimat panjang, adalah (sebut saja) cikal bakal pidato impromptu.

BACA JUGA  Belajar dengan rajin merupakan contoh kewajiban bagi seorang

Yang membedakannya adalah formal dan tidaknya situasi. Pada pidato, ada panggung dan podium. Juga ada pendengar dalam jumlah banyak. Pada situasi kekasih sedang ingkar janji, pendengarnya cuma satu. Dengan demikian, melakukan pidato impromptu sebagai kegiatan formal tentu tidak semudah menggerutui kekasih.

Karena itulah, jam terbang menjadi penting. Ini berhubungan dengan mengatasi rasa gugup saat berhadapan dengan audiens, memahami teknik menggunakan microphone atau pengeras suara, dan bahasa tubuh yang tepat. Di Ruteng, metode pidato impromptu ini biasa juga disebut pidato todong. Artinya, yang berpidato ditodong begitu saja pada sebuah acara. Mau tidak mau, harus naik panggung. Itu.

2. Pidato Ekstemporan.

Metode pidato ekstemporan biasanya dipakai oleh pembicara atau pelaku public speaking yang sudah ahli atau sudah sangat berpengalaman. Yang berpidato biasanya menggunakan metode ini untuk tujuan presentasi produk atau sosialisasi.

Lebih baik setingkat di atas Pidato impromptu dari segi waktu persiapan. Maksudnya, pada pidato dengan metode ekstemporan, pembicara memiliki kesempatan membuat outline atau kerangka pidato; poin-poin yang akan dibicarakan.

Keunggulan Pidato metode ekstemporan terletak pada tingkat interaksi yang baik antara pembicara dengan audiens Di saat yang sama materi pidato terjaga karena telah dibuatkan kerangka sebelumnya.

Dalam penerapannya, pelaku public speaking yang menggunakan metode pidato ekstemporan ini dituntut untuk displin. Outline atau kerangka berpikir yang telah dibuat sebelumnya harus dipatuhi. Jika tidak, maka pidato akan melebar dan cenderung panjang. Atau bahkan kehilangan isinya sama sekali. Kemampuan bridging atau membangun jembatan percakapan sangatlah diperlukan.

3. Pidato Manuskrip atau Membaca Naskah.

Bagi pelaku public speaking, metode pidato manuskrip atau membaca naskah (menggunakan teks) ini sungguh menyelamatkan. Yang diperlukan hanyalah pemahaman tentang intonasi, stressing pada kata atau kalimat tertentu, serta mengatur jeda.

Pidato Metode manuskrip atau membaca naskah ini biasanya dilakukan untuk menyampaikan pernyataan-pernyataan resmi. Pidato kenegaraan, pidato sambutan peringatan hari besar nasional, penyampaian laporan keuangan, dan hal-hal serupa, sebaiknya dilakukan dengan menggunakan teks. Dalam hal ini, teks disiapkan dengan baik, memikirkan peluang multiinterpretasi, dan menggunakan basis data yang baik.

BACA JUGA  Dns Biasa Digunakan Pada Aplikasi Yang Terhubung Ke

Jika tidak dilakukan sendiri (penyusunan teks) oleh orang/tokoh yang akan berpidato, penyusun teks atau naskah pidato wajib memikirkan kemampuan bernapas, kapasitas, dan hal-hal teknis lainnya. Dengan demikian, naskah pidato akan tersampaikan (dibaca) dengan baik sehingga tidak menimbulkan tafsir yang berbeda.

Pada cukup banyak situasi, pembaca naskah pidato (yang tidak disusunnya sendiri) mengalami kesulitan mengambil jeda, atau membuat stressing yang sesuai dengan maksud naskah. Untuk itu, jika metode ini ingin digunakan, maka pelaku public speaking harus memperoleh naskahnya sehari sebelum pidato tersebut dibacakan. Agar memiliki kesempatan melakukan latihan.

Metode Pidato ini akan berlangsung sangat baik jika naskah disusun sendiri. Tetapi pejabat publik seperti presiden, gubernur, bupati, pimpinan perusahaan, dan lain-lain biasanya tidak memiliki waktu menyusun naskah pidato. Karena itulah, naskah akan disusun oleh orang lain atau tim, dengan catatan, tim penyusunnya benar-benar mengenal karakter mereka; sampai pada kesesuaian antara diksi harian (yang biasa dipakai pada percakapan harian) dengan diksi dalam teks.

4. Pidato Memoriter

Ini metode pidato menghafal. Para peserta lomba pidato biasanya menggunakan metode Pidato memoriter atau menghafal ini. Prosesnya akan cukup panjang. Mulai dari melakukan riset, menulis naskah pidato, menghafalnya, dan menyampaikannya. Ingatan atau memori yang baik akan sangat menentukan keberhasilan penggunaan metode pidato ini.

Jika ingin menggunakan metode pidato ini, yang sangat dibutuhkan adalah konsentrasi. Pelaku public speaking yang ingin menggunakan metode ini sangat diharapkan untuk tidak mudah terdistraksi. Fokus menjadi kata kunci agar seluruh pesan tersampaikan dengan baik.

Pada beberapa kasus, ada pengguna pidato metode memoriter yang menjeda pidatonya sangat panjang karena lupa atau terdistraksi. Ini tentu sangat tidak diharapkan. Barangkali seperti kita yang hendak ‘menembak’ gebetan yang mendadak speechless atau kehilangan kata-kata karena dia tampil lebih cantik dan penuh pesona dari yang kita bayangkan. Akibatnya, kata-kata yang keluar hanya: Disana hujan terus, ya? Terus, tembaknya kapan? Kemampuan bridging sangat dibutuhkan pada situasi ini.

Beberapa hal yang juga perlu di perhatikan agar dapat tampil percaya diri ketika Berpidato sebaiknya kita menyiapkan dan Membuat kerangka pidato dengan baik ​ sehingga kita dapat jadikan acuan ketika menuliskan dan menyusunnya sebelum disampaikan kepada banyak orang

Kata Kunci : https://www ranalino id/656/empat-metode-pidato-impromptu-ekstemporan-manuskrip-dan-memoriter html, https://www ranalino id/656/empat-metode-pidato-impromptu-ekstemporan-manuskrip-dan-memoriter html#Empat_Metode_Pidato_Impromptu_Ekstemporan_Manuskrip_dan_Memoriter, https://www ranalino id/pendidikan/656/empat-metode-pidato-impromptu-ekstemporan-manuskrip-dan-memoriter html, methode pidhato yaiku, metode pidhato dalam jawa