Menjadi Blogger Tidak Akan Buat Seseorang Mendadak Keren Bagian Ketujuh

Pernah dengar tentang the magic of seven? Yup. Angka tujuh yang ajaib. Tujuh hari dalam sepekan, tujuh warna pelangi, tujuh notasi/skala dalam musik, dan di Ruteng orang-orang masuk kerja jam tujuh pagi. Ajaib bukan? Catatan bersambung Menjadi Blogger ini akhirnya tiba juga di angka ajaib itu.
menjadi blogger tidak akan buat seseorang mendadak keren bagian ketujuh
Misty Ruteng | Foto: Armin Bell

Menjadi Blogger Tidak Akan Buat Seseorang Mendadak Keren Bagian Ketujuh


Meski tiba di angka tujuh yang ajaib, sesungguhnya seri menjadi blogger yang ketujuh ini tidak benar-benar ajaib. Biasa saja. Tetap dengan pendirian bahwa menjadi bloger tidak akan buat seseorang mendadak keren.

Ya. Menjadi keren itu tidak bisa dadakan. Ada jalan yang panjang. Terutama bagi seorang bloger. Apalagi kalau blogger-nya tinggal di Ruteng. Jalan menuju keren terbentang semakin panjang karena masalah klasik seperti listrik, provider tunggal, pulsa paket yang mahal, dan dingin yang mengganggu lembur.

Tetapi bagaimanapun, ranalino.id akan terus berusaha menampilkan seri yang tidak penting-penting amat ini. Seri ini memang sepenuhnya ditujukan untuk usaha dokumentasi personal. Bahwa ternyata dokumentasi pribadi ini bermanfaat bagi banyak orang, percayalah, itu hanya akibat.
Karena saya pikir kita mesti bersepakat bahwa, gerak personal yang terjadi di ruang publik akan membawa akibat pada orang lain. Baik ataupun buruk.
Seperti ketika kau pakai parfum mahal dan calon mertuamu mendadak mampu bernapas lega. Atau kau tidak sengaja kentut di dalam travel ber-AC jurusan Ruteng - Labuan Bajo. #eh.

Atas dasar itulah, maka seri ketujuh ini juga akan berisi sari pengalaman tentang perjuangan menjadi blogger di Ruteng. Paling tidak, dalam empat atau lima seri menjadi blogger versi ranalino.id di waktu-waktu mendatang akan bernuansa sama.

Bagian ini saya beri judul kecil "Blog dan Kawan-kawannya" karena berisi beberapa kata dasar dalam blogging (baca: istilah dasar blogging yang wajib dipahami bloger pemula). Saya sendiri mengetahuinya dari berbagai bacaan yang saya cari ketika memutuskan untuk lebih serius mengelola blog. Ya! Blogger wajib memperkaya diri dengan terus membaca.

Blog dan Kawan-kawannya


Ada beberapa "kata dasar" yang harus dipahami oleh seorang calon bloger atau blogger pemula, yakni: blog, konten, konten blog, domain, hosting, SEO - SERP.

Apa itu Blog?
Blog adalah catatan harian atau jurnal pribadi di internet yang dapat diakses siapa saja. Jangan heran kalau ada blog yang isinya adalah curhat patah hati berulang, atau foto narsis keluarga, dan lain-lain yang sifatnya pribadi dan harian.

Meski demikian, karena hadir di ruang publik, seorang blogger diharapkan menyajikan wacana alternatif; sesuatu yang tidak disoroti oleh media massa kebanyakan. Blog ber-home base di Ruteng misalnya, wajib mengenalkan kepada dunia tentang kompiang Ruteng.

Bahwa topik tentang kompiang itu pernah dibahas di ranalino.id pada catatan 10 Plus Satu Hal yang Paling Diingat Tentang Ruteng, Blogger Ruteng lainnya memiliki kewajiban untuk menuliskannya kembali. Kelak, tentang ini akan dibahas di seri Menjadi Blogger selanjutnya. Tentang topik atau tema blog dan keyword atau kata kunci.

Apa itu Konten?
Konten adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Maka foto, cerita, tabel, grafik, gambar gerak dan lain-lain, yang untuk mengaksesnya membutuhkan gawai itu namanya konten.

Pacar jelas bukan konten. Tetapi foto pacar di galeri handphone itu konten. Harap perbedaan ini dimaklumi sungguh agar kita bisa menentukan perilaku yang tepat. Pada pacar dan pada foto pacar. Ada yang belum punya pacar? Bisa baca catatan berjudul Panduan Pedekate Terkini yang sudah diunggah di blog ini sebelumnya. Ada dua seri berisi sepuluh tips. Semoga beruntung. *rotfl

Apa itu Konten Blog? 
Informasi pribadi atau jurnal harian yang dimuat di blog. Apa itu blog? Lha, kan sudah ada di atas. Gimana sih?

Apa itu Domain?
Apakah dia adalah seorang pesulap? Oh. Itu Damian, Sodara-sodari. Domain adalah nama atau alamat yang dipakai untuk mengakses halaman situs (web). Ini adalah cara termudah mengakses internet dibandingkan dengan menggunakan IP address. Percayalah. Contoh domain: www.ranalino.id atau www.ineame.blogspot.co.id.

Apa itu Hosting?
Sama sekali tidak berhubungan dengan lagu tradisional Manggarai yang berjudul Benggong. Meski ada bagian lirik yang mirip. Benggong banggong hostiga benggong. Hosting dan Benggong tidak ada famili, karena hosting adalah tempat menyimpan data komputer. Kalau untuk web, ya, namanya web hosting. Kalau domain itu alamat rumah maka hosting adalah isi rumah. Semoga bisa paham perbedaannya.

Apa itu SEO-SERP?
Meski sering disama-samakan, keduanya berbeda. Yang pertama adalah kerja, yang kedua adalah hasil. SEO (search engine optimizer) adalah usaha agar alamat dan isi rumah kita diindeks oleh mesin pencari, sedangkan SERP (search engine result page) adalah hasil pencarian atas alamat dan isi rumah kita oleh pengguna internet sejagat raya.

Sesungguhnya, ada banyak sekali istilah dasar yang wajib diketahui oleh seorang blogger. Namun seiring semakin mudahnya orang merakit blog atas jasa para penyedia platform blog, berbagai istilah bisa dipelajari kemudian. Misalnya: template, html code, html color code, padding, margin, dan lain-lain.

Istilah-istilah ini hanya untuk para blogger yang sudah mantap langkah awalnya. Tentang template misalnya. Kalau domain adalah alamat rumah dan hosting adalah isi rumah, maka template blog adalah model rumah. Artinya, untuk membuat template, Anda harus jadi arsitek blog yang baik. Butuh usaha dan berliter-liter Kopi Arabika Flores Manggarai.

Bahwa nantinya ranalino.id akan ikut membahas istilah-istilah lain ini, mungkin belum dalam waktu dekat. Yang akan naik di bagian kedelapan adalah tiga hal wajib ketika merencanakan sebuah blog. Yup. Hanya tentang blog. Kalau tentang masa depan, kau harus merencanakannya dengan baik bersama seseorang dalam angan-anganmu #eh.

Salam
Armin Bell
Ruteng, Flores

Blogger Ruteng

Catatan:
  • Bagian ketujuh ini adalah bagian pertama dari enam alur percakapan pada diskusi Mengelola Blog bersama Prodi Bahasa Indonesia STKIP St. Paulus Ruteng, Sabtu, 26 Mei 2018.
  • Catatan Menjadi Blogger yang hadir di ranalino.id juga berawal dari pertemuan serupa setahun silam di STKIP St. Paulus Ruteng. Pertemuan tersebut telah melahirkan beberapa blogger Ruteng yang semakin produktif menulis. Saya senang.
  • Saya berterima kasih kepada Marcelus Ungkang, Dosen Sastra di PBSI STKIP St. Paulus Ruteng untuk kesempatan berbagi di kampus mereka.

4 comments:

  1. Selain bermanfaat, tulisan dan layout blognya keren. Salam kenal kk...

    ReplyDelete
  2. mantap blog nya om armin, saya pingin belajar e

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Arjuna Gael. Terima kasih banyak sudah mampir. Yuk, mari belajar sama-sama.

      Delete