Cerita si kancil dan petani merupakan salah satu cerita

Cerita si kancil dan petani merupakan salah satu cerita…..

A) legenda
B) dongeng
C) mitos
D) sejarah

 

Jawaban

Cerita Si Kancil dan Petani adalah merupakan salah satu cerita DONGENG (B).

 

Pembahasan

Agar lebih yakin dengan jawaban terpilih, mari kita analisis semua pilihan jawaban yang ada:

  • A. Legenda. JAWABAN SALAH. Si Kancil dan Petani bukan termasuk legenda. Legenda merupakan prosa rakyat yang diyakini benar-benar terjadi dan bahkan oleh masyarakat sering dipandang sebagai sejarah kolektif.
  • B. Dongeng. JAWABAN BENAR. Si Kancil dan Petani adalah termasuk ke dalam kelompok dongeng, yakni sastra lama yang ceritanya sarat khayalan dan hal-hal rekaan dan dipandang tidak benar-benar terjadi. Fungsi utama dongeng adalah sebagai sarana mendidik sehingga selalu ada pesan moral di dalamnya. Untuk Si Kancil dan Petani, termasuk dongeng fabel karena tokohnya hewan yang dilekatkan sifat-sifat manusia.
  • C. Mitos. JAWABAN SALAH. Mitos, sama seperti legenda, merupakan cerita prosa rakyat di mana kisahnya memuat cerita dewa-dewa, pahlawan zaman dahulu dan sebagainya yang berkaitan dengan asal usul suatu bangsa, kelompok manusia, alam semesta dan lain-lain.
  • D. Sejarah. JAWABAN SALAH. Sejarah termasuk teks non-fiksi yang didasarkan pada kenyataan dan fakta. Si Kancil dan Petani termasuk teks fiksi karena merupakan sesuatu yang lahir dari imajinasi dan mustahil terjadi di dunia nyata
BACA JUGA  Dan janganlah kamu campur adukkan kebenaran dengan kebatilan