Contoh keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara antara lain

Contoh keterbukaan dalam berbangsa dan bernegara

 

Jawaban

Keterbukaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah sebuah sikap hubungan yang dilakukan oleh warga negara kepada warga negara lainnya dengan pemerintah yang berada di suatu pemerintahan. Sikap keterbukaan tersebut kemudian hidup dalam kehidupan berbangsa dan berbegara yang dimana kita dapat menunjukkan hal tersebut kepada siapapun dengan cara memberikan sebuah iskap yang dimana saling menghormati, mengargai, mempercayai, dan juga memberikan keadilan antarwarga. Sikap tersebut sebaiknya juga diperlihatkan dengan cara tanpa melakukan perbedaan terhadap latar belakang seperti bangsa, suku, agama, budaya.

 

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara:

1. Memberikan dan kemudian meningkatkan partisipasi keikutsertaan masyarakat dalam melakukan kegiatan untuk penyelanggaraan terhadap negara.

2. Melakukan penghapusan terhadap ketertutupan dan juga segala prasangka buruk yang dimana dapat menggangu penyelenggaraan terhadap pemerintahan.

3. Melakukan dan juga kemudian mendorong kgiatan yang dimana membentuk pemerintahan yang bersih dan juga transparan.

4. Mencegah dan menghalangi pemerintah yang dimana akan menyalahgunakan penyelenggaraan akan pemerintahan.

5. Menghimpun kekuatan terhadap dukungan rakyat yang berguna dalam melakukan kegiatan penyelenggaraan negara.

6. Memberikan dan juga meningkatkan sebuah rasa untuk menjaga kebersamaan dan juga persatuan.

7. Menerima dan juga kemudian memberikan dukungan terhadap akan adanya perbedaan atas suku, agama, kepercayaan, ras, etnis, bangsa dsb.

8. Menerima segala kritikan dan menghargai kritikan tersebut yang dimana berguna untuk melakukan pendewasaan terhadap diri sendiri.

BACA JUGA  Saluran yang menghubungkan lambung dengan rongga mulut pada burung adalah