Tentang Segelas Capuccino dan Tiga Pekerjaan

Hari ini saya ulang tahun. 16 Juni 2021. Kaka Rana, anak kami yang pertama, membuat video ucapan yang indah. Lalu saya ingat, dia kerap melakukan, menciptakan, mengatakan, hal-hal mengejutkan dalam hidup saya. Ini adalah beberapa di antaranya, saya ceritakan lagi.
Kaka Rana

Tentang Segelas Capuccino dan Tiga Pekerjaan


Kalau dunia memutuskan bahwa hanya ada sedikit hal yang membuat para Ayah bahagia, salah satunya adalah pujian dari anak-anak mereka. Ada dua cerita pada bagian ini, Segelas Capuccino dan Tiga Pekerjaan.

2016 | Segelas Capuccino


Nikmati masa-masa menjadi Ayah ketika anakmu masih kecil dan belum banyak tahu. Kemarin saya beli capuccino kemasan lengkap dengan choco granule-nya. Ini gara-gara kopi Manggarai di rumah habis. Maka jadilah tadi malam saya meracik minuman kemasan itu, dua gelas. Satu buat istri dan satu untuk sendiri.

Rana melihat proses saya melakukan semua itu dengan takjub dan berbinar matanya ketika saya berhasil membentuk hati dari taburan choco granule di gelas capuccino milik Celestin. Rana bilang: "Dad, you're so great. I'm proud of you!" Tentu saja the proud is all mine, actually. Tapi saya tidak bilang.


Saya menikmati masa-masa dipuji seperti itu dan mungkin hanya ketika umur mereka seperti ini mereka menyampaikannya dengan kata-kata live. Kelak ketika besar mereka barangkali hanya menulis pujian itu sekali setahun di dinding facebook pada hari ulang kita.

Pujian live akan mereka berikan pada lelaki lain yang tidak mereka kenal hari ini; seperti Celestin yang memujiku--lelaki yang tidak datang dari masa kecilnya yang lucu, saat segelas capuccino kuhidangkan. Kaka Min memang ganteng, katanya sambil tersipu malu. Kau ge-er ka tidak?


2017 | Tiga Pekerjaan


Pada sebuah hari Jumat. Beberapa kesibukan membuat saya tidak bisa melaksanakan tugas menjemput selama beberapa hari ini. But, thanks God it's Friday. Jam setengah sebelas siang saya meluncur. Dia sudah menunggu.

Dalam perjalanan pulang, di boncengan dia memeluk saya erat. Dia bercerita tentang harinya. Menyenangkan. Di bagian lain dia bicara tentang saya. Katanya, saya kini punya tiga pekerjaan. Pertama, sebagai seniman. Kedua, di kantor bupati.

"Ketiga, Kaka Rana?" Tanya saya. "Sebagai pahlawannya saya dan Lino dan Mama," jawab Rana.

Perjalanan menjadi begitu ringan. Terima kasih!

2 komentar:

  1. Slmt ulang thun, ka'e. Panjang umr dan sehat selalu. 😊🙏

    BalasHapus