Sistem Peringkat Cryptocurrency dan Aset Crypto Posisi Teratas

Tentang Peringkat Cryptocurrency

cryptocurrency ranking

Peringkat Cryptocurrency atau Cryptocurrency ranking menggambarkan posisi relatif yang ditempati aset Crypto di pasar. Pada umumnya peringkat ini akan dievaluasi berdasar pada jumlah kapasitas pasar yang dimiliki aset Crypto.

Sebelumnya perlu Anda ketahui, kapitalisasi pasar dihitung dengan cara mengali harga mata uang digital Crypto dengan jumlah pasokan aset yang beredar dalam satuan waktu tertentu. Tidak hanya mengandalkan kapitalisasi pasar, suplai, dan harga beberapa platform tidak jarang juga mempertimbangkan daftar peringkat Cryptocurrency terbaru berdasar jumlah volume perdagangan aset dalam kurun waktu 24 jam.

Mungkin sampai di sini Anda memiliki pertanyaan, apakah setiap platform memiliki sistem penentuan peringkat Cryptocurrency yang sama? Untuk mengetahuinya pada kesempatan kali ini akan sedikit diulik tentang sistem rangking pada platform DeFi Pulse dan CoinMarketCap.

Sistem Rangking Cryptocurrency CoinMarketCap

Salah satu situs populer yang banyak digunakan untuk memantau daftar peringkat Cryptocurrency dan pergerakan harga aset Crypto adalah CoinMarketCap. Platform ini bisa Anda manfaatkan untuk melihat info harga terbaru aset Crypto dengan kualitas tinggi secara akurat dan netral.

CoinMarketCap sendiri sudah dirilis sejak tahun 2017 oleh Brandon Chez. Kini platform ini telah mengalami perkembangan secara signifikan dan menjadi situs pelacakan harga aset Crypto terpercaya. Bahkan banyak pihak personal, institusi, atau lembaga merekomendasikan platform ini untuk membandingkan harga dan mengetahui daftar peringkat Cryptocurrency terbaru.

Adapun metric utama yang digunakan dalam CoinMarketCap dalam klasifikasi aset Crypto yaitu market cap atau kapitalisasi pasar. CoinMarketCap menggunakan indeks seperlu memastikan nilai standar suatu aset Crypto.

Selanjutnya, berdasarkan kapitalisasi pasar yang dimiliki aset Crypto disusunlah peringkat Cryptocurrency. Info kapitalisasi pasar ini juga dapat membantu Anda selaku investor dalam memperkirakan risiko yang mungkin dihadapi saat memilih investasi aset Crypto. Hal ini karena kapitalisasi pasar biasanya juga bisa memberi gambaran potensi pertumbuhan aset Crypto tertentu. Di mana aset Crypto dengan kapitalisasi pasar rendah ternyata malah mempunyai peluang tumbuh lebih besar.

Sistem Rangking Cryptocurrency DeFi Pulse

Defi-pulse

Situs lainnya yang juga banyak digunakan untuk melihat daftar peringkat Cryptocurrency terbaru adalah DeFi Pulse. Platform resmi ini menghadirkan analisis dan rangking secara up date.

Sebelumnya, ide DeFi Pulse dicetuskan oleh Concourse pada tahun 2018 yang kemudian baru bisa direalisasikan di awal tahun 2019. DeFi rangking memanfaatkan metric Total Value Locked atau TVL dalam menentukan aset dan platform yang memimpin ekosistem DeFi. TVL sendiri merupakan nilai mata uang token yang dikunci pada smart contract decentralizer lending.

Dalam DeFi Pulse terdapat berbagai macam kategori aset DeFi. Beberapa diantaranya seperti DEC teratas, proyek pinjaman teratas, platform derivatif teratas, aset peringkat Cryptocurrency teratas, dan platform pembayaran teratas.

BACA JUGA  Ketahui APK Trading Terbaik, yang Dapat Kamu Manfaatkan

Bitcoin, Aset Crypto di Posisi Atas Peringkat Cryptocurrency

Bitcoin

Dari ulasan di atas kiranya cukup jelas bahwa setiap situs memiliki metric masing-masing dalam menentukan daftar peringkat Cryptocurrency. Adapun membicarakan tentang aset Crypto dengan peringkat atas, sejauh ini Bitcoin masih tetap berada di posisi atas.

Terdapat 2 alasan Bitcoin masih awet bertengger di peringkat Cryptocurrency posisi atas. Pertama Bitcoin nama brand yang menjadi penggerak pertama. Bahkan tidak sedikit yang menyamakan Bitcoin dengan Cryptocurrency karenanya sorotan akan Bitcoin selalu tinggi dan membuat jumlah adopsi dan tingkat transaksinya terus meninggi. Alasan lainnya jumlah pasokan Bitcoin terbatas berbeda dengan sejumlah aset Crypto lain yang memiliki jumlah persediaan tidak terbatas.

 

error: Content is protected !!