Begini Tips Membeli NFT Bagi Pemula

Saat ini Dunia Investasi makin ramai dengan kemunculan Non Fungible Token atau NFT. NFT itu sendiri adalah salah satu aset investasi digital yang termasuk ke dalam kategori mata uang kripto, yang bisa digunakan sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto.

NFT yang mulai dikenal pada tahun 2017 lalu saat game NFT yakni Crypto Kitties diluncurkan itu, meliputi berbagai bidang seperti karya seni, video klip, musik, game dan lain sebagainya.

Tips Membeli NFT Bagi Pemula

Pemahaman yang mendalam sangat di perlukan jika anda ingin ikut terjun dalam dunia NFT ini dan ingin ber investasi dengan cara membeli NFT. Agar anda tidal asal-asalan sehingga mengalami kerugian dalam investasi digital NFT ada beberapa hal utama yang perlu di perhatikan antara lain seperti mengetahun jenis NFT terbaik yang bisa dibeli, cara mempromosikan NFT, serta hal terkait dengan penipuan dan peretasan NFTyang di takutkan oleh sebagian orang. Berikut ini kita akan membahas beberapa tips sebelum memulai membeli NFT bagi pemula.

1. Beli NFT yang Anda sukai

NFT

Anda biasanya selalu membeli NFT yang sangat Anda sukai. Pikirkan sendiri jika nilai NFT turun, apakah Anda akan tetap menyukainya atau hanya membelinya untuk potensi keuntungan yang bisa Anda peroleh? Kami telah mencantumkan beberapa NFT baru terbaik untuk dibeli di atas, dan ini adalah hal yang kami sukai terlepas dari nilainya.

Sangat mudah untuk terjebak dalam ide menjadi kaya dengan cepat, dan faktanya, survei yang dilakukan oleh Hiscox Online Art Trade menunjukkan bahwa 82% pembeli NFT yang disurvei termotivasi oleh ide berinvestasi daripada seni itu sendiri. . Menariknya, perempuan yang disurvei cenderung lebih mengutamakan nilai seni ketimbang potensi keuntungan NFT.

2. Beli Berdasarkan Kegunaan

NFT WOMAN

Ini terkait dengan tip 1. Jika Anda ragu dengan nilai artistik NFT, pertimbangkan kegunaannya, atau lebih tepatnya akses atau penggunaan NFT – kontrak cerdas di balik seni – dapat digunakan. Seni NFT dapat digunakan untuk segala hal mulai dari pembiayaan film hingga pembuatan platform pendidikan. Teknologi baru ini juga bisa sangat berarti bagi pemain NFT.

Manfaat NFT dapat berupa akses ke komunitas, peristiwa dunia nyata, sumber daya dalam video game, atau bahkan perangkat yang dapat dikenakan di kehidupan nyata. Misalnya, Crazy Skullz mengumpulkan uang untuk amal dan membeli tanah di Metaverse untuk pemilik NFT. Beberapa NFT memasukkan keuntungan ke dalam dana untuk membayar proyek baru, acara pameran, dan dukungan artis; Jadi Anda bisa membeli NFT dan merasa nyaman.

3. Waspada Terhadap Penawaran Yang Tertalu Menarik

Seperti apa pun, dia bosan dengan email penipuan dan media sosial. Jika seseorang menawarkan Anda NFT dengan harga yang luar biasa atau memasukkan NFT ke dompet Anda secara gratis, berhati-hatilah. Lakukan riset Anda – lihat sejarah penjual atau proyek, sudah berapa lama, siapa yang membelinya, ajukan pertanyaan lain, dan buka Discord dan saluran sosial untuk menyelidiki proyek tersebut.

Membeli NFT

Jangan pernah membagikan dompet atau detail bank Anda dengan seseorang yang datang kepada Anda entah dari mana. Aman saat online dan selalu teliti siapa yang menjual dan apa proyeknya. Pada akhirnya, semuanya bermuara pada tip 1 dan hanya membeli NFT yang benar-benar Anda sukai atau pahami.

4. Dukung Artis Baru

Ada banyak artis baru yang bergabung dengan NFT, dan bagian dari kegemaran token yang tidak dapat dipertukarkan adalah bahwa artis yang tidak akan menjadi berita utama atau mendapatkan tempat pertunjukan berhasil menjual NFT. Seniman ini, seperti Beeple, menciptakan jenis seni baru.

BACA JUGA  Bagaimana Cara Membuat Laporan Arus Kas Yang Mudah?

NFT

Tetapi ingat bahwa berinvestasi pada artis harus bersifat pribadi. Seperti tip #1, berinvestasilah pada artis NFT yang Anda sukai atau yang merasa ingin mengatakan sesuatu. Mengikuti tren sering kali bisa ceroboh, jadi temukan artis yang Anda sukai dan investasikan di dalamnya dari sudut pandang pribadi.

Tip yang baik adalah mengejar dan berinvestasi pada artis NFT yang berkomitmen pada NFT. Misalnya, Eternal Royals adalah NFT oleh Jesse Johnson yang memungkinkan kolektor memiliki cetakan kanvas seni kehidupan nyata 1:1. Setelah dicetak, metadata NFT berubah, seperti halnya representasi digital. Para seniman ini akan bereksperimen dengan NFT dan kontrak pintar, sering kali menemukan cara baru dan inovatif untuk mempresentasikan karya seni. Ingatlah bahwa seni adalah tentang ide.

5. Jangan Membeli NFT Hanya Untuk Keuntungan Semata

Money NFT

Secara realistis kami akan mengatakan jangan mencoba membalik NFT untuk mendapatkan keuntungan. Kami kembali ke Tip 1 lagi – jika Anda tidak menyukai seni atau ide atau penggunaan NFT, kemungkinan besar Anda akan jatuh. Anda juga harus mempelajari kripto NFT. Tetapi jika Anda benar-benar ingin tahu lebih banyak, baca terus.

Jika Anda menyukai token yang tidak dapat dipertukarkan hanya untuk menghasilkan uang, maka Anda harus mempelajari apa yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam membalik NFT. Pada dasarnya ini adalah membeli NFT dengan biaya rendah dan menjualnya dengan harga lebih tinggi. Jika Anda melakukan ini, Anda harus melacak penurunan NFT yang akan datang dan mencoba menemukan proyek baru terbaik.

Mantra ‘beli rumor, jual berita’ relevan di sini, dan berarti Anda harus melakukan banyak riset dan membenamkan diri di dunia NFT untuk membuat sesuatu dari membalik NFT. Bahkan jika Anda melakukan penelitian akan lelah biaya, misalnya NFT Moonbird berasal dari tim yang dihormati tetapi harga mint sangat tinggi. Jika kami jujur, membalik NFT sangat sulit untuk pemula dan kami sarankan untuk tidak mengikuti rute ini.

6. Perhatikan Gas Fee

Gas FEE NFT

Mengetahui apa itu Gas Fee dan bagaimana menanganinya dapat menjadi sangat penting untuk menghindari biaya transaksi dan pencetakan yang tinggi. Biaya gas adalah pembayaran yang akan Anda lakukan pada transaksi blockchain Ethereum untuk mengimbangi energi yang dikeluarkan untuk membuat NFT.

Anda dapat menetapkan ‘batas fee’ untuk pembelian apa pun untuk memastikan Anda tidak pernah membelanjakan lebih dari yang Anda inginkan. Biaya gas naik dan turun karena lebih atau kurang transaksi Ethereum dilakukan, jadi pilihlah waktu Anda – biasanya antara jam 9-11 malam UTC adalah yang termurah.

Satu hal yang harus diwaspadai adalah mengubah ETH menjadi cryptocurrency lain untuk membeli NFT di blockchain lain; ini bisa menjadi mahal karena Anda berurusan dengan mata uang perdagangan dan seringkali Anda dapat menemukan diri Anda terjebak dalam situasi di mana biaya gas melebihi nilai NFT.

Ada baiknya melakukan penelitian tentang biaya gas dan cara kerjanya dan bagaimana Anda dapat menghemat uang jika Anda serius tentang NFT. Ada artis NFT yang akan berbagi saran di acara sosial (jangan pernah berpisah dengan uang) yang layak untuk dicari dan diikuti, misalnya Will Paper di Twitter memiliki serangkaian Tweet hebat tentang saran biaya bensin:

error: Content is protected !!