cara hapus akun Google permanen

Dua Cara Hapus Akun Google Permanen yang Mudah Dipraktikkan

Informasi cara hapus akun Google permanen juga tidak kalah pentingnya untuk diketahui banyak orang. Google sangat identik dengan gadget berbasis Android yang sekarang sebagian besar menggunakannya.

Terutama digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam aktifitas keseharian karena lebih familia karena banyak fitur google yang sangat bermanfaat bagi kita. Untuk bisa menggunakannya, minimal harus terkoneksi dengan akun di Google. Selanjutnya, akun tersebut dapat digunakan lagi untuk aplikasi-aplikasi lainnya.

Namun dalam proses perjalanannya, tidak menutuk kemungkinan kamu sebagai penggunanya ingin menghapus akunnya dengan alasan tertentu. Sudah pasti ada langkah-langkah atau cara hapus akun Google permanen yang harus dilakukan.

2 Cara Hapus Akun Google Permanen

Perlu kamu ketahui bahwa menghapus akun Google secara permanen tidak bisa mengembalikan lagi. Maka dari itu, kamu harus memikirkan dan mempertimbangkannya terlebih dulu secara matang sebelum melakukannya.

Mungkin ada data-data dalam bentuk artikel, foto, maupun video yang masih tersimpan di dalamnya dan harus diselamatkan. Namun Jika sudah diputuskan untuk menghapus permanen akunnya, kamu mempraktikkan cara hapus akun Google permanen berikut.

1. Menghapus Akun Gmail di PC atau Laptop

Tidak sedikit pemilik akun Gmail yang sering mengaplikasikannya di perangkat gadget berwujud Personal Computer (PC), laptop, ataupun notebook. Seiring perjalanan waktu, akun email tersebut ingin dihapus permanen saja karena sudah digunakan lagi.

Kamu sekalian yang memiliki akun Google Mail atau Gmail di PC ataupun laptop dan ingin menghapusnya untuk selamanya. Ada cara hapus akun Google permanen yang bisa kamu lakukan agar akun Gmail tersebut hilang selamanya.

  1. Siapkan dulu PC atau laptopmu dan tetap mengaktifkan jaringan internetnya. Setelah itu, login ke akun Gmail milikmu dengan mengetikkan username serta passwordnya.
  2. Setelah muncul halaman utamanya, kamu masuk ke menu utama dan pilih Setting. Lalu, pilih saja halaman penghapusan akun Google ini.
  3. Selanjutnya, klik hapus akun Anda. Setelah itu, kamu akan disuruh mengisi password akun Gmailnya. Ketikkan saja passwordnya di kolom yang sudah disediakan.
  4. Klik ikon berikutnya, lalu isi centang semua kotak sebagai tanda persyaratan yang diajukan Google bagi pemilik akunnya. Dengan mencentang semuanya, berarti kamu sudah menyetujuinya.
  5. Setelah itu, klik Hapus Akun dan tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai. Jika berhasil, ada pemberitahuan dengan keterangan “Akun Google Anda dan semua datanya telah dihapus”.
  6. Artinya, akun Gmail tersebut berhasil dihapus untuk selamanya beserta semua data di dalamnya. Kamu sudah tidak bisa membuka akunnya lagi.

2. Menghapus Akun Gmail di Smartphone

Ada cara hapus akun Google permanen lainnya yang perlu kamu ketahui sekaligus praktikkan, jika menginginkannya. Terutama kamu sekalian yang memiliki akun Gmail di smartphone atau telepon pintar.

Kamu mungkin sudah tidak membutuhkan akunnya lagi dan ingin menghapus selamanya karena hanya memenuhi memory saja data-datanya. Jangan lupa untuk menyelamatkan semua data yang masih dibutuhkan sebelum menghapusnya secara permanen.

  1. Siapkan dulu smartphonemu serta mengaktifkan jaringan internetnya. Setelah itu, buka akun Gmailnya dengan mengetikkan username berserta passwordnya.
  2. Setelah halaman utamanya muncul, klik saja foto profilmu di bagian kanan atas. Pilih saja bagian Kelola Akun Google Anda.
  3. Selanjutnya, scroll ke bawah untuk memilih Data & Personalisasi. Scroll ke bawah lagi dan klik Hapus Layanan atau Akun Anda.
  4. Kamu akan disuruh menuliskan password emailnya. Ketikkan saja dan jangan sampai lupa kata sandinya.
  5. Klik ikon Berikutnya, lalu pilih Hapus Akun. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai dan muncul pertanyaan “Apakah penghapusan akun Google bisa dibatalkan?”. Ada pilihan Ya dan Tidak.
  6. Kamu pilih saja Ya, jika ingin menghapus permanen akun Gmail tersebut, sehingga Google akan memprosesnya lagi hingga berhasil. Namun jika masih ragu, kamu pilih saja jawaban Tidak. Dengan begitu, kamu masih bisa memulihkan akunnya dalam waktu 1 x 24 jam.
  7. Caranya, kamu bisa login ke akun Gmailnya dengan mengetikkan username dan passwordnya. Hal tersebut terserah kamu saja sebagai pemilik akunnya.
BACA JUGA  Ingin Memiliki Whatsapp Cadangan? Coba Aplikasi Pengganda WA yang Aman Berikut

Kedua cara menghapus akun yang diuraikan diatas cukup mudah untuk kamu praktikkan. Sesuaikan saja dengan jenis gadget yang biasa digunakan sehari-hari untuk mengakses akunnya. Pastinya cara hapus akun Google permanen itu aman saat dipraktikkan.

error: Content is protected !!