cara backup Google Authenticator

Dua Cara Backup Google Authenticator yang Direkomendasikan

Bagaimana cara backup Google Authenticator? Kamu sekalian yang menanyakan hal tersebut tentu belum mengetahui caranya. Khususnya yang menggunakan beragam perangkat gadget memang membutuhkan Google Authenticator untuk kemanannya.

Dimana pada gadget tersebut pasti memiliki akun-akun yang tersebar. Mulai dari akun email, sosial media, dan lain sebagainya. Tiap akun-akunnya tentu saja memiliki username dan password yang hanya diketahui oleh pemiliknya.

Google Authenticator merupakan sebuah aplikasi security seluler yang berfungsi melindungi akun para pengguna gadget dari para hacker atau peretas di dunia maya. Jadi, fungsinya memang cukup vital, sehingga cara backup Google Authenticator memang dibutuhkan.

Rekomendasi Cara Backup Google Authenticator yang Mudah

Keberadaan Google Authenticator yang penting di tiap gadget terutama berbasis Android memang harus selalu dipantau dengan tujuan mengetahui fungsinya masih tetap dan belum berubah. Selain itu, melakukan perbaikan di dalam sistemnya jika dibutuhkan.

Salah satu yang perlu dilakukan, yaitu backup atau mencadangkan Google Authenticator di perangkat gadgetmu. Tujuannya untuk lebih mengamankan akun di gadgetmu agar tidak mudah diretas atau dicuri orang-orang tidak bertanggung jawab.

Lalu, bagaimana cara backup Google Authenticator yang direkomendasikan dan mudah dipraktikkan? Berikut penjelasannya yang harus kamu ketahui.

1. Mencadangkan Google Authenticator dengan Auty

Auty merupakan sebuah aplikasi yang salah satu fungsinya mampu backup kode Autheticator di gadget. Kamu bisa langsung membuka aplikasinya jika sudah terinstal di gadgetmu. Namun jika belum, unduh dan instal dulu di PlayStore secara gratis.

Jika sudah, silahkan mempraktikkan beberapa langkah cara backup Google Authenticator sebagai berikut.

  1. Siapkan gadgetmu dan buka aplikasi Auty yang sudah diinstal. Setelah halaman utamanya muncul, klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas yang mudah ditemukan.
  2. Pilih menu Setting, lalu buka Accounts. Setelah itu, scroll ke bawah untuk mengaktifkan pilihan Backups. Dengan begitu, pencadangan authenticator sudah diaktifkan.
  3. Selanjutnya, ketikkan password atau kata kunci cadangan yang bisa digunakan saat gadgetmu hilang atau dicuri orang lain. Pencurinya tidak bisa menggunakan akun di dalam gadget karena passwordnya sudah dicadangkan dan hanya kamu yang mengetahuinya.
  4. Pastikan kata sandinya unik dan familiar untuk bisa kamu ingat. Setelah itu, tulis kembali passwordnya di kolom yang disediakan sebagai prosedurnya. Jangan sampai salah mengetikkan password untuk kedua kalinya agar tidak perlu mengulanginya lagi.
  5. Klik Enable Backups untuk final proses pencadangan agar segera diaktifkan. Dengan begitu, pencadangan melalui Auty sudah dilakukan.

2. Mengunduh Kode Cadangan

Ada cara backup Google Authenticator lainnya yang bisa kamu praktikkan, yaitu dengan mengunduh kode cadangan. Dimana kode cadangannya bisa dituliskan lagi username dan passwordnya melalui Google.

Cara yang satu ini mungkin lebih mudah dipraktikkan jika dibandingkan dengan cara diatas. Namun demikian, kamu tetap harus memperhatikan tiap langkahnya agar tidak keliru. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Siapkan gadgetmu dulu yang sudah terkoneksi jaringan internet. Setelah itu, buka fasilitas search engine atau mesin pencarian di internet, seperti Google, Firefox, Chrome, atau yang lainnya.
  2. Setelah itu, ketikkan myaccounts.google.com pada kolom pencarian, lalu klik Enter atau Search. Tunggu beberapa saat hingga dimunculkan halaman utamanya. Kamu diminta memasukkan alamat email dan password untuk bisa masuk ke dalamnya.
  3. Ketikkan saja, lalu pilih Sign In & Security. Dengan begitu, kamu akan dibawa masuk ke halaman pengaturan keamanan di akunmu.
  4. Setelah itu, pilih bagian 2 Step Verification yang nantinya untuk memverifikasi password akunmu. Klik saja Next untuk melakukan verifikasi tersebut
  5. Selanjutnya, scroll ke bawah dan pilih Set Up yang letaknya di bawah Backup Codes. Ada kode cadangan di dalamnya yang sewaktu-waktu bisa kamu gunakan saat masuk ke akun Google yang tidak dapat mengakses authenticator pada gadgetmu.
  6. Ada beberapa kode yang masing-masing terdiri atas empat digit angka. Kamu bisa mencatat semua kode tersebut atau discreenshot saja agar bisa disimpan di gadget. Dengan begitu, kamu dapat membacanya lagi saat membutuhkannya nanti di lain waktu.
BACA JUGA  Software VPN Gratis 2022 untuk Pengguna PC dan Android

Akhir Kata

Dua cara mencadangkan Google Authenticator diatas perlu kamu baca dan pahami terlebih dulu. Setelah itu, silahkan untuk mempraktikkannya sendiri dengan langkah-langkah cara backup Google Authenticator yang sudah diberikan. Selamat mencoba.

error: Content is protected !!