Cara Merekam Google Meet

Cara Merekam Google Meet, Caranya Sangat Mudah

Cara merekam google meet memang sampai sekarang ini menjadi hal yang sangat dicari informasinya karena hal tersebut benar-benar sangat penting. Apalagi pada zaman sekarang ini pertemuan semacam ini sangat dibutuhkan.

Semenjak adanya layanan google meet tersebut, banyak orang merasa terbantu ketika dirinya memang sedang berhalangan hadir dalam pertemuan. Misalnya saja, ketika salah satu rekan kerja sedangkan melakuan perjalanan keluar kota.

Dengan menggunakan platform ini, maka kamu dapat melakukan pekerjaan tanpa harus merasa bingung sama sekali. Dalam kondisi apapun, pertemuan atau rapat dapat dapat berlangsung tanpa harus menunda waktunya.

Apalagi penggunaan platform ini juga terbilang gratis, tanpa harus dikenakan biaya sama sekali. kapasitas dari banyak orang bisa mencapai 100 orang, sedangkan waktunya dapat dilakukan selama 60 menit.

Selain dapat menggunakan fiturnya secara gratis, kamu juga dapat menggunakan cara berbayar tentu ada kelebihan tersendiri. Cara berbayar ini lebih biasanya lebih sering digunakan untuk kebutuhan pebisnis dan para pendidik.

Tentu dengan menggunakan cara berbayar, kapasitasnya penggunaan bisa lebih dari 100 orang. Sedangkan untuk penggunaan waktunya juga lebih dari 60 menit saja, jadi wajar pada pendidikan harus menggunakan cara seperti ini.

Ternyata selain bisa digunakan sebagai cara meeting tanpa harus melakukan pertemuan, google meet sendiri dapat digunakan untuk merekam setiap aktivitas di dalamnya, sehingga masyarakat jelas sangat membutuhkan.

Terkadang hal-hal seperti ini memang harus dilakukan ketika keadaan sudah benar-benar darurat. Wajar jika informasi mengenai cara merekam google meet ini begitu dibutuhkan, sehingga pekerjaanmu nantinya berjalan lebih lancar.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Cara Merekam Google Meet Diterapkan

Tentu ada beberapa hal semestinya harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum cara merekam google meet ini dilakukan. Dengan melakukannya, maka kamu pasti bisa memprosesnya menjadi lebih mudah nantinya.

Akun Google Workspace Sudah Dimiliki

Hal pertama yang perlu dipersiapkan oleh pengguna yaitu harus memiliki akun google workspace terlebih dahulu. Sebelumnya platform ini merupakan akun G suite, sehingga pergantian tersebut dilakukan untuk mempermudahmu.

Pastinya kamu juga perlu memiliki akun premium atau berbayar untuk bisa melakukan rekaman dalam google meet nantinya. Jadi, hal ini perlu diingat apabila sewaktu-waktu kamu ingin merekam setiap kegiatan di dalamnya.

Masih Terdapat Ruang Kosong

Setidaknya di dalam google meet harus tersedia ruang kosong agar hasil rekaman nantinya dapat disimpan. Apalagi hasil dari rekaman tersebut memang secara otomatis akan masuk ke ruang penyimpanan google drive tersebut.

Semisalnya kebetulan ruang kosong tidak atau penuh harus diperiksa terlebih dahulu. Dari sana, kamu bisa menghindari kegagalan dalam merekam setiap kegiatan meeting, apalagi sudah tidak bisa diulang kembali.

Sebagai Penyelenggara Meeting

Untuk bisa merekam setiap kegiatan di dalam google meet tersebut, kamu hanya bisa melakukan perekaman apabila sekarang ini menjadi host atau penyelenggara. Tanpa posisi itu, maka rekaman tidak dapat dilakukan.

BACA JUGA  Bosan dengan Emoji yang Itu-Itu Saja? Inilah Cara Mengubah Emoji Xiaomi menjadi Emoji iPhone Tanpa Aplikasi

Kalau kebetulan, kamu memang bukan dari host, maka bisa meminta bantuan dari host agar merekam setiap kegiatan meeting. Nantinya, kamu hanya perlu meminta sendiri hasil dari rekaman tersebut.

Proses dan Cara Merekam Google Meet

Sebenarnya cara merekam google meet ini bukan perkara sulit untuk diterapkan setiap prosesnya. Namun, beberapa persiapan sebelumnya setidaknya harus diketahui terlebih dahulu agar merekamnya bisa berjalan sepenuhnya.

Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh calon perekam yaitu membuka google meet terlebih dahulu melalui browser PC. Setelah itu, memilih New metting, di mana masuk menu start an instant metting agar dapat memulai rapat baru.

Begitu masuk ke dalam ruangan tersebut, maka nantinya terlihat ikon dengan tiga titik vertikal pada bagian bawah jendela browser. Begitu terlihat, maka bisa langsung pilih record meeting agar dapat merekam aktivitas di dalamnya.

Setelah memilih menu tersebut, maka di dalam kotak dialog akan muncul pilihan recording. Nah, dari sana kamu bisa langsung pilih start recording. Dari sana, kamu bisa langsing pilih start begitu sudah ditemukan.

Untuk memastikan apakah proses rekaman sudah berjalan atau belum dapat dilihat dari ikon REC kotak mereka yang lokasi di pojok kiri atas. Setelah selesai, maka kamu bisa langsung melakukan pemberhentian melalui stop recording.

Proses ini bisa dikatakan sudah selesai dilakukan karena setelah melakukan stop recording, maka file secara otomatis masuk ke dalam google driver. Jadi, kamu hanya perlu mencarinya hasil dari rekaman tersebut.

Untuk mencari hasil dari rekaman tersebut, bisa langsung membuka google drive dan biasanya akan tersimpan ke nama meet recording. Nah, dari sana kamu hanya perlu mencarinya satu persatu, maka semuanya beres cara merekam google meet.

error: Content is protected !!