cara membuat kuis di google form

Petunjuk Cara Membuat Kuis di Google Form dengan Benar

Cara membuat kuis di google form sangat penting untuk diketahui. Terlebih lagi untuk masa sekarang dimana pembelajaran sering dilakukan secara daring. Menggunakan google form bisa menjadi opsi terbaik dalam urusan fleksibilitas.

Itu karena, penyebaran bisa dilakukan secara cepat tanpa perlu memandang batas fisik. Perlu diingat, google form sendiri memang tidak dikenal sebagai tempat membuat kuis. Biasanya google form dipakai untuk pembuatan kuesioner.

Saat membuat kuis, kebanyakan orang lebih memilih aplikasi lain seperti Quiziz. Namun melihat fitur yang dimiliki google form, menggunakannya untuk membuat kuis adalah hal tepat. Selain itu, prosesnya sendiri bisa dibilang sangat mudah.

Cara Membuat Kuis di Google Form

Jika kamu sedang bingung tentang cara membuat kuis di google form, ini adalah tempat yang tepat. Pada kesempatan kali ini, teknis cara pembuatannya akan dibahas secara lebih jauh. Selalu ingat untuk memerhatikan teknis yang dijelaskan disini secara rinci.

Jangan sampai asal dalam memahaminya sehingga ada poin penting yang terlewat. Biasanya kesulitan dalam pembuatan kuis disebabkan oleh hal kecil semacam itu. Supaya lebih cepat, berikut cara pembuatan yang perlu diikuti.

1. Buat Formulir

Tahapan pertama adalah cara membuat kuis di google form berhubungan dengan formulir. Intinya pembuatan formulir perlu dilakukan terlebih dahulu. Untuk membuatnya, buka browser terlebih dahulu lalu masuklah ke alamat forms.google.com.

Selanjutnya buat formulir baru dengan memilih apakah ingin memakai form kosong atau template. Jika kamu masih awal dalam pembuatan formulir, pilih saja form kosong. Sering kali pembuatan template malah membuat seseorang semakin bingung.

Setelah form siap, berilah nama dan keterangan pada form tersebut. Tentu nama dan keterangan ini perlu dibuat sesuai dengan jenis formulirnya. Nama dan keterangan yang benar akan memudahkan responden dalam memahami form tersebut.

2. Buat Pertanyaan

Tahap Selanjutnya dalam cara membuat kuis di google form adalah membuat pertanyaan. Untuk membuat pertanyaan, langsung saja klik pada ikon “+”. Pastikan pertanyaan yang ingin dibuat sudah disiapkan sebelumnya.

Jika pertanyaan tersebut sudah siap, kamu tinggal menuliskan pertanyaan tersebut pada form yang tersedia. Pilihlah jenis pertanyaan sesuai kebutuhan. itu karena, google form memungkinkan kamu untuk membuat pilihan ganda, isian singkat, hingga esai.

Untuk pertanyaan yang sifatnya penting, tambahkan label “Wajib diisi”. Fitur ini membuat responden perlu menjawab pertanyaan tersebut sebelum melakukan submit.

3. Ubah Menjadi Kuis

Tahapan selanjutnya dalam cara membuat kuis di google form adalah mengubah formulirnya. Intinya, formulir tersebut perlu diubah dulu menjadi kuis. Perubahannya sendiri bisa dilakukan pada pengaturan.

Nantinya ada opsi yang bertuliskan “Jadikan Ini Sebagai Kuis”. Langsung saja aktifkan opsi tersebut lalu beri skor penilaian pada setiap pertanyaan. Dengan ini, formulir akan otomatis berubah menjadi kuis.

4. Bagikan

Pada poin sebelumnya, cara membuat kuis via google form sebenarnya sudah selesai. Disini kamu tinggal membagikan kuis tersebut pada peserta. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membagikan kuisnya.

Cara pertama adalah dengan menyalin link dari formulir tersebut. Nantinya kamu bisa langsung memberikan link tersebut pada orang lain.

BACA JUGA  Aplikasi Cetak Struk Sendiri yang Mudah Digunakan

Penyebaran sendiri bisa dilakukan menggunakan email. Caranya dengan langsung membagikan formulir tersebut dan tambahkan email responden sebagai penerima.

5. Lihat Hasil

Jika kuis sudah diisi oleh peserta, kamu bisa langsung mengecek hasilnya. Poin ini tentu sangat penting dalam cara membuat kuis di google form. Jika cara pengecekan hasil tidak diketahui, apa yang dilakukan sebelumnya akan percuma.

Untuk mengecek hasilnya, langsung saja tap pada opsi “Jawaban”. Selanjutnya pilih opsi “Rangkuman” yang tersedia. Dari sana, hasil dari kuis yang dibagikan pada peserta akan terlihat.

Keunggulan Membuat Kuis Memakai Google Form

Perlu diingat, membuat kuis memakai google form memiliki banyak kelebihan. Kelebihan yang paling utama adalah waktu. Nantinya pembuatan kuis bisa diselesaikan dalam waktu yang relatif cepat.

Selain itu, proses mengecek hasil juga semakin cepat. Itu karena, rangkuman hasil dari semua peserta bisa langsung diakses. Menyusunnya satu per satu seperti ketika kuis offline tidak perlu lagi dilakukan.

Cara melacak responden yang mengerjakan soal sama dalam waktu pengerjaan yang berbeda

Penggunaan Google Form untuk membuat soal memang sering digunakan oleh guru dan dosen. Terkadang, para guru dan dosen memiliki beberapa kelas yang dijadwalkan untuk mengerjakan dalam waktu berbeda namun dengan kumpulan soal yang sama.

Untuk itu, Google Form dapat membantu Anda mengidentifikasi responden mana saja yang mengerjakan soal pada periode yang ditentukan. Anda tidak perlu lagi membuat soal di Google Form, cukup ikuti langkah berikut ini:

  • Tambahkan bagian untuk mengidentifikasi di periode mana tiap siswa berada.
  • Di Google Form, buka kuis yang sudah dibuat atau klik Kuis Kosong jika memulai kuis baru. Klik “Tambahkan bagian”.
  • Beri nama bagian. Klik “Bagian Tanpa Judul”, lalu masukkan nama bagian, misalnya “Kelompok siswa”.
  • Klik Tambahkan pertanyaan lalu masukkan “Siapa nama Anda?”, pilih format jawaban singkat.
  • Pastikan tombol “Wajib diisi” aktif agar siswa menjawab pertanyaan.
  • Klik Tambahkan pertanyaan lalu masukkan “Waktu pengerjaan”, pilih format pilihan ganda atau menu drop-down.
  • Masukkan pilihan waktu pengerjaan soal. Pastikan tombol “Wajib diisi” aktif Jika sudah selesai, klik “Pratinjau” untuk melihat cara kuis akan ditampilkan kepada responden.
  • Jika sudah siap, klik “Kirim”

Akhir Kata

Pastikan untuk tidak asal dalam pembuatan kuis. Jika sampai asal, kamu pasti kecewa karena hasilnya tidak akan sesuai harapan. Intinya kamu harus mempraktekkan cara membuat kuis di google form secara runut.

 

error: Content is protected !!