Berikut Cara Mengarsipkan Kelas di Google Classroom

Cara mengarsipkan kelas di google classroom adalah pengetahuan yang cukup penting. Dengan pengetahuan akan hal ini, seseorang bisa mengatur kelasnya secara lebih mudah. dalam pembelajaran online, kebutuhan classroom sendiri memang meningkat.

Guru atau dosen biasanya membuat banyak kelas sehingga tertumpuk di beranda classroom. Jika kelas yang tertumpuk itu dibiarkan, ketidaknyamanan pasti terasa. Nantinya memilih kelas yang diinginkan akan lebih sulit.

Namun menghapusnya juga bukan pilihan tepat. Dengan menghapusnya, kelas tersebut akan hilang dan tidak bisa dipakai lagi. Oleh sebab itu, mengarsipkannya bisa menjadi pilihan terbaik. Cara ini membuat kelas tidak akan hilang namun kenyamanan tetap terasa.

Cara Mengarsipkan Kelas di Google Classroom

Kalau kamu kesulitan ketika hendak mengarsipkan kelas, ini adalah tempat yang tepat. pada kesempatan kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai cara mengarsipkan kelas di google classroom. Tahapannya sendiri terbilang sederhana dan tidak menyulitkan.

Tetapi ingat, pastikan untuk memerhatikan setiap tahapan dengan baik. Jika sampai ada yang terlewat, bukan tidak mungkin proses pengarsipan akan gagal. Oleh sebab itu, berikut uraiannya secara lebih jauh.

1. Login

Poin pertama dalam cara mengarsipkan kelas di google classroom adalah melakukan login. Untuk melakukan login, kamu perlu berada di classroom terlebih dulu. Untuk masuk ke classroom, ada dua cara yang bisa dipilih. Pertama gunakan aplikasinya.

Untuk pengguna android, aplikasinya bisa diunduh secara gratis di playstore. Selain memakai aplikasi, akses classroom bisa juga dilakukan melalui website. Websitenya sendiri berada pada alamat classroom.google.com.

Nantinya kamu akan diperintahkan untuk melakukan login. Ingat, gunakan akun yang benar. Ini wajib diperhatikan jika kamu memiliki beberapa akun google. Itu karena, informasi mengenai kelas akan tersimpan di akun google tersebut.

2. Klik Lainnya

Setelah melakukan login, kartu kelas yang dimiliki akan muncul. Jika kamu sudah sering membuat kelas, kartu kelas ini pasti bertumpuk dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, cari terlebih dulu kartu kelas yang ingin diarsipkan.

Jika sudah ditemukan, tap “lainnya” pada kartu kelas tersebut. Nantinya kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan.

3. Arsipkan

Tahapan selanjutnya dalam cara mengarsipkan kelas di google classroom adalah melakukan tap pada tulisan “arsipkan”. Nantinya akan muncul jendela baru yang memerintahkan kamu untuk melakukan konfirmasi.

Langsung saja lakukan konfirmasi pada jendela tersebut. Jika konfirmasi sudah selesai, kamu tinggal menunggu hingga prosesnya selesai. Jika sudah, kelas akan otomatis terarsipkan.

Beberapa Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Classroom

Cara mengarsipkan kelas di google classroom memang penting. Namun itu bukan satu-satunya hal yang perlu diketahui. Dalam classroom ada beberapa hal lain yang perlu diketahui untuk menunjang kenyamanan.

Untuk kamu yang masih baru dalam penggunaan classroom, ulasan di bawah ini sangat penting. Oleh karena itu, berikut penjelasannya secara lebih detail.

Melihat Kelas yang Diarsipkan

Jika cara mengarsipkan kelas di google classroom sudah diketahui, penting juga untuk melihat kelas yang diarsipkan tersebut. Nantinya ini akan berguna jika ingin mengetahui kelas mana saja yang sudah diarsipkan.

Untuk melakukannya, pertama login seperti yang sebelumnya dijelaskan. Setelah melakukan login, lihat opsi menu yang ada di kanan atas beranda. Klik opsi tersebut dan beberapa pilihan akan keluar.

BACA JUGA  Cara Merekam Google Meet, Caranya Sangat Mudah

Scroll ke bawah pada pilihan tersebut dan cari “Kelas yang Diarsipkan”. Langsung saja klik pilihan tersebut dan kelas yang diarsipkan akan terlihat. Perlu diketahui, opsi “Kelas yang Diarsipkan” tidak akan muncul jika pengarsipan belum pernah dilakukan.

Memulihkan Kelas

Selain melihat kelas yang diarsipkan, penting juga untuk mengetahui cara memulihkan kelas tersebut. poin ini akan berguna ketika kelas yang diarsipkan tersebut akan dipakai untuk kesempatan lain.

Untuk caranya, pertama lihat daftar kelas yang diarsipkan seperti pada poin sebelumnya. Jika daftar arsip sudah terlihat, carilah kelas yang ingin dipulihkan. Nantinya, kamu perlu melakukan tap pada opsi “lainnya” di kartu kelas tersebut.

Selanjutnya pilihlah “Pulihkan” yang mungkin pada opsi tersebut. kamu akan diminta untuk melakukan konfirmasi terkait hal ini. Langsung saja konfirmasi dan tunggu hingga prosesnya selesai. Dengan ini, pengarsipan sudah selesai.

Manfaat Menggunakan Google Classroom

Adapun manfaat menggunakan fitur buatan Google ini sebagai berikut:

  • Ruangan dengan desain sederhana dan lengkap yang dapat memudahkan kegiatan belajar mengajar berjalan dengan sempurna.
  • Pengaturan cepat dan nyaman, mudah masuk, mudah menerima dan menyerahkan tugas.
  • Aplikasi Seluler Google Classroom bekerja dengan VoiceOver di iOS dan TalkBack di Android.
  • Alat dapat diakses dari semua komputer, ponsel, atau pun tablet.

Berikut ini sejumlah hal yang bisa dilakukan dan tidak oleh guru dan siswa jika kelas diarsipkan:

  • Kelas ditempatkan di area terpisah untuk menyimpan materi pengajaran, tugas siswa, dan postingan.
  • Guru tidak akan melihatnya bersama kelas yang aktif di halaman Kelas.
  • Guru dan siswa dapat melihat kelas yang diarsipkan. Untuk menggunakan kelas lagi, Guru harus memulihkannya kembali.
  • Guru dan siswa masih dapat mengakses bahan ajar kelas di Google Drive, termasuk semua lampiran tugas atau tugas siswa lainnya.
  • Siswa tak bisa membatalkan pendaftaran dari kelas yang diarsipkan. Hal ini dapat membatasi cara siswa mengelola kelas yang telah diikuti.
  • Kalender kelas tetap ada di Google Kalender Guru dan kalender siswa. Jika tidak memerlukan kelas lagi, Guru dapat menghapus kalendernya dari tampilan atau menghapusnya permanen. Untuk mengetahui petunjuknya, buka link: Menghapus atau berhenti berlangganan kalender.
  • Kelas yang diarsipkan tetap ada di Classroom sampai Guru menghapusnya. Itulah sebabnya kalender kelas yang diarsipkan masih muncul di Google Kalender.

Akhir Kata

Memanfaatkan classroom sebagai media pembelajaran adalah pilihan yang sangat tepat. nantinya proses pembelajaran yang seharusnya rumit akan menjadi semakin mudah. Oleh sebab itu, perhatikan cara mengarsipkan kelas di google classroom di atas dengan baik.

error: Content is protected !!