5 Cara Membuat Laporan Keuangan Perusahaan Dengan Mudah

Siapa bilang membuat laporan keuangan itu sulit? Apabila Anda memiliki sebuah perusahaan atau bekerja sebagai bendahara di sebuah perusahaan, maka Anda harus memahami cara membuat laporan keuangan perusahaan.

Cara Membuat Laporan Keuangan Perusahaan

Laporan keuangan perusahaan dapat dibuat dengan mudah dengan cara – cara berikut :

1. Mencatat transaksi keluar masuk di jurnal umum

Cara membuat laporan keuangan perusahaan yang pertama adalah mencatat transaksi di jurnal umum. Jurnal umum memiliki fungsi sebagai tempat mencatat detail transaksi keluar masuk perusahaan. Di dalam jurnal umum, Anda bisa mencatat tanggal transaksi, nominal yang keluar, nominal yang masuk, saldo, serta keterangan lainnya terkait transaksi. Dengan adanya pencatatan detail transaksi, Anda dapat menggunakannya sebagai bukti apabila ada masalah yang melibatkan keabsahan transaksi perusahaan. Selain itu, catatan transaksi di jurnal umum dapat menjadi laporan tertulis ketika Anda harus melaporkan keuangan perusahaan pada atasan.

2. Membuat laporan perubahan modal

Laporan perubahan modal dapat pula disebut dengan laporan keuangan mini terkait modal perusahaan. Laporan perubahan modal ini dapat Anda isi dengan komponen modal awal, penarikan modal, serta modal atau saldo akhir. Laporan perubahan modal sendiri dicatat per periode sesuai dengan ketentuan perusahaan dan berfungsi sebagai tolak ukur pembagian deviden dalam perusahaan.

3. Membuat laporan laba dan rugi

Setiap perusahaan pasti mendapatkan laba dan pasti pernah juga mengalami kerugian. Laba dan rugi ini sebaiknya Anda catat untuk mengetahui pendapatan bersih yang diperoleh perusahaan. Anda bisa membuat laporan dalam bentuk tabel yang memiliki format pemasukan, pengeluaran, penjualan, laba, dan rugi.

4. Membuat laporan arus kas

Apa yang harus Anda tulis dalam laporan arus kas? Sebenarnya laporan arus kas mirip dengan laporan transaksi keluar masuk karena laporan arus kas berisi detail pengeluaran untuk pembayaran hutang serta gaji karyawan dan pemasukan dari pendanaan dan investasi. Namun yang membedakan laporan arus kas dan laporan transaksi keluar masuk adalah laporan keuangan kas lebih detail pada keterangan transaksi itu sendiri. Anda bisa menuliskan apakah pengeluaran tersebut untuk menggaji karyawan atau pemasukan dari investasi para investor.

5. Menggabungkan seluruh catatan transaksi ke dalam buku besar

Buku besar biasanya disebut juga dengan general ledger dalam bahasa inggris. Biasanya setiap perusahaan memiliki waktu yang berbeda – beda dalam membuat laporan keuangan, ada yang merekap laporan keuangan setiap sebulan sekali, ada yang setiap 3 bulan sekali, atau satu tahun sekali. Semua catatan detail transaksi tersebut akan digabungkan dalam buku besar sebagai laporan keuangan perusahaan yang nantinya dapat dicocokkan dengan sisa saldo perusahaan. Buku besar juga menjadi buku laporan keuangan yang disimpan secara permanen oleh perusahaan sebagai data pengeluaran.

BACA JUGA  Daftar Broker Forex yang Terdaftar di Bappebti Terpopuler

Itulah cara membuat laporan keuangan perusahaan dengan mudah. Saat ini Anda bisa menyusun laporan keuangan dengan memanfaatkan ms. Excel, namun Anda juga bisa tetap menggunakan buku untuk catatan laporan keuangan.

error: Content is protected !!