Pengertian Agama Secara Etimologi Dan Terminologi

Pengertian Agama Secara Etimologi Dan Terminologi

Agama adalah aturan khusus yang harus dimiliki semua manusia dimana di dalamnya terdapat peraturan tentang segala tindakan yang diperkenankan secara logis sehingga membuat orang lebih terorganisir dan mengerti apa yang perlu dilakukan.

Agama itu sendiri memiliki banyak persepsi. Misalnya pengertian agama secara etimologis dan terminologis, atau juga menurut para ahli dan lain-lain.

Pengertian Agama Secara Etimologi Dan Terminologi

Disini kita akan membahas bagaimana pengertian agama itu secara etimologis atau arti dari kata agama itu sendiri dan pengertian terminologis yaitu agama menuru istilahnya dalam bahasa indonesia

Pengertian Agama Secara Etimologi

Pengertian Agama Secara Etimologi artinya adalah “Tidak Kacau” dalam bahasa sangsekreta yang terdiri dari kata A artinya tidak dan GAMA artinya kacau. Ada juga pendapat lain menyebutkan arti dari kata Agama dalam bahasa sangsekerta juga yaitu akar kata “Gam” yang bermakna pergi. Kemudian, ditambah huruf “a” pada awal dan akhir kata “Gam” menjadi “Agama” yang bermakna Jalan. Jalan yang dimaksud pada kata Agama adalah jalan mencapai kebahagiaan

Maka berdasarkan pada beberapa pengertian agama tersebut, maka dapat dijelaskan bahwa Agama secara etimologis adalah jalan yang harus ditempuh manusia untuk mencapai suatu kebahagiaan, agama adalah jalan hidup yang memiliki aturan untuk mengatur kehidupan manusia, serta agama adalah aturan yang ada, tumbuh dan berkembang bersama dengan kehidupan manusia

Pengertian Agama Secara Terminologi

Adapun secara istilah atau terminologi maka pengertian agama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah suatu ajaran atau sistem yang berfungsi mengatur kepercayaan atau pun tata keimanan serta peribadatan atas Tuhan Yang Maha Kuasa. Agama juga diartikan sebagai tata kaidah yang mengatur pergaulan antara manusia dengan lingkungan sekitarnya.

Jika merujuk pada pengertian secara istilah dalam ISLAM maka ulama mengartikan agama sebagai suatu undang-undang dari ilahi yang datangnya dari Allah SWT, berfungsi sebagai pedoman dan petunjuk hidup bukan saja di dunia melainkan juga di akhirat.

Sementara jika kita lebih spesifik meruju pada ISLAM sebagai agama maka artinya adalah agama wahyu yang pokoknya adalah keesaan atau ketauhidan terhadap Allah SWT yang diturunkan melalui Nabi Muhamamd SAW sebagai pedoman hidup yang mencakup keseluruhan aspek-aspek kehidupan manusia di dunia dan di akhirat.

BACA JUGA  Dibawah Ini Adalah Keistimewaan Al Quran, Kecuali?

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian Agama Secara Etimologi Dan Terminologi yang dapat kami sampaikan secara singkat dan dapat disimpulkan bahwa manusia mempunyai alasan kuat untuk memeluk suatu agama. Mengingat peran juga manfaatnya sangat berpengaruh tidak hanya untuk dirinya, tetapi sekitarnya. Semoga bermanfaat!

error: Content is protected !!