Jelaskan Prinsip Kerja VoIP

Jelaskan Prinsip Kerja VoIP

Jelaskan Prinsip Kerja VoIP – Beberapa dari kita mungkin ingin mengetahui apa itu VoIP dan bagaimana prinsip kerja VoIP itu sendiri untuk itu disini kami akan memberikan penjelasan secara singkat dan jelas agar mudah dipahami buat anda yang sedang mencari bahan refrensi atau menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang dibutuhkan

Apa itu VoIP

Saat ini teknologi VoIP sudah biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari melalui berbagai media, misal komputer, tablet, handphone (HP), dan sebagainya. Namun mungkin sebagian pengguna mungkin masih asing dengan istilahnya.

VoIP atau Voice Over Internet Protocol (disebut juga internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi komunikasi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh dengan metode transmisi suara atau audio serta konten lainnya seperti gambar dan video, menggunakan koneksi internet. Data suara atau gambar ini diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.

Prinsip Kerja VoIP

Proses komunikasi dari teknologi VoIP ini bisa dikatakan hampir menyerupai dengan teknologi pada perangkat telepon biasa. Tetapi pada VoIP, transmisi suaranya menggunakan saluran internet, bukan saluran kabel seperti perangkat telepon biasa.

VoIP bekerja dengan mengubah suara analog yang didapatkan dari speaker pada perangkat device Komputer atau handphone menjadi paket data digital, kemudian dari PC diteruskan melalui Hub/ Router/ ADSL Modem dikirimkan melalui jaringan internet dan akan diterima oleh tempat tujuan melalui media yang sama. Atau bisa juga melalui melalui media telepon diteruskan ke phone adapter yang disambungkan ke internet dan bisa diterima oleh telepon tujuan.

Jelaskan Prinsip Kerja VoIP

Untuk Pengiriman sebuah sinyal ke remote destination dapat dilakukan secara digital yaitu sebelum dikirim data yang berupa sinyal analog diubah ke bentuk data digital dengan ADC (Analog to Digital Converter), kemudian ditransmisikan, dan di penerima dipulihkan kembali menjadi data analog dengan DAC (Digital to Analog Converter).

Begitu juga dengan VoIP, digitalisasi voice dalam bentuk packets data, dikirimkan dan di pulihkan kembali dalam bentuk voice di penerima. Format digital lebih mudah dikendaikan ; dalam hal ini dapat dikompresi, dan dapat diubah ke format yang lebih baik.dan data digital lebih tahan terhadap noise daripada analog. Bentuk paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer terhubung dengan internet. Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung ke internet, mempunyai sound card yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon.

Dengan dukungan software khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain. Bentuk hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara, gambar. Penekanan utama dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara. Pada perkembangannya, sistem koneksi VoIP mengalami evolusi.

BACA JUGA  Butuh Informasi Mengenai S2 di Universitas Terbuka? Simak Artikel Berikut!

Bentuk peralatan pun berkembang, tidak hanya berbentuk komputer yang saling berhubungan, tetapi peralatan lain seperti pesawat telepon biasa terhubung dengan jaringan VoIP. Jaringan data digital dengan gateway untuk VoIP memungkinkan berhubungan dengan PABX atau jaringan analog telepon biasa. Komunikasi antara komputer dengan pesawat (extension) di kantor adalah memungkinkan. Bentuk komunikasi bukan Cuma suara saja.

Bisa berbentuk tulisan (chating) atau jika jaringannya cukup besar bisa dipakai untuk Video Conference. Dalam bentuk yang lebih lanjut komunikasi ini lebih dikenal dengan IP Telephony yang merupakan komunikasi bentuk multimedia sebagai kelanjutan bentuk komunkasi suara (VoIP). Keluwesan dari VoIP dalam bentuk jaringan, peralatan dan media komunikasinya membuat VoIP menjadi cepat popular di masyarakat umum.

Akhir Kata

Pada awal munculnya,  VoIP berbentuk jaringan tertutup untuk penggunaan sendiri / intern. Bentuk jaringan VoIP berkembang menjadi lebih kompleks karena VoIP dihubungkan dengan jaringan internet sehingga konektivitasnya menjadi meluas. Pada tingkat yang lebih lanjut adalah penggabungan jaringan telepon konvensional dan VoIP, yang membutuhkan pengetahuan khusus untuk menggunakannya.

Buat Anda yang belum mengerti konsep VoIP yang sebenarnya dan ingin mencoba mempraktikkan penggunaan VoIP ini. Bisa Anda coba menggunakan aplikasi VoIP yang paling sederhana dulu penggunaannya, seperti aplikasi VoIP yang populer seperti Skype atau Ekiga.

error: Content is protected !!