Hosting Wordpress

Kenali Hosting WordPress dan Keunggulannya bagi Para Pengguna

Hosting wordpress mungkin lebih sering dijumpai bagi para pemula yang sedang mengembangkan website. WordPress termasuk CMS atau content management system paling populer di seluruh dunia sehingga kebutuhan akan hosting khusus untuk pemilik blog jelas meningkat cukup signifikan.

Sampai saat ini, Anda mungkin menemukan banyak sekali perusahaan yang menyediakan layanan WordPress hosting di Indonesia. Namun, sebelum melangkah pada pembahasan yang lebih mendalam, alangkah baiknya mengulas sedikit tentang WordPress hosting.

Mengenal Apa Itu WordPress

Secara sederhananya, WordPress merupakan sebuah sistem manajemen konten atau singkat CMS paling banyak digunakan. Ada lebih dari 30% website yang dibuat melalui WordPress dan semakin terus meningkat secara signifikan. WordPress juga sudah menggunakan MySQL dan PHP dan kini telah didukung oleh sebagian besar penyedia layanan hosting web.

Sementara untuk kelebihan dari WordPress ini bisa dilihat dari jenis web yang dibuat. CMS tersebut bisa membuat pengguna membuat situs portal berita, portofolio, dan apapun sesuai kebutuhan. Di sisi lainnya, WordPress juga sudah mempunyai software antarmuka yang cenderung mudah dipahami.

Apabila Anda sudah familiar dengan penggunaan Microsoft Word, maka sudah bisa dipastikan tidak akan mengalami kendala dan kesulitan ketika mengoperasikan WordPress.

Mengenal Kegunaan dari Hosting WordPress pada Situs Web CMS Populer

Pengertian dari hosting ini sebenarnya sangat sederhana sekali. Yang mana merupakan sebuah layanan hosting yang diperuntukkan para pengguna CMS WordPress agar lebih fokus pada konten blog yang yang sedang dikelola.

Jadinya, pengguna tidak perlu disibukkan dengan berbagai macam kendala teknis seperti halnya keamanan, kecepatan loading, maupun resource limit yang terbatas. Pada intinya, jenis hosting web satu ini dirancang untuk menunjang performa blog WordPress agar lebih maksimal.

Sementara itu, hosting WordPress sendiri sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur utama yang dapat Anda rasakan, seperti :

  1. Keamanan dari malware dan virus yang terjamin
  2. Resource limit jauh lebih besar
  3. Free premium theme/plugin menyesuaikan dengan paket yang ditawarkan oleh penyedia
  4. Lebih mudah mengatur dan penginstalan WordPress
  5. Auto Backup saat terjadi kendala
  6. Auto plugin, update engine, dan thema
BACA JUGA  Cara Membuat Rapat di Google Meet dengan Cara Simpel

Di sisi lainnya, kadang penyedia layanan hosting sudah menawarkan beragam fitur tambahan lainnya seperti setting CDN, dan free SSL. Namun yang penting untuk Anda perhatikan adalah resource limit, karena bisa menambah value dari blog yang Anda kelola saat ini.

Inilah Kelebihan dari Hosting WordPress

Seperti yang sudah kami jelaskan di atas, bahwa hosting ini begitu optimal daripada shared hosting pada saat Anda sedang merintis web berbasis WordPress. Tidak berhenti disitu saja, ada sejumlah kelebihan ketika Anda menggunakan layanan WordPress hosting, di antaranya adalah :

1. Kecepatan web

Siapa yang tidak ingin mempunyai website dengan akses tercepat. Salah satu dari faktor terbesar yang dapat mempengaruhi kecepatan web ialah server yang Anda gunakan. Nah, ketika Anda gunakan layanan hosting WordPress, maka waktu loading pada web dijamin lebih cepat sehingga traffic pun semakin meningkat dan ramai pengunjung.

Kecepatan pada WordPress ini bisa saja terjadi disebabkan layanan hosting sudah dioptimasi secara khusus menggunakan Cloud POP dan juga ditambahkan dengan penyimpanan Ultrafast SSD.

2. Keamanan situs web

Sebenarnya tanpa menggunakan layanan hosting, standar keamanan dari WordPress sudah sangat baik. Akan tetapi, tentu saja masih banyak hacker yang menyerang web dengan basis CMS tersebut.

Sebab, masih banyak dari para pengguna yang belum mampu meningkatkan sistem keamanan pada websitenya. Ketika Anda sudah menggunakan layanan hosting WordPress, maka bisa dapatkan keamanan tinggi dari kejahatan cyber.

Ditambah pula keamanan yang ada pada WordPress hosting pun sudah sangat baik dengan adanya Total Security Protection. Yang mana mampu memberikan perlindungan dari berbagai macam serangan cyber yang merugikan pengguna.

3. Pembaharuan versi WordPress secara otomatis

Ketika Anda sedang gunakan layanan cloud hosting, fitur pembaruan yang tersedia pun hanya bisa dilakukan secara manual. Berbeda halnya bila memilih hosting ini, maka tersedia pembaruan secara otomatis, seperti plugin, PHP maupun versi dari WordPress itu sendiri.

Selain itu, Tak hanya pembaruan saja tetapi bisa juga melakukan backup otomatis. Tergantung dari paket hosting yang anda beli, ada yang menawarkan harian, mingguan atau bulanan untuk layanan backup ini. Tentu saja ini sangat memudahkan penggunanya.

4. Bebas Downtime

Website yang down memang menjadi masalah buat beberapa pemilik website. Tapi kalo down terus menerus, Anda bisa kehilangan pengunjung dan mereka pun enggan buat datang lagi karena sudah dianggap buruk. Dengan hosting wordpress, masalah ini dapat teratasi walaupun traffic sedang ramai.

BACA JUGA  Aplikasi Belajar Bahasa Inggris dengan Native Speaker Android

5. Dukungan Tim Ahli

Ini yang menjadi keunggulan utama hosting WordPress, Anda tinggal memasukan user dan password domain, kemudian WordPress bisa dipasang secara langsung tanpsa harus login ke cPanel kemudian menambahkan domain baru kemudian melakukan proses pemasangan WordPress melalui Softaculous.

6. Resource Besar

Setiap website memiliki kebutuhan tersendiri mengenai resource dan memory yang diperlukan. Resource ini digunakan untuk menyimpan data-data yang diperlukan di website. Untuk itu, agar website Anda bisa bekerja secara optimal maka perlu sekali menggunakan hosting wordpress dari sekarang

7. Hemat Biaya

Harga untuk Hosting WordPress memang lebih mahal dibandingkan shared hosting tetapi dengan banyak kelebihan yang disediakan, tentu saja ini akan membuatmu menghemat biaya. Ini bisa menjadi win-win solution karena website kamu bisa bebas downtime, lebih aman dan lebih cepat dari pada menggunakan hosting biasa.

Kekurangan Hosting WordPress

Tentu saja dalam setiap produk atau layanan akan ada kekurangannya juga, termasuk dalam layanan hosting wordpress ini. Ada beberapa kekurangan yang akan kami informasikan berikut ini

1. Harga Sedikit Lebih Mahal

Dibandingkan dengan shared hosting dan cloud hosting memang Hosting wordpress ini sedikit lebih mahal namun dengan beberapa kelebihan dari segi fitur dan layanan yang dimilikinya, bisa menjadi pertimbangan anda yang tidak mau repot dalam membangun sebuah website

2. Terbatas Hanya CMS WordPress

Sesuai namanya, hosting jenis ini memang hanya dapat menggunakan CMS WordPress saja. Jadi segala fitur yang ingin anda sematkan dalam membangun sebuah website akan bergantung pada plugin yang tersedia di wordpress saja.

3. Tidak dapat Kontrol Penuh

Karena hosting WordPress ini semuanya full manage dari penyedia layanan hosting, maka Anda tidak bisa memiliki kontrol penuh terhadap hosting yang dimiliki dari segala aspek teknis maupun nonteknis.

Berbeda dengan hosting pada umumnya, di mana Anda bisa dengan bebas untuk menambahkan domain, subdomain dan fitur lainnya

Akhir Kata

Hosting WordPress memang kini sedang populer di seluruh belahan dunia dikarenakan pengguna dari CMS satu inipun terbesar dan lebih banyak menggunakan WordPress yang dinilai sangat sederhana.

Demikianlah beberapa ulasan kelebihan dan kekurangan WordPress hosting dalam memenuhi kebutuhan website Anda. Semoga artikel ini bisa membantu anda yang sedang membangun sebuah website dalam memilih hosting yang akan digunakan.

error: Content is protected !!