Pentingnya Punya Asuransi Mobil

Pentingnya Punya Asuransi Mobil, Karena Sangat Menguntungkan

Sebagian masyarakat Indonesia belum tentu memiliki asuransi mobil. Terlepas dari segala kemampuan dan pengalaman setiap pengemudi, tentunya tidak dapat selalu menghindari sebuah kecelakaan di jalan.

Kecelakaan di jalanan sendiri terkadang dapat terjadi karena kelalaian diri sendiri dan juga orang lain. Untuk mengurangi risiko terjadinya sebuah musibah, kembali pada introspeksi masing-masing.

Ketika terjadi sebuah musibah di jalan raya, banyak hal yang perlu diurus seperti kerusakan kendaraan, kesehatan pengendara, ataupun kerusakan properti kota. Akan sangat merepotkan bukan jika pengendara tersebut tidak punya jaminan apapun?

Beberapa Manfaat Mempunyai Asuransi Mobil

Nyatanya, berbagai kalangan masyarakat seperti warga Indonesia mempunyai sikap disiplin yang minim. Kurangnya disiplin dan toleransi terhadap orang lain seringkali menjadi penyebab terjadinya kecelakaan.

Terjadinya musibah pada jalan raya seringkali berpengaruh pada kondisi kesehatan seseorang atau korban itu sendiri. Walaupun kesehatan selalu menjadi prioritas, kerusakan pada kendaraan roda empat juga perlu diperhitungkan.

Sebuah hal yang wajar jika seseorang memiliki asuransi sebagai jaminan ketika berkendara. Anda sendiri tentunya akan lebih merasa aman jika memiliki sebuah asuransi ketika bepergian.

Bagi Anda yang belum mempertimbangkan dan juga memiliki sebuah jaminan, berikut kami sediakan berbagai manfaat jika memiliki asuransi mobil.

1. Bebas biaya kerusakan

Musibah dapat berupa kecelakaan lalu lintas ataupun musibah alami seperti longsor, banjir, dan lainnya. Di mana peristiwa tersebut akan berujung pada kerusakan mobil anda, dan pada saat itu asuransi mengambil peran.

Tidak hanya itu, asuransi mobil juga dapat membantu ketika situasi vandalisme atau pencurian mobil. Dunia akan terasa menyusahkan ketika Anda tidak memiliki sebuah jaminan.

Dengan memiliki jaminan di kendaraan pribadi, Anda tidak perlu mengganti onderdil yang mengalami kerusakan. Di mana semua macam kerusakan akan ditanggung oleh perusahaan asuransinya.

Musibah tidak selalu mengacu pada ketidaknyamanan, namun juga berpengaruh pada masalah materi. Memiliki sebuah jaminan akan melindungi uang pribadi, dan juga dana darurat Anda umumnya.

2. Efisiensi waktu dan administrasi

Setiap orang mempunyai jadwal dan kesibukannya masing-masing. Jadwal tiap orang akan terganggu ketika mengalami sebuah kecelakaan dan harus mengurusi pasca kejadiannya.

BACA JUGA  Ingin Buat Coin Crypto Sendiri? Ini Caranya!

Pasca kejadian yang dimaksud adalah seperti berkomunikasi dengan pengemudi lain, proses klaim, dan juga memperbaiki kendaraan tersebut. Tentunya jika Anda merupakan orang sibuk akan kewalahan mengurusi semua hal tersebut.

Dengan mempunyai asuransi mobil, Anda dapat menghemat waktu dan membiarkannya terurus oleh perusahaan jaminan yang Anda miliki. Tentunya perusahaan tersebut akan bersikap adil terhadap segala pihak terkait.

3. Rasa aman

Setiap hari tentunya ada risiko terjadinya sebuah peristiwa yang tidak diinginkan di jalan raya. Di mana setiap peristiwa tersebut dapat terjadi di manapun dan kapanpun.

Jika Anda merupakan warga negara taat lalu lintas, akan membantu mengurangi risiko terjadinya sebuah musibah. Namun bukan berarti orang lain dapat bersikap seperti Anda.

Seringkali orang-orang bersikap egois ketika sedang berkendara. Hal-hal seperti mengantuk, menerobos lalu lintas karena kosong, dan lainnya seringkali menjadi penyebab terjadi musibah di jalan raya.

Perasaan selalu waspada terhadap kendaraan lain tentunya akan membuat Anda merasa tidak nyaman ketika bepergian. Adanya jaminan kendaraan akan membantu menenangkan Anda saat berkendara.

Penting bagi Anda untuk memiliki sebuah jaminan agar terlepas menjadi seorang yang paranoid di jalan raya.

4. Berguna bagi orang lain

Informasi lainnya yang perlu disorot adalah asuransi mobil dapat digunakan oleh orang lain. Sebagai contoh, jaminan kendaraan Anda digunakan kepada pengendara lain yang merupakan korban dari kesalahan Anda.

Musibah dengan adanya pihak lain tentunya akan menjadikannya lebih rumit dibandingkan dengan kecelakaan tunggal. Walaupun berurusan dengan pengendara lain, semua biaya ganti rugi dapat ditanggung oleh perusahaan jaminan tersebut.

Biaya seperti perbaikan kendaraan, dan perawatan kesehatan Anda serta pihak lain dapat ditanggung. Anda tidak perlu khawatir untuk mengganti kerusakan kendaraan atau biaya medis orang lain dengan memiliki asuransi.

5. Sarana investasi

Ternyata asuransi juga dapat digunakan sebagai salah satu sarana investasi Anda. Dengan memilikinya, tentunya pemeliharaan mobil Anda akan lebih terjamin.

Seiring berjalannya waktu, harga kendaraan roda empat tersebut akan lebih stabil serta terjaga. Kata lainnya sebagai salah satu cara untuk melindungi aset, yaitu kendaraan pribadi.

Jenis Asuransi mobil

Setelah mengetahui manfaat dari asuransi mobil, ada baiknya kita juga kenali dulu jenis-jenis asuransi mobil yang ada yaitu asuransi mobil All Risk dan asuransi mobil TLO atau Total Loss Only. Pastinya bukan hanya namanya yang berbeda, namun layanan yang ditawarkan keduanya pun juga berbeda. Mari simak penjelasan mengenai 2 jenis asuransi mobil tersebut berikut ini:

BACA JUGA  Trading Forex Gratis, Bisa Untung Tanpa Modal

1. Asuransi All Risk

Asuransi all risk dikenal juga dengan istilah comprehensive adalah manfaat asuransi kendaraan bermotor dan mobil yang menanggung kerugian lengkap, baik kerusakan ringan maupun parah.

Asuransi ini dipilih biasanya untuk pembeli mobil baru. asuransi mobil All Risk melayani proteksi mobil secara menyeluruh, sehingga cacat minor pada mobil bisa ditanggung.

2. Asuransi Total Loss Only (TLO)

Arti asuransi TLO adalah memberikan manfaat kendaraan bermotor maupun mobil berupa ganti rugi jika mengalami kerusakan total. Nah, yang dimaksud kerusakan total dalam jenis asuransi TLO adalah nilai kerugiannya mencapai lebih dari 75 persen dari harga kendaraan saat itu.

Adapun pertanggungan yang diberikan oleh pihak asuransi yaitu ganti rugi hingga penggantian mobil baru. Tergantung pada polis yang dipilih.

Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Sebelum mulai mencari penyedia asuransi, ada beberapa indikator yang mesti anda perhatikan dalam memilih penyedia asuransi agar mendapatkan manfaat asuransi kendaraan dan mobil secara maksimal

  • Pastikan Lembaga/institusi pemberi asuransi adalah lembaga yang legal dan memiliki dasar hukum yang sesuai.
  • Kredibilitas dan portofolio dari penyedia asuransi tersebut bisa Kamu lihat terlebih dahulu melalui testimoni yang merupakan bentuk kepuasan pelanggan.
  • Anda perlu mengetahui apa kebutuhan Kamu secara rinci program dan cara pengajuan klaim seperti apa yang disediakan oleh penyedia asuransi tersebut.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Asuransi ini tidak menjamin kerugian atau kerusakan kendaraan bermotor sebagai akibat antara lain:

  • Tindakan sengaja dari tertanggung.
  • Melanggar rambu-rambu lalu-lintas.
  • Melakukan balapan, karnaval, kampanye dan tindakan kejahatan.
  • Menarik kendaraan lain.
  • Dikemudikan oleh seseorang yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).
  • Dikemudikan oleh seorang yang berada di bawah pengaruh minuman keras atau obat terlarang.
  • Dikemudikan secara paksa walaupun kendaraan dalam keadaan rusak atau tidak layak jalan.
  • Asuransi ini juga tidak menjamin kerugian dan kerusakan atas perlengkapan tambahan yang tidak disebutkan dalam polis seperti kunci, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)

Akhir Kata

Terjadi atau tidaknya sebuah kecelakaan pada jalan raya bergantung pada tiap keputusan pengendara sekitar. Ketidakpastian tersebut menjadikan mempunyai asuransi mobil saat ini penting bagi semua kalangan masyarakat.

Semoga infomasi mengenai Asuransi mobil ini dapat bermanfaat buat anda yang sedang mencari asuransi mobil terbaik untuk mobil kesayangan.

error: Content is protected !!