Hitungan Gerakan Tari Dapat Disesuaikan Dengan

Hitungan Gerakan Tari Dapat Disesuaikan Dengan – Seni tari adalah salah satu cabang seni audiovisual yang menggunakan gerak tari sebagai unsur utamanya. Gerak tari sendiri adalah rangkaian gerak indah yang dihasilkan oleh tubuh penari.

Maka dari itu, gerak tari sendiri juga merupakan media yang digunakan dalam seni tari oleh para penari sebagai sarana untuk menyampaikan pesan, ide, dan gagasan yang ada di dalam karya tarinya kepada para penonton karya tari.

Hitungan Gerakan Tari Dapat Disesuaikan Dengan

Salah satu unsur pendukung yang ada di dalam karya tari adalah iringan tari. Maka dalam hitungan Gerakan Tari Dapat Disesuaikan Dengan irama dari lagu iringan.

Iringan tari adalah unsur pendukung dalam karya tari yang berupa lagu iringan yang digunakan untuk mengiringi karya tari. Selain untuk menciptakan suasana yang sesuai dengan tema tari, iringan tari ini juga akan menciptakan irama dan hitungan yang kemudian akan digunakan oleh para penari sebagai pedoman dalam melakukan gerak tarinya.

Gerak tari yang dilakukan sesuai dengan irama dari iringan tari akan meningkatkan nilai keindahan dari gerak tari tersebut dan juga membuat pesan yang ada di dalam gerak tari bisa menjadi lebih tersampaikan kepada para penonton. Maka dari itu, kecepatan dari irama ini juga akan mempengaruhi kecepatan dari gerak tari. Ketika lagu iringan memiliki tempo yang cepat, maka gerak tari yang dihasilkan oleh para penari juga akan menjadi cepat dan begitu juga sebaliknya.

Unsur – Unsur Tari

a. Wiraga

Unsur pertama yang  harus ada dalam sebuah tarian tentunya adalah willaga atau raga. Tari harus mampu menampilkan gerakan tubuh dalam posisi apapun.

b. Wirama

Faktor penting berikutnya adalah ritme. Pasalnya, setiap tarian membutuhkan ritme yang dapat memadukan musik pengiring dengan gerakan tubuh yang dilakukan  penari. Ritme ini juga harus memiliki tempo yang tepat.

c. Wirasa

Selain tubuh dan ritme, tari juga harus memasukkan unsur rasa. Tari harus mampu menyampaikan emosi dalam jiwa. Sensasi ini disampaikan melalui gerakan dan tarian serta ekspresinya.

Demikianlah jawaban dan penjelasan mengenai Hitungan Gerakan Tari Dapat Disesuaikan Dengan, Semoga bisa bermanfaat sebagai refrensi pengetahuan anda serta bahan untuk menjawanb soal-soal sekolah

BACA JUGA  Tema apa yang menonjol dalam novel ronggeng dukuh paruk
error: Content is protected !!