Teknologi Perkembangbiakan Yang Dapat Dilakukan Pada Hewan Yaitu

Teknologi Perkembangbiakan Yang Dapat Dilakukan Pada Hewan Yaitu

Teknologi perkembangbiakan yang dapat dilakukan pada hewan yaitu …

A. Kultur jaringan

B. Inseminasi buatan

C. Vertikultur

D. Hidroponik

Jawaban

Teknologi rerproduksi atau perkembangbiakan yang telah dikembangkan oleh para ilmuan pada hewan adalah insemasi buatan yaitu merupakan teknik reproduksi dengan cara meletakkan sperma langsung ke dalam rahim sehingga terjadi suatu kehamilan. Jadi jwaban yang benar adalah B. Inseminasi buatan

Penjelasan

Inseminasi buatan atau kawin suntik dapat diterapkan salah satunya pada hewan ternak, misalnya yaitu sapi. Inseminasi buatan ini dilakukan dengan cara memasukkan cairan sperma (semen) dari sapi jantan yang unggul ke dalam saluran reproduksi sapi betina dengan bantuan manusia.

Inseminasi buatan memiliki beberapa manfaat, antara lain efisiensi waktu, efisiensi biaya, dan juga memperbaiki kualitas anakan sapi misalnya sebagai penghasil daging yang berkualitas (sapi potong).

Selain itu teknologi perkembangbiakan pada hewan lainnya bisa dilakukan dengan cara antara lain:

Bayi Tabung

Fertilisasi in vitro ini adalah proses mempertemukan sperma dengan sel telur diluar tubuh induk nya, hal ini dilakukan karena untuk mengatasi masalah sperma yang tidak dapat bertemu dengan sel telur. Setelah terjadinya pembuahan, maka embrio dimasukan ke dalam rahim hewan betina.

Kloning

Kloning adalah proses untuk mengganti sel telur dengan sel somatis, dan diberi kejutan listrik hingga sel tersebut berkembang biak. Kemudian setelah berhasil berubah menjadi embrio, maka embrio tersebut ditanamkan pada rahim hewan betina. Dan anak yang dihasilkan tersebut akan sangat mirip dengan induk yang diambil inti somatisnya.

Hibridisasi

Untuk mendapatkan individu baru yang mempunyai sifat berbeda dengan induknya, maka anda bisa menggunakan metode ini untuk mengawinkan dua individu yang berbeda sifatnya, sehingga diharapkan anaknya akan memiliki sifat yang berbeda.

BACA JUGA  Hitungan Gerakan Tari Dapat Disesuaikan Dengan
error: Content is protected !!