Sebutkan dan jelaskan struktur teks pidato!

Sebutkan dan jelaskan struktur teks pidato!

Teks pidato adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan dalam satu arah. Pidato biasanya digunakan untuk menyampaikan sebuah pikiran atau gagasan tentang suatu hal ke banyak orang.  Untuk dapat melakukan pidato dengan baik, orator atau orang yang melakukan pidato harus pandai menguasai panggung. Dalam penyampaiannya, pidato memiliki beberapa metode, yakni.

  1. Impromptu. Metode impromptu adalah pidato yang dilakukan secara spontanitas tanpa mengingat atau membut teks terlebih dahulu.
  2. Memoriter. Metode memoriter adalah pidato yang dilakukan dengan mengingat atau menghafal kalimat yang akan disampiakan dalam pidato. Proses menghafal atau mengingat tersebut dilakukan sebelum berpidato.
  3. Naskah. Metode naskan adalah metode pidato yang dilakukan dengan membaca sebuah naskah yang dipersiapkan sebelumnya.
  4. Ekstemporan. Metode ekstemporan adalah pidato yang dilakukan dengan hanya mengingat poin-poin yang akan dipidatokan, kemudian dikembangkan sendiri ketika sedang berpidato.

Pertanyaan Sebutkan dan jelaskan struktur teks pidato?

Sebelum melakukan pidato, biasanya orang akan membuat teks pidatonya terlebih dahulu. Untuk membuat teks pidato, kamu perlu mengetahui struktur dari teks pidato.

Struktur atau patokan sangat diperlukan dalam membuat teks pidato bertujuan agar teks pidato memiliki susunan yang jelas dan pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan baik. Selain itu, struktur teks pidato juga memudahkan para pendengar untuk dapat memahami tujuan dari pidato yang disampaikan.

Berikut ini adalah struktur teks pidato dan penjelasannya:

1. Pembukaan Pidato

Struktur utama dari sebuah teks pidato adalah pembuka yang terdiri atas empat bagian, yakni (1) Salam pembuka, (2) Ucapan penghormatan, biasanya menyebutkan orang-orang dimulai dari yang memiliki jabatan tertinggi dalam forum tersebut. (3) Ucapan syukur, biasanya berisi ucapan rasa syukur orator (orang yang berpidato) karena diberikan kesempatan dapat menyampaikan pidato dan berkumpul dengan para tamu, (4) Pengantar ke topik utama.

2. Isi Pidato

Bagian selanjutnya setelah pembuka adalah bagian isi. Isi dari pidato yang akan disampaikan harus berisi mengenai informasi yang penting. Isi pidato tersebut sebaiknya juga disertai dengan alasan yang meyakinkan.

Hal itu akan membuat pembicaraan kamu terdukung dan menjadi sesuatu yang terpercaya. Susunlah dengan baik dan logis isi dari pidato yang akan dijelaskan. Sebaiknya juga gunakan sumber yang terpercaya dan dapat diketahui validasinya.

BACA JUGA  Cara Cepat Untuk Memulai dan Belajar Gitar Elektrik

3. Penutup Pidato

Bagian terakhir dari struktur teks pidato adalah penutup. Pada bagian ini berisi kesimpulan dari hal yang disampaikan, permintaan maaf jika terjadi kesalahaan saat menyampaikan suatu hal, dan salam penutup.

Demikianlah jawaban atas pertanyaan Sebutkan dan jelaskan struktur teks pidato yang dapat dijadikan panduan untuk kamu sebelum melakukan pidato.

error: Content is protected !!